Tahun 2018 lalu, telah rilis sebuah film bergenre komedi asal Amerika Serikat yaitu Crazy Rich Asian. Apakah kamu pernah membaca novel berjudul Crazy Rich Asian, karya Jevin Kwen yang diterbitkan pada tanggal 11 Juni 2013 tersebut? Jika pernah, kali ini pihak rumah produksi Colour Force, SK Global serta distributor Warner Bros membuat inovasi baru dengan versi filmnya.

Film ini bercerita tentang orang terkaya yang ada di Asia. Ngomongin orang terkaya di Asia, siapa sih lima orang terkaya di Asia saat ini? Orang-orang terkaya di Asia berkontribusi dalam daftar orang terkaya dunia versi majalah Inggris, Sunday Times.

Dari 30 besar, ada lima posisi yang ditempati orang terkaya di Asia. Berikut ini, lima 'Crazy Rich Asian' In Real Life atau lima orang terkaya di Asia.

1. Mukesh Ambani

5 Daftar Crazy Rich Asians in Real Life, Orang Indonesia Juga Adabusinessworld.in

Kekayaan Mukesh Ambani mencapai Rp800 triliun. Bisnis yang dijalankan oleh dia adalah Pabrik Petrokimia yaitu Relieance yang sudah dimulai sejak puluhan tahun lalu. Uniknya adalah ia mempunyai tim Cricket terbesar di India. Cricket merupakan olahraga yang populer di India.

Selain itu, beliau juga selalu menonton tiga kali seminggu film Bollywood untuk membuang stresnya. Ia mempunyai anak yang masih berusia 20-an tahun sebagai penerusnya. Keluarga Mukesh Ambani tinggal di sebuah gedung yang memiliki 27 lantai dan mengoleksi 160 mobil.

2. Pony Ma Huateng

5 Daftar Crazy Rich Asians in Real Life, Orang Indonesia Juga Adaawsimages.detik.net.id

Pony Ma Huateng merupakan orang kaya baru yang muncul bersamaan dengan kemajuan teknologi internet. Satu aplikasi messenger yang ia miliki, yaitu WeChat yang sangat populer di Tiongkok. Terlampau besarnya, diibaratkan WeChat adalah gabungan dari Whatsapp dan Go-Jek.

WeChat bisa digunakan sebagai keperluan seperti memesan dokter maupun membayar saat kamu membeli sesuatu. Pony Ma Huateng baru berusia 40 tahun dan memiliki kekayaan mencapai Rp600 triliun. Selain WeChat, game semacam PUBG dan AOV adalah miliknya.

Meskipun orang kaya, ia lebih suka diam dan memikirkan strategi. Hal ini yang membuat orang suka kepadanya. Pony Ma Huateng berasal dari keluarga sederhana. Maka dari itu, meskipun sudah menjadi bilioner, ia tetap hidup sederhana. Jumlah kekayaannya, dilansir dari Sunday Times yaitu mencapai US$45,5 miliar setara Rp637 triliun.

3. Jack Ma

5 Daftar Crazy Rich Asians in Real Life, Orang Indonesia Juga Adaasia.nikkei.com

Jack Ma merupakan pemilik Alibaba Group yang sekarang menjadi perusahaan besar di Tiongkok. Alibaba Group merupakan marketplace yang sudah merambah ke bisnis-bisnis lainnya. Selain itu, ia juga berinvestasi di Indonesia melalui beberapa start up, termasuk di Tokopedia.

Saat memulai bisnisnya, ia hanya memiliki tim yang sangat kecil dan tidak ada banyak modal. Ia juga seorang yang pantang menyerah, karena pernah menjadi satu-satunya calon karyawan yang ditolak oleh KFC. Kekayaan Jack Ma saat ini mencapai US$39,1 miliar atau setara Rp546 triliun.

4. Li Ka Shing

5 Daftar Crazy Rich Asians in Real Life, Orang Indonesia Juga Adaft.com

Li Ka Shing berasal dari Hong Kong berusia 90 tahun, dan memulai bisnisnya pada usia 50-an. Kekayaannya mencapai US$35 miliar atau setara Rp490 triliun. Ia memiliki banyak perusahaan antara lain kartu 3, hotel dan plastik yang merajai Hong Kong.

Kisah unik dari dia adalah pernah drop out dari sekolah pada usia 16 tahun, karena orangtuanya korban perang dunia ke-2 yang mengharuskannya untuk pindah. Kemudian ia bekerja untuk menghidupi keluarganya. Hal itulah yang membuat dia menjadi orang kaya dengan kerja kerasnya.

5. Bambang Hartono

5 Daftar Crazy Rich Asians in Real Life, Orang Indonesia Juga AdaInstagram/@jayalah.negeriku

Bambang Hartono merupakan orang terkaya di Indonesia selama 9 tahun berturut-turut. Beliau pemilik dari Djarum bersama saudaranya yaitu Budi Hartono. Bambang Hartono memiliki kekayaan mencapai US$34,2 miliar atau sekitar Rp478,8 triliun. Selain Djarum, beliau juga pemilik dari BCA, Blibli.com dan masih banyak perusahaan lainnya.

Fakta unik dari dia adalah atlet tertua di Asian Games 2018 yaitu atlet Bridge yang berhasil menyumbang medali perunggu. Ia sudah bermain Bridge sejak usia 6 tahun. 

Itulah lima 'Crazy Rich Asian' In Real Life, pelajaran yang dapat diambil adalah sebenarnya mereka sangat sederhana. Selain itu, dalam mencapai kesuksesannya dilakukan dengan kerja keras dalam mengembangkan dan membuat inovasi bisnis mereka.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Daftar Crazy Rich Asians in Real Life, Orang Indonesia Juga Ada"

Baca Juga: Berlimpah Harta, Ini 8 Idola K-pop Terkaya