Mandiri secara keuangan, punya pekerjaan, dan tempat tinggal tetap adalah impian seluruh generasi muda zaman sekarang. Ingin bebas dan mandiri tanpa bayang-bayang orang tua adalah hal yang ingin kamu lakukan ketika mendapatkan pekerjaan. Tapi, ketika itu semua menjadi kenyataan kamu akan terkejut. Hidup mandiri nggak seindah yang kamu ekspektasikan. Simak 3 faktanya di bawah ini.

3 Hal yang Bakal Kamu Rasakan Saat Memutuskan Tinggal Sendiri

Sebelumnya kamu nggak terlalu peduli dengan apa saja yang kamu gunakan. Menyalakan lampu dan AC sepanjang hari, berlama-lama di kamar mandi, membeli barang secara impulsif, makan di tempat makan yang kamu inginkan. Semua terasa mudah dan menyenangkan ketika kamu masih mendapatkan bantuan keuangan atau tinggal bersama orang tua. Setelah kamu mendapatkan pekerjaan pertama, segala fasilitas keuangan perlahan ditarik. Dan disitulah kamu merasa semua tagihan bulanan, kebutuhan bulanan hingga harian terasa sangat mahal. Kalau temanmu sedang berkunjung kamu kurang suka kalau ia memakai barang elektronik dan air secara berlebihan. Tagihan bulan depan bisa mahal.

3 Hal yang Bakal Kamu Rasakan Saat Memutuskan Tinggal Sendiri

Setelah poin pertama kamu rasakan, hal selanjutnya yang ada dipikiranmu adalah ingin mengatur keuangan. Berbagai macam cara hingga mengunduh aplikasi keuangan kamu lakukan. Secara nggak langsung kamu mulai belajar menghemat dan menyeleksi beberapa pengeluaran yang kurang perlu. Walaupun menabung masih hal yang mustahil untuk dilakukan, kamu akan mencoba menyisihkan beberapa. Akhir bulan dan awal bulan bisa menjadi waktu yang nggak terduga dalam mengeluarkan pengeluaran. Untuk itu, nggak ada salahnya secermat mungkin mengelola pemasukan yang kamu dapatkan.

3 Hal yang Bakal Kamu Rasakan Saat Memutuskan Tinggal Sendiri

Menghabiskan waktu luang dan akhir pekan sendirian mulai kamu rasakan. Ketika pulang kerja pun nggak ada orang yang selalu siap mendengarkan apa yang terjadi dengan dirimu seharian penuh. Perjuangan untuk beradaptasi dan bertahan setiap hari kamu lakukan. Bukan hanya rasa sepi saja, rasa takut terhadap sesuatu yang jahat pun kadang menghampiri secara berlebihan. Dampaknya kamu lebih teliti dan berhati-hati saat meninggalkan tempat. Disisi lain, berada di tempat umum sendirian akan terbiasa. Keinginan untuk kembali ke zona nyaman pun seringkali terbesit. Tapi, kamu memilih untuk menjalani tantangan yang ada di depan mata.

BACA JUGA : Hidup di Luar Negeri tapi Belum Menguasai Bahasanya? Inilah yang Bisa Kamu Lakukan