Yeay... Selamat untuk kalian yang sudah lulus sekolah mulai dari SD, SMP, sampai SMA. Momen kelulusan bisa jadi sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh semua siswa. Tapi di balik semua hingar bingar sukacita kelulusan, ada satu perasaan sedih. Sebab kalian harus berpisah dengan teman-teman kalian selama sekolah, meninggalkan semua kebiasaan lama yang sering dilakuin bareng, meninggalkan rutinitas ketemu setiap hari, bercanda setiap hari, ngerjain PR rame-rame di kelas, bolos pelajaran bareng, makan bareng di kantin langganan dan kebiasaan-kebiasaan lain yang juga sering kalian lakuin di sekolah.

Acara perpisahan jadi momen terakhir kalian bisa ngerasain sekolah rame-rame dan selalu ingin kalian ingat seumur hidup. Deretan lagu ini bisa bikin momen perpisahan jadi nggak bisa lupain dan bisa kalian kenang seumur hidup kalian.

1. Kemesraan - Iwan Fals

https://www.youtube.com/embed/yqKNIcc5t38

Nah buat kalian yang sudah lulus, pengennya sih kemesraan yang ada di sekolah jangan cepat berlalu ya, tapi life must go on. Kemesraan pertemanan kalian nggak cuma berhenti di kelulusan kok, setelah lulus tetep bisa berteman dan tetep mesra. Jadi dijaga baik-baik ya pertemanannya, biar pas sudah lulus masih mesra.

2. Semua Tentang Kita - Peterpan

https://www.youtube.com/embed/hhn-nGSuenM

Semenjak lagu ini dirilis, kayaknya lagu ini sudah jadi lagu wajib perpisahan sekolah ya. Tapi memang iya sih, selalu ada cerita di antara kita teman-teman sekolah waktu kita bareng-bareng. Mulai dari bolos bareng, ngomongin guru bareng, sampe ngerjain PR bareng di kelas bahkan nggak ketinggalan cerita-cerita cinta di sekolah. Terlalu banyak cerita tentang aku, kamu, kita dan sekolah.

3. Sebuah Kisah Klasik - Sheila On 7

https://www.youtube.com/embed/WKsoUFblnfc

Sampai Jumpa kawanku 
Semoga kita selalu 
Menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan

Percaya deh, ketika suatu saat nanti kita yang sekarang terpisah ini dewasa, lalu kita ketemu lagi. Kisah kita di masa-masa sekolah dulu akan jadi bahan cerita dan obrolan yang nggak ada habisnya. Cerita kita sekarang akan tetap menjadi sebuah cerita yang indah di masa depan nanti hingga membuat kita merindukan masa-masa itu lagi.

4. Terlalu Manis - Slank

https://www.youtube.com/embed/9ie7jxgsasw

Terlalu manis untuk dilupakan 
Kenangan yang indah bersamamu 
Tinggallah mimpi...

Ingat di saat ada satu teman di kelas ambil gitar dan mulai nyanyi sampai seluruh kelas ikutan nyanyi. Belajar gitar pertama kali juga di kelas gara-gara sering kumpul bareng temen yang anak band. Si anak-anak cewek yang tiba-tiba serius belajar gitar buat ujian praktek seni musik dan pilih lagu dengan chord yang paling gampang.

Kenangan yang kayak gini, yang susah dilupakan dan akhirnya jadi sebuah mimpi untuk bisa diulang lagi. Jadi jangan lupain gitu aja semua hal yang pernah dilakuin bareng-bareng selama di sekolah.

5. Gajah - Tulus

https://www.youtube.com/embed/I-el8UadDc4

Dalam setiap pertemanan, ada satu hal yang pasti akan terus diingat yaitu nama julukan. Mungkin kalian bisa memanggil seorang teman "Gajah" karena dia gendut, atau panggil dia "Emak" karena dia kayak emak-emak kelakuannya. 

Perpisahan bisa membuat kalian berpisah dengan teman-teman kalian tapi tidak akan pernah membuat kalian lupa dengan panggilan absurd itu. Seaneh apapun panggilan itu, ingatlah seorang teman yang baik akan tetap mendoakan yang terbaik untuk temannya dan akan menolong ketika temannya terjatuh. Perpisahan boleh terjadi tapi tetap ingat temanmu.

6. Ingatlah Hari Ini - Project Pop

https://www.youtube.com/embed/EVrS-4tgvyM

Jika tua nanti 
Kita tlah hidup masing-masing 
Ingatlah hari ini...

Hari ini memang kita pisah, tapi kalau nanti kita sudah tua semua. Ingat hari ini dan hari-hari di mana kita pernah hidup dan berjuang bareng-bareng. Ketawa dan nangis bareng-bareng. Bandel dan ledek-ledekan bareng-bareng. Dan terakhir masuk BP bareng-bareng.

7. I Remember - Mocca

https://www.youtube.com/embed/Fr9axjdTCzQ

Meskipun hari ini berpisah, ingatan masa-masa sekolah nggak akan pernah hilang. Ingat terus setiap cerita, tawa, dan tangis yang kita bagi serta setiap janji yang pernah kita buat.

8. Monokrom - Tulus

https://www.youtube.com/embed/QqJ-Vp8mvbk

Perpisahan memang sedih, tapi jangan lupa ucapkan terima kasih untuk semua orang yang hadir dalam masa sekolahmu. Mulai dari guru-guru, teman, sahabat, pacar, mantan pacar sampai ibu kantin yang sering kalian hutangi. Alasannya karena mereka telah melukis hidupmu dengan warnanya masing-masing.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "8 Lagu Perpisahan yang Bikin Moment Perpisahan Sekolahmu Unforgetable"

Baca Juga: 10 Lagu Populer Ini Sering Banget Jadi Soundtrack FTV