Menemukan kekurangan diri sendiri akan lebih mudah kamu temui dibandingkan dengan mengetahui apa yang menjadi kelebihanmu. Itu wajar terjadi karena kamu belum sepenuhnya mengenal dan menerima dirimu sendiri. Sering membandingkan atau dibandingkan, iri hati, hingga rendah diri seringkali kamu rasakan. Buanglah itu semua, dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk merubah dirimu ke arah yang lebih positif. Yuk, mulai dengan 5 langkah di bawah ini.

5 Tips Ini Ajari Kamu untuk Lebih Cintai Diri Sendiri dan Jadi Pribadi Lebih Baik

Siapa yang nggak suka menerima pujian atas keberhasilan kerja atau sekedar penampilan yang selalu fresh? Pasti semua, kan. Tapi sebaliknya, kamu akan menyalahkan beberapa orang  atau diri sendiri ketika menerima sebuah kritikan. Bahkan rela untuk berdebat saat merasa benar. Cukup ambil positifnya dan menyaring bahwa mereka ingin kamu maju.

5 Tips Ini Ajari Kamu untuk Lebih Cintai Diri Sendiri dan Jadi Pribadi Lebih Baik

Kata tolong, maaf, dan terima kasih seolah menjadi kata yang paling jarang diucap karena gengsi, dianggap lemah, hingga hanya sekedar formalitas. Sebenarnya dibalik kata-kata tersebut bisa menggambarkan karaktermu yang menyenangkan dan nggak terlihat angkuh. Begitu juga dengan membantu teman kerja atau bahkan orang lain. Nggak perlu menceritakan secara berlebihan kalau nggak mau dicap pamer.

5 Tips Ini Ajari Kamu untuk Lebih Cintai Diri Sendiri dan Jadi Pribadi Lebih Baik

Terlalu banyak barang dalam satu ruangan bisa membuatmu kurang berpikir jernih. Nggak ada salahnya untuk menyeleksi kembali mana barang yang benar-benar dibutuhkan. Memang melepaskan barang yang ada kenangannya nggak mudah, kamu bisa memberikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Setelah melakukannya pikiranmu akan terasa lebih lapang. Begitu juga dengan perkataan yang menurutmu nggak sesuai dengan fakta. Menerimanya akan membuatmu merasa kurang dan nggak bisa menerima kelebihanmu.

5 Tips Ini Ajari Kamu untuk Lebih Cintai Diri Sendiri dan Jadi Pribadi Lebih Baik

Yang dimaksud dalam poin ini adalah bukan target harian yang kamu capai. Melainkan kemudahan apa dan siapa saja yang bersedia membantumu, sehingga pekerjaanmu terselesaikan dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan hal ringan yang bisa membuat kamu senang. Melakukan poin ini bukan tanpa tujuan, kamu bisa lebih bersyukur dan optimis di tengah kesibukan yang seringkali menguras emosi. Kegiatan ini bisa dijadikan koreksi diri untuk lebih baik lagi. Nggak perlu banyak mungkin sekitar 5 hingga 7 poin positif setiap hari.

5 Tips Ini Ajari Kamu untuk Lebih Cintai Diri Sendiri dan Jadi Pribadi Lebih Baik

Nggak ada salahnya juga untuk mengapresiasi orang lain dan dirimu sendiri dengan cara yang pas dan menyenangkan. Walaupun kadang kamu mengapresiasi diri sendiri untuk melarikan diri sebentar dari masalah dan meyakinkan dirimu baik-baik saja. Merayakan kerja keras dan beberapa pencapaian yang telah kamu capai ternyata penting. Tujuannya agar kamu merasa senang melakukan pekerjaanmu di kantor. Nggak perlu secara besar-besaran, cukup dengan mengajak makan siang atau malam dengan sahabat atau orang terdekat.

Menerima, menghargai, dan memperbaiki diri juga perlu kamu lakukan agar berkembang dengan baik.

BACA JUGA : Orang Sukses Fokus pada Manajemen Energi, Bukan Manajemen Waktu