Tanpa terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Di bulan yang penuh berkah ini umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Ibadah ini seperti diriwayatkan dalam surat Al Baqarah ayat 185 berikut ini.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya: "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka berpuasalah." (QS. Al Baqarah: 185).

Meskipun sudah sangat dekat, menjelang bulan Ramadan kamu masih bisa menjalankan beberapa amalan untuk memperkaya lagi bekal menjelang bulan kemuliaan ini. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Melakukan puasa qadha atau membayar utang puasa

Sambut dengan Sukacita, ini 7 Amalan Menjelang Bulan RamadanUnsplash.com/Rauf Alvi

Jika di tahun lalu puasa Ramadan kamu masih banyak yang bolong karena berbagai alasan, mungkin karena menstruasi atau sakit, maka kamu wajib menggantinya dengan puasa di hari lain sebelum Ramadan tahun depan tiba. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 184 berikut ini.

أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُ ۚ وَأَن تَصُومُوا خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ  

Artinya: "(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain."

Maka dari itu, sebelum Ramadan tiba, alangkah baiknya kita menjalani puasa qadha untuk membayar utang puasa. Sehingga, saat kamu menjalani puasa Ramadan berikutnya dapat lebih tenang tanpa beban utang puasa.

2. Puasa sunnah di bulan Sya'ban

Sambut dengan Sukacita, ini 7 Amalan Menjelang Bulan RamadanPexels.com/Pixabay

Bulan Sya'ban merupakan satu bulan sebelum Ramadan. Di bulan ini, kita dianjurkan untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan Ramadan. Misalnya, membayar puasa yang bolong di tahun lalu atau berpuasa sunnah. 

Kamu bisa berpuasa sepanjang bulan Sya'ban. Namun, ada beberapa hari yang memiliki pahala lebih. Yakni, pada pertengahan bulan atau ayyamul bidh (setiap tanggal 15, 16, 17), dan puasa Senin-Kamis.

3. Ziarah kubur

Sambut dengan Sukacita, ini 7 Amalan Menjelang Bulan RamadanPexels.com/Ivan Samkov

Biasanya dua minggu sebelum Ramadan tiba, banyak umat Islam yang datang ke pemakaman untuk berziarah. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi umat Islam, meski beberapa ulama mengatakan bahwa tidak ada dalil yang mengharuskan untuk mengerjakannya.

Meskipun begitu, datang ziarah kubur juga bisa kita lakukan sebagai salah satu amalan untuk menyambut bulan Ramadan. Selain mendoakan keluarga dan kerabat yang sudah lebih dulu berpulang, ziarah kubur juga sebagai pengingat kita akan kematian.

4. Memperbanyak membaca Alquran

Sambut dengan Sukacita, ini 7 Amalan Menjelang Bulan RamadanPexels.com/Ali Burhan

Saat Ramadan nanti, membaca Alquran adalah kegiatan yang wajib kita lakukan. Sebab, saat Ramadan, Allah SWT berjanji memberikan 10 pahala untuk satu huruf yang kita baca dalam Alquran. Maka dari itu, agar kita terbiasa membaca Alquran di bulan Ramadan nanti, kita bisa memulainya dengan membaca Alquran sejak sebelum Ramadan.

5. Berdoa agar dipertemukan dengan Ramadan

Sambut dengan Sukacita, ini 7 Amalan Menjelang Bulan RamadanPexels.com/Rodnae Production

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah yang dirindukan oleh semua umat Islam di seluruh dunia. Di bulan ini, Allah SWT menutup pintu neraka dan membuka pintu surga. Sehingga, semua ibadah dan kebaikan yang kita kerjakan mendapat pahala yang berlipat ganda. 

Maka dari itu, umat Islam selalu berdoa agar usia mereka sampai pada bulan Ramadan. Sebab, usia seseorang tidak ada yang tahu. Kita hanya bisa berdoa agar Allah SWT bisa mempertemukan kita dengan Ramadan.

6. Meminta maaf, terutama kepada keluarga

Sambut dengan Sukacita, ini 7 Amalan Menjelang Bulan RamadanPexels.com/Mentatdgt

Sebenarnya meminta maaf saat berbuat salah tidaklah perlu menunggu Ramadan. Akan lebih baik jika kita langsung meminta maaf saat berbuat salah agar tidak menumpuk dosa dan kita tidak tahu kapan ajal menjemput sebelum kita meminta maaf.

Apabila sebelum Ramadan ini kita melakukan kesalahan, alangkah baiknya untuk langsung meminta maaf tanpa harus menunggu momen Ramadan. 

7. Memperbaiki niat sebelum Ramadan

Sambut dengan Sukacita, ini 7 Amalan Menjelang Bulan RamadanUnsplash.com/Andri Helmansyah

Menata dan memperbaiki niat menyambutnya datang Ramadan juga menjadi salah satu amalan yang bisa kita lakukan. Hati yang suka cita dengan mengharap keberkahan dari Allah SWT bisa kita tanamkan sebelum Ramadan datang. Sehingga, saat Ramadan tiba, kita akan dengan senang hati menjalankannya.

Itulah tadi amalan menjelang Ramadan yang bisa kita lakukan. Semoga Allah SWT menyampaikan usia kita hingga bulan yang penuh berkas ini.

Baca Juga: Menyambut Ramadan, Ini Doa Awal Puasa, Hukum & Niat Berpuasa

Baca Juga: Jangan Terlewat, Ini 4 Amalan Terbaik di 10 Hari Terakhir Ramadan

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ikan Paling Enak dan Sedap untuk Menu Sahur