Jika di Indonesia novel dan wattpad paling sering diadaptasi ke layar kaca maka di Korea webtoon menjadi media cetak yang paling sering diadaptasi, baik dalam bentuk drama ataupun film.

Webtoon Korea ini pun tidak hanya disukai oleh orang-orang Korea, kini juga sudah mulai merambah ke Indonesia dan mendapatkan banyak cinta dari penggemarnya. Alur cerita yang unik dan tidak biasa membuat webtoon menjadi “langganan” untuk diadaptasi.

Dari seluruh genre webtoon yang paling sering diadaptasi adalah genre romance, salah satu genre yang mudah untuk diterima banyak orang. Tapi, ada juga drama-drama yang mengadaptasi webtoon yang memiliki genre berbeda.

Nah, ini dia 8 drama Korea adaptasi webtoon terbaik yang bergenre action dan thriller.

1. Aftermath (2014)

https://www.youtube.com/embed/p0Ia1_lTttc

Drama Korea webtoon ini diangkat dari webcomic Naver terkenal dengan judul yang sama Aftermath karangan Kim Sun Kwon.

Menceritakan tentang seorang anak sekolahan, Ahn Dae Young, yang secara tiba-tiba memiliki kemampuan khusus yaitu mampu mengatakan apabila seseorang akan melakukan pembunuhan atau seseorang akan menjadi korban pembunuhan. Para pembunuh akan memiliki mata biru sedangkan para korbannya memiliki mata berwarna merah. Ahn Dae Young memutuskan untuk menggunakan kemampuannya ini untuk menolong orang-orang.

Drama Korea dengan 5 episode ini memiliki 2 season dan dibintangi oleh Kim Dong Jun.

2. Last (2015)

https://www.youtube.com/embed/Ane2Im9wpSQ

Jang Tae Ho adalah manager pengelola dana yang sombong tapi sangat pintar untuk manipulasi stok, ia terbiasa untuk melakukan segala sesuatu sesuai caranya. Suatu hari ia mengalami kegagalan sebesar 35 juta Won dan seorang lintah darat terkenal, Mr. Jang, memburunya karena kehilangan 7 juta Won.

Ia pun kabur dan harus hidup dengan para tuna wisma di jalan. Hingga suatu hari ia menemukan ada 10 juta Won yang dimiliki oleh seorang pemimpin di “dunia bawah”. Ia bertekat untuk merebut 10 juta Won tersebut dan kembali ke kehidupan lamanya.

Drama ini diangkat dari Drama Korea webtoon Last karangan Kang Hyeong Gyu dan dibintangi oleh Yoon Kye Sang, Lee Beom So, Seo Ye Ji dan masih banyak lagi.

3. Save Me (2017)

https://www.youtube.com/embed/eApg0jokz7E

Sang Mi dan keluarganya harus pindah ke Muji-gun, tempat tanpa saudara maupun teman, setelah ayahnya bangkrut. Di sana ia bertemu dengan 4 pria yaitu Han Sang Wan, Seok Dong Cheol, Woo Jong Hoon, dan Choi Man Hee. Ketika Sang Mi dan keluarganya terkena masalah, seorang Bapa Baek Jung Ki dari Goosunwon menawarkan bantuan.

Namun, tiba-tiba keluarganya malah terjebak dengan pemujaan rohani palsu dan keempat pria tadi berusaha menolong mereka.

Drama Korea yang dibintangi oleh Seo Ye Ji, Ok Taec Yeon, Woo Do Hwan, Jo Sung Ha dan lainnya ini diadaptasi dari Drama Korea webtoon karangan Jo Geum San dengan judul Out of the World.

4. Item (2019)

https://www.youtube.com/embed/pdv7IoHLraA

Drama Korea adaptasi webtoon dengan judul yang sama yaitu Item dan dikarang oleh Min Hyung dan ilustrasi oleh Kim Joon Suk.

Menceritakan tentang profiler dan jaksa harus mengungkapkan rahasia tersembunyi disekitar sebuah “item” unik yang memiliki kekuatan supernatural dan konspirasi.

Kang Gon adalah seorang jaksa yang sangat adil dan memiliki hati yang hangat. Untuk menyelamatkan keponakannya, Da In, ia terjebak dengan sebuah konspirasi dan sebuah “item” yang memiliki kekuatan supernatural. Kang Gon bekerja sama dengan seorang profiler Shin So Yeong.

Drama Korea dengan 32 episode ini dibintangi oleh Joo Ji Hoon, Jin Se Yeon dan Kim Kang Woo.

