Peran para pahlawan dan tokoh Nasional Indonesia sangatlah besar bagi kemajuan suatu bangsa. Berkat jasa-jasa beliau, kini Indonesia dapat merasakan kemerdekaan seperti bangsa lainnya. Atas jasa-jasanya tersebut, wajar jika kita patut meneladani sifat-sifat yang dimiliki oleh pahlawan.

Tak hanya itu, kisah-kisah hidup pahlawan juga banyak diabadikan di beragam media, seperti foto, buku, rekaman hingga film, agar tidak ada yang melupakan sosok bersejarah tersebut. Film menjadi salah satu media yang pas dan tepat untuk mengenalkan kembali pahlawan dan mengenang jasa mereka. Berikut deretan seleb yang pernah memerankan tokoh nasional Indonesia dan bangga bisa ikut terlibat di dalam film itu. Siapa saja ya?

1. Dian Sastrowardoyo sebagai R.A Kartini

Tak Lupa Sejarah, 5 Seleb Ini Bangga Perankan Tokoh Nasional IndonesiaDok. Internet

Dian Sastrowardoyo dipercaya untuk memerankan sosok Ibu Kartini. Dalam film bertajuk Kartini, Dian terpilih karena sosoknya yang pintar, berbakat, dan juga concern dengan isu-isu perempuan. Menurut Hanung Bramantyo, sutradara dari film Kartini, menyebutkan bahwa Dian merupakan sosok yang pas untuk memerankan tokoh yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah ini.

2. Reza Rahadian sebagai BJ Habibie

Tak Lupa Sejarah, 5 Seleb Ini Bangga Perankan Tokoh Nasional IndonesiaDok. Internet

Kemampuan akting aktor yang berusia 30 tahun ini memang sudah tidak diragukan lagi, Bela. Berbagai peran telah dirasakan olehnya. Namun, perannya sebagai Presiden Ketiga Republik Indonesia ini memang sangat membekas di benak penonton. Reza Rahadian memang total dalam memerankan perannya ini. Bahkan, dirinya sering berdiskusi langsung dengan B.J Habibie untuk mendalami perannya tersebut. Tak heran, jika banyak yang mengatakan bahwa ia sangat mirip dengan Habibie, terutama dalam hal gaya bicaranya.

Karena suksesnya film tersebut, Reza didaulat kembali untuk memerankan sosok Habibie muda dalam film berjudul Rudy Habibie. Selain sosok Habibie, Reza juga pernah memerankan tokoh nasional lainnya, yaitu H.O.S Cokroaminoto.

3. Ario Bayu sebagai Ir. Soekarno

Tak Lupa Sejarah, 5 Seleb Ini Bangga Perankan Tokoh Nasional IndonesiaDok. Internet

Sosok Ario Bayu yang tegas berhasil membuatnya mendapat peran sebagai Soekarno, mengalahkan pesaingnya waktu itu Anjasmara dan Darius Sinathrya. Meski telah tayang pada tahun 2013 lalu, film ini sempat mendapatkan banyak kritikan tajam, bahkan dari keluarga besar Soekarno sendiri. Salah satu anggota keluarga Soekarno yang memprotes adalah Guruh Soekarnoputra. Menurut Guruh, Ario tidak cocok memerankan sosok Soekarno bahkan ia berbeda 180 derajat dari sosok Presiden Indonesia Pertama tersebut. Menurutmu bagaimana, Bela?

4. Adipati Dolken sebagai Jendral Soedirman

Tak Lupa Sejarah, 5 Seleb Ini Bangga Perankan Tokoh Nasional Indonesia

pinterest.com

Sama seperti Ario Bayu, Adipati Dolken juga mendapatkan banyak kritikan ketika memerankan sosok Jenderal Soedirman. Banyak yang menilai bahwa Adipati sangatlah berbeda dengan Jenderal Soedirman. Meski mendapat banyak kritik, Adipati nggak terlalu memikirkan hal tersebut. Bahkan ia menganggapnya sebagai pacuan untuk memerankan tokoh nasional tersebut dengan sebaik-baiknya.

5. Lukman Sardi sebagai K.H Ahmad Dahlan

Tak Lupa Sejarah, 5 Seleb Ini Bangga Perankan Tokoh Nasional IndonesiaDok. Internet

Terakhir ada Lukman Sardi yang dipercaya untuk memerankan K.H. Ahmad Dahlan dalam film biografinya yang berjudul Sang Pencerah. Meski sempat menjadi kontroversi karena Lukman berpindah keyakinan saat film tersebut tayang, namun Lukman terbilang total memerankan tokoh besar tersebut.

BACA JUGA: Kamu Bisa Jadi Sosok yang Menginspirasi dengan Cara Mudah Ini​