Punya kesempatan untuk tinggal di luar negeri dengan tujuan pendidikan memang suatu keberuntungan. Tidak hanya kuliah, bisa juga pertukaran pelajar, kursus pendek, dan lain sebagainya. Nggak hanya itu, kamu pun membaur dengan teman-teman berbeda budaya dan negara. Tanpa disadari kamu punya teman dekat dan selalu berkumpul setiap selesai kelas dan akhir pekan.

Beberapa waktu kemudian, kamu bersama teman-teman menutuskan untuk melakukan reuni kecil-kecilan. Entah bertemu disuatu tempat atau ada teman yang kebetulan sedang berada di kota yang sama dengan kamu. Ada keseruan yang terjadi ketika kalian bertemu. Bukan hanya sekedar bertemu dan berbincang, ini yang akan kamu dapat.

1. Jalin relasi

Ini Serunya Reunian Dengan Teman Kuliah di Luar Negeri Dulupexels.com/Daria Shevtsova

Lama nggak bertemu rasa canggung pasti ada karena manusia bisa berubah. Untuk itu, jangan terlalu dingin apabila ada teman baik yang datang kepadamu atau sebaliknya. Karena, mereka bisa menjadi salah satu relasi kerja asal komunikasi kalian bagus. Siapa tahu suatu ketika kamu membutuhkan suatu informasi dan dia bisa membantu kamu. Hindari untuk merasa lebih sukses atau minder karena merasa belum hebat. Jangan ragu untuk membantu apabila ia membutuhkan sesuatu yang masih masuk akal.

2. Melatih bahasa asing kembali

Ini Serunya Reunian Dengan Teman Kuliah di Luar Negeri Dulupexels.com/Afta Putta Gunawan

Kalau kamu kembali ke Indonesia setelah merantau, pasti akan sedikit melupakan bahasa asing yang telah kamu kuasai. Bertemu dengan teman-teman satu perantauan dulu, membuat kamu melatih kembali. Kegiatan ini menyenangkan dan terasa nostalgia. Wajar apabila kamu lupa beberapa kata karena terbiasa menggunakan bahasa Indonesia, begitu juga sebaliknya. Abaikan jika ada orang lain yang melihatmu aneh berbicara bahasa asing.

3. Berbagi pengalaman

Ini Serunya Reunian Dengan Teman Kuliah di Luar Negeri Dulu

Ketika tugas belajar telah usai adalah hal yang biasa kalau masing-masing dari kalian berpencar. Ketika bertemu kembali, menceritakan pengalaman pasti terjadi. Kamu akan mendengarkan pengalaman mereka dan sebaliknya. Merantau ke negara lain atau kembali ke negara sendiri juga punya cerita yang menarik. Kalian juga bisa berbagi hal-hal unik juga, lho. Jangan ragu untuk mengungkapkan kalau kamu tertarik dengan pengalamannya.

4. Rindu merantau di luar negeri

Ini Serunya Reunian Dengan Teman Kuliah di Luar Negeri Dulupexels.com/rawpixel.com

Reuni kecil-kecilan yang dilakukan memang sedikit menarik memori ke zaman kuliah dan merantau. Karena rasanya sangat luar biasa ketika pertama kali sampai di tempat baru. Ada keinginan lagi untuk bertualang dan mencari pengalaman di negara orang. Kamu rindu masa-masa ingin pulang tapi nggak semudah itu hingga akhirnya kamu bisa beradaptasi dan mengikis culture shock. Saling menceritakan kembali pengalaman masa lalu memang membuat suasana semakin seru.

5. Menyusun kembali perjalanan

Ini Serunya Reunian Dengan Teman Kuliah di Luar Negeri Dulupexels.com/Trang Doan

Reunian dengan teman dan saling berbagi cerita kurang lengkap kalau nggak jalan-jalan. Memperkenalkan tempat yang kamu tahu dan memberi rekomendasi. Disisi lain, hal kecil seperti ini bisa membangunkanmu dan punya dampak yang besar. Dari berbagi pengalaman, kamu sadar kalau mencoba hal baru selagi sempat. Nggak heran kalau kamu langsung menyusun ulang perjalananmu. Yang perlu diingat, kalau nggak terburu-buru ambil keputusan.

Baca Juga: 5 Alasan Utama Kenapa Banyak Orang Tertarik Kuliah di Luar Negeri