Kamu pasti setuju kalau cuaca beberapa tahun terakhir ini kurang bersahabat. Udara semakin panas, curah hujan yang tidak menentu, dalam satu hari cuaca berubah signifikan, dan lain sebagainya. Tidak hanya kamu saja yang merasakan dampak perubahan cuaca. Beberapa hal mengenai liburanmu bisa terganggu karena perubahan suhu, cuaca, dan iklim. Simak apa saja dampaknya, yuk.

1. Penerbangan tertunda

Liburanmu Bisa Terganggu Gara-Gara Perubahan Cuaca Lho
 
Kalau kamu sering membaca berita bahwa musim salju memberikan banyak penerbangan yang tertunda, begitu juga dengan musim panas. Cuaca cerah dan terlihat bersahabat di bawah pun bukan menjadi jaminan kenyamanan terbang. Dilansir Washington Post, sebanyak 57 penerbangan yang terpaksa dibatalkan dalam waktu tiga hari saja, dikarenakan cuaca yang mencapai 48 derajat celcius. Seorang ahli iklim, Radley Horton memaparkan kalau ketinggian dan suhu yang tinggi dapat mempengaruhi molekul udara yang dapat mendorong hingga menyeimbangkan pesawat terbang.

2. Memengaruhi Itinerary

 
Kalau penerbangan saat suhu yang tinggi harus mengurangi bahan bakar, kargo, hingga jumlah penumpang. Adanya perubahan cuaca yang tidak menentu bisa menghambat aktivitas. Saat ini, tentu saja tidak mudah untuk percaya waktu perubahan iklim. Misalnya, saat musim panas, tentu saja kamu mempersiapkan beberapa baju nyaman yang menyerap keringat. Sampai tempat tujuan, ternyata sedang dingin, hujan, dan sinar matahari pun jarang. Tentu saja akan menghambat waktu jalan-jalan dan punya pengaruh terhadap barang bawaan kamu.

3. Mengganggu kesehatan

 
Perbedaan suhu dan perubahan cuaca memang bisa membuat stres dan kondisi badan menurun. Memang pada awalnya adalah proses penyesuaian diri terhadap lingkungan yang berbeda. Akan tetapi, ini bisa memengaruhi aktivitas. Untuk itu, jangan ragu untuk banyak mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Memang tidak bisa mengatur kehendak alam. Tapi, kamu bisa membantu menyeimbangkan dengan menjaga lingkungan dan pola hidup yang sehat.

Memilih waktu terbang saat musim panas, ada baiknya untuk memilih penerbangan di malam hari karena cuaca lebih dingin. Selamat berlibur musim panas.

BACA JUGA : Liburan Musim Panas Telah Tiba, Kunjungi Saja 5 Negara Ini