Bicara soal film anime, negara Jepang memang juaranya. Tentu kamu tahu kan apa itu film anime? Ya tentu berbeda dengan film kartun, kata anime sendiri artinya animasi. Jadi anime adalah film animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Ada ratusan judul film animasi yang telah dirilis, baik itu adaptasi dari permainan, komik, maupun bukan. Para penggemar film animasi Jepang pun hingga mancanegara, nggak sedikit dari mereka rela untuk membeli souvenir resminya. Genrenya pun beragam, mulai dari petualangan hingga romansa. Bahkan orang dewasa banyak juga lho yang menyukai film anime, termasuk kamu kan?

Kalau kamu penggemar film jenis ini tentu punya tokoh favorit. Biasanya akan terkesan kalau visualnya menarik dan karakternya manis. Ditambah lagi dengan jalan cerita yang menarik dengan akhir bahagia atau pun sebaliknya. Dari banyaknya tokoh film kartun Jepang, ada beberapa yang menjadi favorit sepanjang masa. Penasaran? Cek di bawah ini.

Takaki Toono-5 Centimeters Per Second

10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masafanpop.com

Ia diceritakan punya sahabat perempuan sejak kecil, Shinohara Akari. Namun harus berpisah, karena orangtua Akari harus pindah kerja. Mereka berdua mencoba untuk tetap saling berkomunikasi dan menyempatkan waktu untuk bertemu saat musim dingin. Kalau kamu lihat, karakter Takaki adalah laki-laki yang berusaha untuk memenuhi janjinya. Dan kecewa saat gagal menepati janji. Seiring berjalannya waktu, mereka tenggelam dengan kesibukan masing-masing. Walaupun menyimpan perasaan yang campur aduk, Takaki bisa menjadi orang yang sukses, bersikap baik, walaupun agak pendiam.

Taki Tachibana-Kimi No Na Wa

10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masawall.alphacoders.com

Film animasi yang paling sering dibicarakan tahun 2016. Alur yang maju mundur mengharuskan penonton untuk fokus dengan jalan ceritanya. Tokoh utama laki-laki bernama Taki Tachibana. Seorang pemuda SMA yang punya ketertarikan dengan seni dan arsitektur. Sifatnya agak impulsif dan sedikit terbawa emosi. Pertukaran jiwa dan mengalami petualangan beda waktu dengan Mitsuha, membuat hidupnya lebih berwarna. Apalagi ketika ia harus menyelamatkan desa Mitsuha dari hantaman komet. Dari film ini kamu akan tahu Taki Tachibana bukan laki-laki yang mudah menyerah.

Takeo Gouda-My Love Story!!

10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masapinterest.com//Baka Buzz

Jika karakter tokoh utama dengan visual yang memesona, di serial kali ini berbeda. Takeo digambarkan sebagai laki-laki, tinggi, dan besar. Munculnya tokoh ini seakan melawan stigma kalau orang yang seperti ini suka bullying dan arogan. Namun, Goda menampilkan sisi sebaliknya, ia berhati lembut, berkelakuan baik, dan nggak suka membuat orang lain merasa terancam dengan kehadirannya. Ia juga melakukan hal-hal yang menyenangkan agar orang yang disayanginya bahagia.

Tomoya Okazaki-Clannad

10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masazerochan.net

Rilis pada tahun 2007. Serial ini menceritakan tentang pemberontakan masa muda saat sekolah. Tomoya seorang laki-laki yang suka membolos, berandalan, dan mengganggap bahwa aktivitasnya membosankan. Sebelum ia jadi pemberontak karena permasalahan keluarga, dahulunya Tomoya seorang pemain basket. Namun, hidupnya berubah ketika ia bertemu dengan seorang gadis yang pendiam dan kurang percaya diri. Dari sini bisa dipetik kalau, setiap orang butuh dukungan. Walaupun sama-sama punya kekurangan.

Yamato Kurosawa-Say "I Love You"

10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masagenevieveannie.blogspot.com

Adalah laki-laki populer dan suka ganti pacar. Kebiasaannya berubah ketika Yamato bertemu dengan Mei. Seorang gadis yang sering diintimidasi dan dituduh menyebabkan kecelakaan yang nggak pernah ia perbuat. Kalau kamu sudah nonton, akan terasa sekali kalau Mei berjuang untuk dirinya sendiri. Berkat suatu kejadian, keduanya menjadi lebih dekat. Mengenal Mei, membuat Yamato lebih memperlakukan perempuan dengan baik.

