AIDS adalah jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Siapapun bisa mengidap penyakit AIDS  baik laki-laki maupun perempuan, dari anak-anak maupun sampai lansia juga bisa terjangkit penyakit mematikan ini. Semua berawal dari penggunaan narkoba memakai jarum suntik secara bergantian hingga seks bebas.

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 1 Desember, kita bisa mendapatkan pelajaran yang berharga dengan menonton film-film yang menceritakan tentang AIDS. Dilansir dari HuffingtonPost, ini lima film tentang AIDS yang harus kamu tonton.

1. Bohemian Rhapsody (2018)

5 Film Haru yang Mengajarkan Kita untuk Tak Mengucilkan Pengidap AIDSid.bookmyshow.com

Film yang menceritakan tentang perjalanan karier seorang vokalis band Queen, Freddie Mercury yang terkena penyakit mematikan AIDS saat di puncak kariernya. Tak hanya itu, film ini juga menampilkan penggambaran kehidupan seksualitas dari Freddie Mercury dan anggota band lainnya. Meskipun banyak dikritik, tapi penampilan Rami Malek sebagai Freddie Mercury dipuji para kritikus film. Film ini mengajarkan kita agar tetap semangat dan berbicara jujur kepada orang-orang terdekat kita.

2. Dallas Buyers Club (2013)

5 Film Haru yang Mengajarkan Kita untuk Tak Mengucilkan Pengidap AIDSrogerebert.com

Dallas Buyers Club adalah film yang menceritakan Ron Woodrof seorang tukang listrik dan koboi dari Texas yang didiagnosa menderita penyakit AIDS dan tersisa waktu 30 hari untuk hidup. Dia kemudian diasingkan oleh keluarga dan temannya dan dipecat dari pekerjaannya. Film yang diperankan oleh Matthew McConaughey ini mendapat review positif dari para kritikus film. Film ini mengajarkan kita agar tetap gigih dan pantang menyerah atas penyakit yang kita derita.

3. Precious (2009)

5 Film Haru yang Mengajarkan Kita untuk Tak Mengucilkan Pengidap AIDSalternateending.com

Film ini menceritakan seorang gadis yang berusia 16 tahun yang diperkosa oleh ayahnya sendiri sebanyak 2 kali dan hamil 2 kali juga. Di kehamilannya yang kedua, Precious dipindahkan oleh kepala sekolahnya ke sekolah alternatif, ia akhirnya berhasil terlepas dari traumanya. Kemudian ibunya memberitahukan kalau ayahnya telah meninggal karena AIDS, dan pada saat itu juga ia menyadari kalau dirinya terkena AIDS juga. Film ini mengajarkan kita untuk melupakan masa lalu dan mengubahnya menjadi lebih baik di masa depan.

4. Philadelphia (1993)

5 Film Haru yang Mengajarkan Kita untuk Tak Mengucilkan Pengidap AIDStiempodecine.co

Salah satu film paling terkenal tentang AIDS adalah film yang satu ini. Film Philadelphia menceritakan tentang seorang pegusaha perusahaan bernama Andrew Beckett yang putus asa dan mencoba untuk menyembunyikan  penyakit AIDS yang diidapnya. Lalu, ia dipecat oleh atasannya dan ia meminta keadilan hukum karena hal tersebut merupakan suatu diskrimasi bagi orang yang mengidap penyakit AIDS. Film ini menyadarkan penontonnya bahwa kita harus menganggap semua orang yang mengidap penyakit AIDS sama dengan kita yang orang normal.

5. The Normal Heart (2014)

5 Film Haru yang Mengajarkan Kita untuk Tak Mengucilkan Pengidap AIDSsuarakita.org

Film karya Ryan Murphy yang ditulis oleh Larry Kramer dengan cerita yang sama di tahun 1985 ini menceritakan tentang krisis penyakit AIDS di New York di awal tahun 1980-an melalui pandangan seorang penulis dan aktivis yang diperankan oleh Mark Ruffalo. Film ini mengajarkan kita untuk tetap berjuang dan tetap semangat dalam menghadapi cobaan yang kita alami. Karya dari Larry Kramer ini merupakan salah satu karyanya yang berhasil bikin kita menangis tersedu-sedu lho, Bela.

So, itu dia deretan film yang menceritakan tentang penyakit AIDS, semoga kita bisa mengambil hikmah dari setiap film itu ya. Menurut Bela, mana yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: Yakin Mau Nonton? 5 Film Psikologi ini Bisa Bikin Kamu Takut Tidur Lho