Semakin dewasa banyak sekali keahlian wajib yang kamu kuasai. Tujuannya agar kamu bisa hidup lebih mandiri. Karena, nggak selamanya kamu berada di lingkungan yang nyaman dan serba ada. Untuk itu, persiapkan dirimu dengan menguasai keahlian dasar ini.

1. Menguasai kemampuan dasar teknologi

via GIPHY

Di zaman yang serba digital ini memang sudah jarang untuk menggunakan buku maupun surat untuk menyelesaikan pekerjaan. Alasannya, pekerjaan semakin dituntut untuk cepat selesai. Poin ini bisa dikatakan sebagai salah satu keahlian yang generasi muda punya. Microsoft Office, Photoshop, Corel, surat menyurat, membuat video, desain, sosial media, portal dan konten digital, upgrade aplikasi sebaiknya sudah kamu kuasai dengan baik. Kalau kamu paham dengan teknologi informasi dengan baik, bisa menjadi nilai tambah.

2. Berkelakuan baik

via GIPHY

Di mana pun kamu berada memang seharusnya kamu menunjukkan sikap dan etika yang baik, walaupun dengan teman sendiri. Menjaga sikap dan menerapkan etika dasar bukan membuat kamu menghilangkan karakter yang unik dan menjadi orang yang kaku. Hanya saja, menjadi dewasa sebaiknya kamu menghilangkan sikap yang bisa membawa kerugian untuk diri sendiri. Walaupun kamu pintar, tapi kurang bisa membawa diri, lantas untuk apa? Orang lain lebih menghargai sikap dan etika yang kamu tunjukkan dibanding dengan kepintaran.

3. Menyampaikan pendapatan dengan bijak

via GIPHY

Menyampaikan ide, masukan, maupun solusi terkadang memang menimbulkan perdebatan kecil. Itu adalah hal yang biasa. Di situ kamu bisa memberikan alasan untuk mempertahankan pendapat. Kalau memang nggak diterima hindari untuk bersikap emosional, walaupun hanya terlihat di raut wajah. Di sisi lain, kalau kamu memang menjadi orang yang bisa diandalkan di tempat kerja, hindari untuk menyampaikan ide dan masukan yang bersifat subyektif. Karena semua memang punya kepentingan dan kamu wajib hati-hati.

4. Menyetir kendaraan

via GIPHY

Apapun profesi yang sedang kamu jalani saat ini, bisa mengendarai sepeda motor atau mobil adalah kewajiban. Selain alasan mobilitas tinggi, kamu nggak selamanya bergantung dengan orang lain dalam hal transportasi. Memang kalau hidup dan merantau di kota besar kemacetan menjadi sumber masalah yang utama. Keputusan untuk menggunakan transportasi online maupun umum memang menjadi pilihan tepat. Tapi, pasti ada waktu darurat yang mengharuskan kamu untuk berkendara sendiri, kan?

5. Menguasai kegiatan rumah tangga dasar

via GIPHY

Walaupun kamu anak yang dimanja ketika masih satu rumah dengan orang tua, nggak ada salahnya kamu mengerjakan pekerjaan ringan di rumah. Karena ini adalan salah satu cara melatih kemampuan untuk bertahan hidup. Bersih-bersih dan menjaganya agar selalu rapi bukanlah sesuatu yang mudah. Kamu bisa melakukannya secara bertahap. Memasak makanan yang sederhana juga boleh kamu kuasai, karena saat merantau selalu membeli makanan adalah satu satu kegiatan yang boros.

Kelima poin di atas adalah langkah pertama yang wajib kamu kuasai untuk menjadi wanita yang mandiri.

BACA JUGA : Ungkap 5 Kunci Sukses yang Harus Dimiliki Setiap Perempuan Mandiri di Usia 20an