Jika melihat serial drama Korea, pasti kamu akan terkesima dengan desain ruangan mereka. Kamar-kamar di dalam drama Korea kebanyakan menggunakan lantai kayu. Sebab, jika menggunakan material ini, ruangan akan terasa lebih homey, hangat dan nyaman. 

Kekurangan dari lantai kayu parket adalah mudah lapuk dan berjamur jika tidak dirawat dengan benar. Apabila sudah berjamur, maka umur lantai kayu parket akan lebih pendek dan mudah rusak.

Supaya umur lantai kayu parketmu lebih panjang dan awet, simak tips merawatnya berikut ini.

1. Bersihkan secara rutin

Supaya Tahan Lama, ini 7 Tips Merawat Lantai Kayu ParketUnsplash.com/Glauber Sampaio

Bukan hanya lantai kayu, lantai dengan material apapun juga wajib dijaga kebersihannya. Jangan biarkan debu menempel terlalu lama karena akan sulit membersihkannya kelak. Kamu disarankan untuk menyapu lantai kayu menggunakan sapu berbulu lembut setiap hari untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Atau jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner.

2. Hindari mengepel lantai kayu

Supaya Tahan Lama, ini 7 Tips Merawat Lantai Kayu ParketUnsplash.com/Darren Richardson

Inilah salah satu tantangan menggunakan lantai kayu, Bela. Kamu harus menjaganya agar selalu kering dan tidak lembap. Apabila kamu mengepel lantai kayu parket dan tidak segera mengeringkannya, kelembapan ini bisa menyebabkan perbedaan tekanan drastis. Efeknya, sendi pada lantai kayu akan lepas dan lantai akan berbunyi saat diinjak.

Maka dari itu, usahakan untuk tidak mengepel lantai kayu parket. Apabila tak sengaja terkena tumpahan air, segera keringkan. Sebab, jika basah terlalu lama, lantai kayu akan mudah lapuk.

3. Pasang karpet di atas lantai kayu parket

Supaya Tahan Lama, ini 7 Tips Merawat Lantai Kayu ParketUnsplash.com/Daniil Silantev

Selanjutnya, jika kamu menggunakan lantai kayu parket, disarankan untuk meletakan karpet di atasnya. Alasannya, penggunaan karpet ini dapat meminimalkan kecacatan atau goresan pada permukaan lantai.

Untuk memasang karpet di atas lantai kayu parket, pilih karpet dengan lapisan yang tidak licin. Sehingga, saat diinjak tidak bergeser dan menyebabkan orang yang melewatinya terjatuh. 

4. Pindahkan perabotan secara berkala

Supaya Tahan Lama, ini 7 Tips Merawat Lantai Kayu ParketUnsplash.com/Michael

Apakah rumahmu selalu mendapatkan sinar matahari yang intens? Jika iya, kamu perlu usaha ekstra agar lantai kayu parketmu bisa lebih awet. Sebab, kondisi iklim yang tropis dan cahaya matahari dapat memudarkan warna kayu parket. Supaya warnanya tidak belang, kamu wajib memindahkan perabotan di atasnya secara berkala minimal 6 bulan sekali.

Jangan menggeser atau mendorong perabotan saat memindahkannya. Sebab, hal ini bisa membuat lantai kayu tergores. Kamu juga bisa melakukan steam agar warna pada lantai kayu tidak pudar.

5. Jangan biarkan lantai kayu parket lembap

Supaya Tahan Lama, ini 7 Tips Merawat Lantai Kayu ParketUnsplash.com/Jean Philippe

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, kita wajib menjaga agar lantai kayu parket tetap kering. Sebab, jika basah dan lembap, lantai akan berbunyi saat diinjak, mengundang munculnya rayap dan jamur, serta mudah lapuk.

Maka dari itu, usahakan untuk menjaga lantai kayu agar tidak lembap. Keringkan segera jika lantai kayu basah dan jika memungkinkan gunakan cairan anti-rayap agar kayu aman dari serangan rayap.

6. Bersihkan lantai kayu menggunakan lemon

Supaya Tahan Lama, ini 7 Tips Merawat Lantai Kayu ParketUnsplash.com/Sven Brandsma

Tak hanya segar dijadikan bahan minuman, lemon ternyata juga ampuh mempertahankan kilau alami lantai kayu parket. Caranya, gosokan air perasan lemon pada lantai kayu. Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan menggunakan lap kering. Kandungan asam pada lemon ternyata ampuh mengembalikan kilau lantai kayu.

7. Rutin memoles lantai dengan cairan khusus

Supaya Tahan Lama, ini 7 Tips Merawat Lantai Kayu ParketUnsplash.com/Mitch Moondae

Terakhir dan tak kalah penting adalah menjaga kilau lantai kayu parket dengan rutin memolesnya menggunakan cairan khusus. Kamu bisa memolesnya seminggu sekali untuk memastikan lantai kayu parket tetap bersih dan warnanya tidak belang-belang.

Itulah tadi cara menjaga lantai kayu parket agar tahan lama. Semoga artikel ini membantumu, ya!

Baca Juga: Tetap Bersih! Ini 5 Cara Merawat Lantai Keramik yang Benar

Baca Juga: Inspirasi Design Lantai untuk Rumah Indahmu!

Baca Juga: 15 Inspirasi Desain Karpet Lantai