5. Kingdom (2019)

https://www.youtube.com/embed/4l-yByZpaaM

Kingdom merupakan serial Netflix yang menghebohkan di tahun 2019. Drama Korea webtoon yang berlatar di zaman Joseon ini menceritakan tentang seorang putra mahkota yang ingin mencari kebenaran tentang ayahnya, Sang Raja.

Sang Raja diketahui terkena cacar dan bahkan diisukan telah meninggal. Lee Chang berusaha mencari tau tentang penyakit Sang Raja dan mencari tabib yang merawat ayahnya namun hanya bertemu dengan asistennya, Seo Bi. Tapi, tiba-tiba ada wabah mengerikan yang menyebar di desa tersebut dimana orang-orang yang meninggal berubah menjadi zombie.

Serial yang dibintangi oleh Joo Ji Hoon dan Bae Doo Na ini ditulis berdasarkan webcomic Burning Hell Shinui Nara oleh Kim Eun Hee yang pertama kali terbit di tahun 2015.

6. Stranger From Hell (2019)

https://www.youtube.com/embed/_IbdP33CHkA

Yoon Jong Woon seorang pemuda berusia 20 tahunan baru saja pindah ke Seoul dari desanya. Ketika sedang mencari tempat tinggal ia menemukan apartemen murah bernama Eden Gosiwon dimana kamar mandi dan dapurnya harus berbagi bersama penghuni yang lain.

Ia tidak begitu peduli dengan kualitas apartemennya ataupun orang-orang yang aneh di dalamnya. Ia harus bertahan selama 6 bulan sambil menabung untuk keluar dari apartemen itu. Tapi, tiba-tiba muncul banyak keanehan di apartemen yang membuat Jong Woon takut kepada para penghuni apartemen lainnya.

Drama Korea horror-thriller ini diadaptasi dari webtoon berjudul sama yang ditulis oleh Kim Yong Ki. Dibintangi oleh Im Si Wan, Lee Dong Wook, Lee Jung Eun dan masih banyak lagi.

7. Memorist (2020)

https://www.youtube.com/embed/rKOu7kPFLsU

Drama penuh plot twist yang tayang di awal tahun 2020 ini dibintangi oleh Yoo Seung Hoo dan Lee Si Young. Drama Korea yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama oleh Jae Hoo.

Dong Baek memiliki kekuatan spesial yaitu mampu membaca ingatan orang-orang yang disentuhnya. Ia memutuskan untuk menjadi seorang detektif dan menangkap banyak penjahat-penjahat yang berkeliaran.

Han Sun Mi adalah seorang profiler jenius yang telah menjadi seorang superintendent termuda di unit kepolisian. Ia telah berhasil memecahkan banyak kasus yang berat. Tapi, ia juga memiliki rahasianya sendiri.

Keduanya bertemu dan berusaha untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai yang sangat berat.

8. Rugal (2020)

https://www.youtube.com/embed/DZtgPv3LjrI

Rugal dibintangi oleh Choi Jin Hyuk, Park Sung Woong, Jo Dong Hyuk dan masih banyak lagi aktor-aktor lainnya. Drama Korea yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama karangan Rilmae yang terbit tahun 2016.

Menceritakan tentang seorang detektif elit, Kang Ki Beom. Ia sedang menelusuri kasus mengenai organisasi rahasia bernama Argos. Ironisnya, istri dari Ki Beom dibunuh oleh orang-orang Argos dan mereka juga mengambil bola mata milik Ki Beom.

Ketika ia sadar dan berada di rumah sakit, ia dituduh sebagai pembunuh istrinya. NIS mendekati Ki Beom untuk direkrut menjadi bagian tim Rugal, tim elit milik NIS. Dengan biotechnology, ia mendapatkan mata baru yang memiliki kemampuan luar biasa dan bersama Rugal ingin menghancurkan organisasi kriminal.

Nah, itulah 8 daftar Drama Korea adaptasi webtoon terbaik. Semua jalan ceritanya berbeda dan unik sehingga menarik banyak penonton juga. Selanjutnya mau webtoon apa nih yang dijadikan drama atau film?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Unik! Ini Rekomendasi 8 KDrama Action dan Thriller Adaptasi Webtoon"

Baca Juga: 13 Drama Korea Populer yang Ditulis Kim Eun Sook, Selalu Romantis!

Baca Juga: 10 Adegan Ciuman di Drama Korea Paling Berkesan dan Bikin Baper 

Baca Juga: Simak Yuk, 5 Rekomendasi Serial Drama Korea dari Vidi Aldiano