Proyek kolaborasi antara dua penyanyi kebangaan Indonesia, Raisa Andriana dan Afgansyah Reza menutup kemeriahan BeautyFest Asia 2020 x Shopee by Popbela.com. Melalui talk show bertajuk "Maintaining Health, Productivity and Surviving a Global Pandemic",  Raisa akan berbagi cerita terkait alasannya berduet lagi dengan Afgan serta nostalgia dengan momen 5 tahun yang lalu. 

1. Kolaborasi yang tidak direncanakan sebelumnya

Rilis Single Baru, Raisa Tak Sangka Bisa Duet Bareng Afgan LagiInstagram/raisa6690

Kolaborasi single "Tunjukkan" merupakan sebuah proyek yang tidak pernah direncanakan sebelumnya. Kala itu Afgan mendapatkan demo lagu dari Alam Urbach. Tertarik dengan lirik dan musik lagu tersebut, Afgan langsung berpikiran untuk mengajak mantan duetnya, Raisa.  

"Saat pertama kali diajak duet menyanyikan lagu Tunjukkan, aku kaget banget dan nggak menyangka sama sekali. Karena nggak pernah terjadi sebelumnya, mengulang teman duet yang sama. Namun, ketika mendengarkan musiknya asik banget, sungguh sangat berbeda dengan lagu duet kami sebelumnya. Lagipula bisa bekerja sama dengan Afgan itu selalu seru dan menyenangkan," cerita Raisa secara virtual. 

2. Sempat duet 5 tahun lalu, Raisa memilih untuk rilis lagu di tanggal yang sama

Rilis Single Baru, Raisa Tak Sangka Bisa Duet Bareng Afgan LagiInstagram/raisa6690

Mengulur waktu beberapa waktu ke belakang, pada 5 November 2015, Raisa dan Afgan sempat merilis single berjudul "Percayalah" ketika Raisa tengah mengadakan mini konser di televisi.  

Uniknya, setelah 5 tahun kemudian. Keduanya justru kembali merilis single duet berjudul "Tunjukkan" tepat di tanggal dan bulan yang sama, yakni 5 November 2020. Walaupun memiliki kemiripan terkait tanggal rilis, Raisa menjelaskan bahwa lagu duet terbarunya ini memiliki nuansa yang sangat berbeda.  

"Sebelumnya kan lagu yang kami bawakan kental dengan genre musik balada pop. Tapi kali ini musiknya dibuat lebih groovy dengan sentuhan musik Pop Korea dan R&B yang sempat booming di era 2000an," paparnya. 

3. Menebar kasih sayang di tengah pandemi lewat single "Tunjukkan"

Rilis Single Baru, Raisa Tak Sangka Bisa Duet Bareng Afgan LagiInstagram/raisa6690

Sentuhan musik yang nge-beat menjadi alasan Raisa dan Afgan merilis single di tengah pandemi. Penyampaian lagu ini pun terdengar dinamis dan sangat catchy. Membuat orang yang mendengarnya menjadi lebih bersemangat.  

"Lagu ini bisa kamu jadikan sebagai bentuk ekspresi diri dalam menyampaikan rasa sayang pada orang-orang terdekat. Karena, tanpa disadari akibat kesibukan yang tinggi, kita sering lupa untuk menunjukkan kasih sayang. Meskipun pandemi bukan berarti kita nggak bisa produktif" paparnya.  

Istri Hamish Daud ini juga menambahkan bahwa tak ingin menghadirkan lagu-lagu bernuansa galau di masa pandemi. "Saat ini tuh orang butuh semangat, butuh lagu-lagu yang feel good." 

4. Selain Afgan, Raisa bermimpi bisa kolaborasi dengan musisi pria lainnya

Rilis Single Baru, Raisa Tak Sangka Bisa Duet Bareng Afgan LagiInstagram.com/raisa6690

Setelah mendulang kesuksesan bersama Afgan, tak menutup kemungkinan bagi Raisa untuk berduet dengan musisi dan penyanyi pria lainnya.  

"Kemarin sempat duet bareng Ardhito Pramono membawakan salah satu laguku. Musikalitasnya yang tinggi membuat laguku dibawakan dengan sangat berbeda dan jujur aku suka banget. Selain itu, aku juga ingin bisa berduet dengan Rendy Pandugo, bahkan kalau bisa sama John Mayer juga, semoga di lain kesempatan mimpi ini bisa diwujudkan," tutupnya. 

https://www.youtube.com/embed/vtkQXVaTgFc

Baca Juga: Selain Rilis Single Baru, Ini Kegiatan Raisa dan Afgan Selama Pandemi

Baca Juga: Jadi Makin Asyik, 4 Lagu Lawas Ini Pernah Dibawakan Kembali oleh Raisa

Baca Juga: Belajar di BeautyFest Asia 2020, Ini Cara Mudah Bikin Tie Dye Masker