Pernahkah kamu merasa tertinggal dengan kesuksesan yang telah diraih seseorang? Kekurangan diri seperti ini terkadang memberikan ruang untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Bahkan perihal cinta, kita lebih mudah untuk mencintai orang lain daripada diri sendiri.  

Padahal menumbuhkan hubungan yang baik dengan diri sendiri itu sama pentingnya dengan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Memasuki hari terakhir, BeautyFest Asia 2020 x Shopee by Popbela.com akan mengajak Rinni Wulandari dan Bunga Zainal dalam diskusi "Overcoming Insecurities and Unlocking Your True Potential". Keduanya akan berbagi langkah mudah dalam membangun percaya diri dan gimana sih caranya mencintai dirimu sendiri. 

Tips Rinni Wulandari & Bunga Zainal Bangun Percaya Diri dan Self-LoveInstagram/bungazainal05

Mencoba untuk percaya diri dan mencintai dirimu sendiri bukan berarti narsistik ya. Hal ini untuk mengenali diri sendiri lebih dalam. Menerima segala kelebihan dan kekurangan dengan sepenuh hati.  

"Menjalani pekerjaan di industri entertainment itu nggak mudah. Cibiran dan komentar negatif seolah jadi hidangan sehari-hari. Aku masih ingat betul ketika memutuskan untuk beralih profesi dari pemain sinetron menjadi entrepreneur. Netizen menyimpan komentar negatif menggebu-gebu di sosial media, misalnya bilang aku sudah nggak laku di televisi. Namun aku berusaha untuk tutup kuping saja," ungkap Bunga Zainal.  

Tips Rinni Wulandari & Bunga Zainal Bangun Percaya Diri dan Self-LoveInstagram/rinni_w

Serupa dengan Bunga Zainal, jebolan Indonesia  Idol, Rinni Wulandari juga mengaku mengalami hal yang sama.  

"Mengawali karir di usia muda itu nggak gampang. Emosi dan minimnya ilmu terkait self love membuat aku down. Setelah 3 tahun berkarir, sempat terbesit dipikiranku untuk mundur dari industri ini. Aku benar-benar tidak sanggup menghadapi tantangan yang ada. Namun, teringat dukungan keluarga dan orang terdekat akan pencapaianku, membuat aku terdorong lagi untuk bisa bertahan menapaki puncak karir,"  tambah Rinni Wulandari.  

Ketika kita memutuskan mencintai diri sendiri, maka fokuslah pada tujuan utamanya. Tak perlu lagi menyibukkan diri kita dengan segala macam komentar orang lain. Sehingga kita memiliki banyak ruang dan waktu untuk mengurus diri kita sendiri. 

Tips Rinni Wulandari & Bunga Zainal Bangun Percaya Diri dan Self-LoveInstagram/bungazainal05

"Bagiku transisi usia remaja menuju dewasa adalah hal terberat. Dimana, banyak cibiran yang menuduhku operasi plastik. Jujur aku sampai berpikir, apa iya aku sejelek itu. Tapi balik lagi, ngapain juga ya aku mikirin itu. Toh Tuhan sudah memberikan yang terbaik untuk aku. Dan yang paling penting, yakin kan apa yang aku lakukan saat ini positif," terang Bunga Zainal.  

Pada akhirnya kita akan merasa nyaman dengan diri kita sendiri sehingga orang-orang sekitar bisa merasakan hal yang sama.  

"Setelah menikah aku berusaha untuk menurunkan ego. Memikirkan berkali-kali perilaku, tutur kata dan sikap yang aku lakukan. Karena semua itu berkaitan dengan kenyamanan keluarga dan orang terdekatku. Dengan begitu, aku di hari ini jauh berbeda dengan aku di masa lalu," tambah Rinni. 

Tips Rinni Wulandari & Bunga Zainal Bangun Percaya Diri dan Self-LoveInstagram/rinni_w

Kini, kita hanya perlu memenuhi kebutuhan diri sendiri dengan baik. Berbicara dengan dirimu sendiri atas segala pekerjaan dan pencapaian yang telah dilakukan. Hal ini memudahkan kamu untuk menerima diri sendiri.  

"Ingat teman sejati adalah diri kita sendiri. Jika ada kekurangan cobalah untuk mencintai. Karena nggak ada orang lain yang bisa mencintai diri kita sebaik diri sendiri," ujar Bunga.

Mulai sekarang cobalah untuk memilah segala macam informasi yang bisa menjerumuskan kita pada hal negatif. Terakhir, penting sekali bagi kita untuk bergaul dengan orang-orang yang positif, penyayang dan penuh cinta. 

https://www.youtube.com/embed/qL3XHRYlrws

Baca Juga: Buka-bukaan di BeautyFest Asia 2020, Ini Lipstik Favorit Irma Farez