Menuangkan tulisan versi digital memang sedang naik daun. Aplikasi Wattpad menjadi salah satu medianya. Di sana kamu bisa menulis dan membaca karya orang lain. Ada fenomena yang menarik, ketika sebuah judul cerita pembacanya hingga jutaan dan dapat respon positif akan dijadikan novel fisik. Menjadi sasaran para penerbit buku itu sudah pasti. Dan, tidak butuh waktu lama cerita tersebut difilmkan.

Untuk kamu yang penasaran novel Wattpad apa saja yang berhasil naik ke layar lebar, ini daftarnya.

1. Dear Nathan

Film yang Dibintangi Seleb Ini Ternyata Diadaptasi dari Wattpaddok.internet

Bisa dibilang Dear Nathan menjadi inspirasi novel Wattpad masuk dalam layar lebar. Novel karangan Erisca Febriani memang menarik pembaca remaja pada waktu itu. Filmnya berhasil rilis tahun 2017 dibintangi oleh Jefri Nichol dan Amanda Rawles. Ceritanya tentang remaja SMA, Salma dan Nathan. Salma yang merupakan murid baik-baik dan pintar. Sedangkan Nathan seorang murid yang sedikit berandalan dan hobi tawuran. Cerita di film ini ringan, manis, konfliknya pun masih bisa diterima oleh remaja.

2. A (Aku, Benci, dan Cinta)

Film yang Dibintangi Seleb Ini Ternyata Diadaptasi dari Wattpaddok.internet

Masih cerita dngan latar belakang SMA, novel karya Wulanfadi ini telah tayang di bioskop tahun 2017. Ceritanya tentang Anggia dan Alvaro yang tidak pernah akur. Memang posisi penting di OSIS membuat mereka tidak suka satu sama lain. Selisih pendapat pun sering terjadi. Namun, ada momen-momen tertentu yang mengharuskan mereka bersama. Perlahan saling kenal membuat keduanya melunak. Dalam situasi tersebut mereka harus menjaga orang terdekatnya, Alex dan Athala. Film ini dibintangi oleh Indah Permatasari, Jefri Nichol, Brandon Salim, dan Amanda Rawles.

3. EL

Film yang Dibintangi Seleb Ini Ternyata Diadaptasi dari Wattpadinstagram.com/aurelie

Salah satu karya Luluk H.F yang berhasil masuk ke layar lebar. Kalau kamu intip novel Wattpadnya banyak sekali yang suka cerita ini. Menceritakan tentang remaja bernama Dafychi dan Mario seorang pimpinan perusahaan yang sudah lama sekali menjomblo. Kakak Dafychi, Ando, bersahabat dengan Mario. Awalnya, Mario sangat tidak nyaman dengan kehadiran Dafychi yang membuat harinya berantakan. Ini karena Dafychi punya kepribadian ganda. Filmnya dibintangi oleh Aurelie Moeremans, rilis tahun 2018. Ada yang sudah nonton?

4. Serendipity

Film yang Dibintangi Seleb Ini Ternyata Diadaptasi dari Wattpaddok.internet

Setelah Dear Nathan, novel Erisca Febriani juga naik ke layar lebar. Ceritanya masih seputar remaja SMA 3 tokoh utama Rani, Arkan, dan Gibran. Rani harus bekerja keras untuk menutup semua peninggalan hutan ayahnya. Menjadi seorang lady escort pun ia jalankan. Ia pun punya pacar yang bernama Arkan. Situasi berubah ketika Arkan mengetahui pekerjaan Rani, kemudian memutuskan hubungan. Lalu, muncul Gibran yang berusaha mengembalikan asa  Rani. Film ini direncakanan tayang tahun 2018 dan sudah rilis cuplikannya.

5. Revan & Reina

Film yang Dibintangi Seleb Ini Ternyata Diadaptasi dari Wattpaddok.internet

Menceritakan tentang dua teman masa kecil Revan dan Reina yang kemudian menjadi sahabat. Reina yang lebih tua menjadi sosok yang lebih dewasa. Revan punya karakter ceplas-ceplos dan kekanakan. Ceritanya ringan, kamu bisa menemukan obrolan lucu khas remaja. Konflik dalam cerita ini adalah munculnya orang lain diantara mereka. Reina dengan mantan sekaligus cinta pertamanya, Fabian. Sedangkan Revan dengan adik kelasnya, Dira. Filmnya dibintangi oleh Bryan Bovani dan Angela Gilsa. Dan rilis pada bulan Maret 2018.

6. The Perfect Husband

Film yang Dibintangi Seleb Ini Ternyata Diadaptasi dari Wattpaddok.internet

Novel karya Indah Riyana, filmnya rilis bulan April 2018. Di novelnya diceritakan seorang mahasiswi abadi yang bermasalah dengan akademiknya bernama Alya. Di filmnya, Alya adalah seorang siswi SMA. Disisi lain, Arsen dibekali wasiat oleh ayahnya untuk menikah dengan Alya. Ia pun datang menemuinya dan tentu saja ditolak oleh Alya. Arsen pun tidak putus asa, walaupun tahu dengan keadaan Alya yang sudah punya pacar. Di filmnya, Alya bukan seorang mahasiswi melainkan seorang pelajar SMA. Dibintangi oleh Amanda Rawles dan Diman Anggara.

7. Assalamualaikum, Calon Imam

Film yang Dibintangi Seleb Ini Ternyata Diadaptasi dari Wattpaddok.internet

Novel karya Ima Madaniah cocok sekali untuk kamu tonton saat Ramadan. Rilis bulan Mei 2018, dibintangi oleh Natasha Rizki, Andi Arsyil, dan Millen Khan. Bercerita tentang Fisya dan Jidan yang bertetangga sejak kecil. Fisya percaya kalau Jidan adalah calon imam untuknya, namun Jidan hanya menganggapnya teman. Jidan kemudian memilih perempuan lain. Ini membuat Fisya tidak lagi memiliki kepercayaan dengan orang lain. Kemudian, ia bertemu dengan Alif karena suatu insiden dan momen. Situasi ini membuat Fisya menguji dirinya dengan percaya terhadap orang lain.

BACA JUGA : 5 Buku Novel Memoar Ini Adaptasi dari Sejarah di Indonesia