Jika sebelum era pandemi, tidak banyak orang yang memerhatikan halaman rumahnya, berkat lebih banyak menmghabiskan waktu di rumah, maka berkebun menjadi hobi baru yang diminati. 

Semakin banyak pula orang mulai belajar mengenai jenis tanaman, cara merawat, mana yang bisa diolah menjadi bahan pangan, atau sekadar hiasan.

Nah, bagi pemula, tahu nggak, kalau tidak semua tanaman tahan terhadap panas? Sebelum kamu ingin meletakkannya di area outdoor, perhatikan juga jenis dan sifat tanamannya, ya!

Biar tak salah pilih, inilah jenis tanaman hias outdoor yang tahan terhadap panas matahari.

1. Kaktus

Kebal Sinar Matahari, Inilah Tanaman Outdoor Tahan Panasinstagram.com/ rositajalanjalan

Sebagian besar spesies kaktus berasal dari Amerika Utara, Selatan, dan Tengah, yang kemudian diimpor ke berbagai negara. Karena memiliki sifat bisa meyimpan cadangan air di batangnya yang berlapis lilin, kaktus bisa mempunyai cadangan makanan yang banyak.

Ada banyak jenis kaktus yang bisa kamu letakkan di outdoor karena perawatannya yang mudah dan hanya perlu penyiraman dua kali sebulan.

2. Bunga Euphorbia

Kebal Sinar Matahari, Inilah Tanaman Outdoor Tahan Panasinstagram.com/ rossyrsc

Bunga Euphorbia mempunyai beragam warna; dari merah, jingga hingga kuning. Tanaman hias outdoor ini bisa ditaruh langsung di bawah sinar matahari. Ia memiliki batang yang berduri dan daun berbentuk oval. Nggak hanya itu, Bunga Euphorbia bisa tumbuh tinggi dan membesar.

3. Lili Paris

Kebal Sinar Matahari, Inilah Tanaman Outdoor Tahan Panasinstagram.com/ evi_umqismina

Lili Paris merupakan tanaman yang familiar di semua tempat. Warnanya cukup khas, yaitu hijau dan putih di bagian dalamnya. Tanaman hias outdoor tahan panas dan cuaca dingin ini bisa kamu letakkan di pot datar, digantung, ditanam mengelilingi taman, ataupun ditaruh di rak tanaman hias.

Lili Paris dapat tumbuh rimbun dan sangat mudah untuk dikembangbiakkan.

4. Lidah Mertua / Sansiviera

Kebal Sinar Matahari, Inilah Tanaman Outdoor Tahan Panasinstagram.com/ rositajalanjalan

Lidah mertua merupakan jenis tanaman hias outdoor tahan panas dan juga dingin, mulai dari 4 hingga 37 derajat Celcius. Bisa kamu tanam dalam pot ataupun di taman rumahmu.

Nggak hanya berfungsi untuk tanaman hias, ragam lidah mertua juga berfungsi untuk menyerap polusi, bau, juga kotoran yang ada di udara sekitar. Kerennya, tanaman ini juga dapat memproduksi oksigen, sehingga juga bermanfaat jika diletakkan di dalam rumah.

5. Bougenville

Kebal Sinar Matahari, Inilah Tanaman Outdoor Tahan Panasinstagram.com/ kiyotaka_kitajima_photo

Bougenville atau yang sering disebut bunga kertas memiliki berbagai macam varian warna, mulai dari pink, ungu, kuning hingga jingga. Selain perawatannya mudah, bougenville juga bisa tumbuh merambat pada pagar rumahmu.

Tetapi tetap hati-hati, ya, Bela, bougenville memiliki batang berduri yang bisa melukaimu.

6. Bunga Kamboja

Kebal Sinar Matahari, Inilah Tanaman Outdoor Tahan Panasinstagram.com/ rositajalanjalan

Mungkin bunga kamboja sering kamu jumpai di Bali, atau justru di tempat pemakaman umum (TPU). Tetapi, hal ini bukan berarti kamboja menjadi tanaman mistis, ya. Banyak bunga kamboja yang digunakan menjadi tanaman hias di rumah ataupun taman.

Tanaman hias outdoor  tahan panas ini memiliki warna yang indah mulai dari kuning, putih hingga merah. Bunga kamboja juga dikenal sebagai tanaman yang cepat untuk tumbuh.

7. Palem Hias

Kebal Sinar Matahari, Inilah Tanaman Outdoor Tahan Panasinstagram.com/ nanemnanem

Palem hias merupakan tanaman yang rimbun, namun bukan pohon palem yang bisa tinggi besar, ya.

Tanaman palem hias ini dapat ditanam di pot ataupun langsung di media tanah. Kamu pun nggak perlu memberi perawatan khusus, hanya memastikan tanaman ini mendapatkan asupan air yang cukup dan sinar matahari.

Nah, apakah tanaman hias yang kamu letakkan di ruang outdoor sudah benar, Bela?

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Rambat untuk Menghiasi Pagar Rumah

Baca Juga: Paling Tren di Tahun 2020, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Indoor Terfavorit

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Perdu Hias yang Percantik Rumah