Domyouji Tsukasa-Boys Over Flower

10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masamydramalist.com

Dari judulnya saja kamu sudah bisa menebak kalau komik ini banyak diadaptasi menjadi film hinggal serial. Meteor Garden dan Boys Over Flowers pasti sudah pernah kamu tonton. Memang nama tokoh diubah, namun jalan ceritanya mirip. Karakter Tsukasa menjadi favorit karena sikapnya yang dingin, berandalan, dan tidak peduli dengan sekitar. Pertemuannya dengan Tsukushi dipenuhi dengan pertengkaran. Beberapa waktu kemudian, Tsukasa dapat menunjukkan perasaannya kepada Tsukushi. Walaupun menurut Tsukushi, sikap Tsukasa sangat protektif.

Takao Akizuki-The Garden of Words

10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masaco.pinterest.com/Madallena

Pelajar SMA yang punya impian untuk menjadi perancang sepatu. Bukan hanya sekedar keinginan, dalam film ini kamu akan ditunjukkan bagaimana Takao punya minat yang besar terhadap sepatu. Filmnya pun mendukung dengan mengambil banyak gambar tentang kaki dan sepatu. Bertemu dengan perempuan Yukikari Yukino di sebuah taman saat hujan, ketika Takao membolos untuk menggambar sepatu menjadi awal cerita. Singkatnya, Takao ingin membuatkan sepatu untuk perempuan itu, dan menyelesaikannya saat mereka tidak lagi bertemu.

Ishida Shouya-A Silent Voice

10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masawall.alphacoders.com

Film ini menceritakan seorang anak perempuan, Shuoku Nishimiya, yang terus menerus mendapatkan ejekan dan perlakuan yang mengintimindasi pada masa sekolah dasar. Salah satu yang ikut adalah Ishida Shouya. Mereka kembali bertemu ketika masuk SMA. Pada suatu ketika, laki-laki ini ingin menebus kesalahannya di masa lalu itu. Ishida pun melakukannya dengan totalitas. Yang bisa dipetik adalah, mengintimidasi orang lain akan terasa bersalah di kemudian hari. Menebusnya pun bukan perkara yang sepele.

Kousei Arima-Your Lie In April

10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masawallur.com

Ia adalah seorang pianis yang jago. Namun, ia menghentikan kegiatan ini karena ibunya meninggal dunia. Rasa sedih yang mendalam membuatnya nggak ingin bermain piano. Selama dua tahun, ia meninggalkan kegiatan yang mengharumkan namanya. Kousei tidak menemukan alasan untuk bermain piano kembali. Hidupnya pun terasa tawar. Dua tahun kemudian, ia bertemu dengan Kaori Mizayono. Perempuan inilah yang menyemangati agar Kousei bermain piano dan berhasil. Ketika mendapatkan hal buruk, kita hanya perlu sistem dukungan yang kuat dan positif.

Motoharu Yano-We Were There

10 Karakter Film Anime Romance Favorit Sepanjang Masawallpaperup.com

Ceritanya diadaptasi dari komik, menceritakan dua orang yang menjalin hubungan sejak kecil hingga umur dua puluhan. Tokoh utama laki-laki bernama Motoharu Yano, ia sangat populer di sekolahnya. Pada suatu ketika, Nanami Takahashi mengutarakan perasaan padanya. Namun ditolak. Sebabnya, ia belum percaya dengan orang dan trauma karena pacar sebelumnya mengalami kecelakaan mobil dengan laki-laki lain. Permasalahan tidak berhenti, ketika keluarga Moto memutuskan untuk pindah, ibunya bunuh diri. Situasi terberat ini membuat Moto seperti kehilangan arah. Nanami bersama sahabatnya pun membantu Moto untuk bangkit kembali.

Dari 10 daftar karakter film anime romance favorit sepanjang masa di atas, banyak pelajaran moral yang berhubungan sekali dengan kehidupan yang kita jalani.  Seperti perubahan karakter ketika di sekolah, maupun kuliah. Ketika mereka percaya dengan kamu untuk berbagi, ada baiknya memberi dukungan penuh. Dan nggak menceritakan atau bahkan melebarkan cerita yang sebenarnya kepada orang lain.

Baca Juga: 7 Film Animasi yang Menarik Ditonton oleh Setiap Orang Dewasa