Ada rencana liburan kemana akhir tahun ini, Bela? Kalau kamu nggak merencanakan liburan yang terlalu jauh, Surabaya bisa menjadi kota pilihanmu menghabiskan akhir tahun ini. Selain lokasinya yang dekat dan merupakan salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya juga punya lokasi wisata hits yang nggak kalah dengan kota lainnya. Di mana saja ya?

1. Hutan Mangrove Wonorejo

5 Lokasi Wisata Hits di Surabaya yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/g_santimatilda

Buat yang suka wisata alam pas banget nih untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini. Hutan Mangrove yang ada di daerah Wonorejo ini tawarkan keindahan alami yang luar biasa. Ada dua cara untuk menikmati keindahan Hitan Mangrove ini Bela. Kamu bisa berjalan di atas jembatan bambu yang membentang atau menaiki perahu untuk menyusuri sungainya.

Hutan Mangrove Wonorejo ini sendiri berlokasi di Jalan Raya Wonorejono No. 1, Rungkut, Surabaya. Dengan biaya masuk cukup murah yaitu Rp2.000-5.000. Dan kalau ingin menjelajah dengan perahu hanya dibanderol Rp25.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak.

2. Pantai Ria Kenjeran Surabaya

5 Lokasi Wisata Hits di Surabaya yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/pojoksuroboyo

Pemandangan indah yang dimiliki oleh Pantai Ria Kenjeran membuat lokasi wisata ini menjadi salah satu lokasi hits di Surabaya. Lokasinya yang berjarak kurang lebih 9 km dari pusat Kota Surabaya membuatnya cocok dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Buat yang belum tahu, lokasi Pantai Ria Kenjeran ini berada di Jalan Sukolilo No. 100, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya. Biaya masuk ke pantai ini masih terbilang murah. Hanya perlu merogoh kocek Rp15.000 per orang, lalu Rp8.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

3. Dipo Lokomotif Sidotopo

5 Lokasi Wisata Hits di Surabaya yang Wajib Kamu Kunjungiredio.in

Dipo Lokomotif Sidotopo sebenarnya memang 'tempat sampah' bagi bangkai gerbong kereta yang sudah tidak berfungsi lagi. Namun, lokasi yang satu ini sedang hits di kalangan remaja Surabaya karena pemandangannya yang instagrammable banget. Hindari untuk mengunjungi lokasi ini di akhir minggu karena bakalan ramai banget dan sulit mencari spot foto yang sepi dan oke.

4. Hutan Bambu Keputih

5 Lokasi Wisata Hits di Surabaya yang Wajib Kamu Kunjungidakatour.com
 

Hutan Bambu yang berlokasi di Terminal Keputih, Jalan Keputih Tegal, Sukolilo ini awalnya merupakan tempat pembuangan sampah yang bau. Namun, setelah lokasi pembuangan sampah dipindah ke daerah Benowo, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini menjadikan lokasi ini lebih hijau dengan menanam beragam tanaman. Kini Hutan Bambu Keputih menjadi lokasi yang asri dan instagrammable banget.

5. House of Sampoerna

5 Lokasi Wisata Hits di Surabaya yang Wajib Kamu Kunjungimaupiknik.com/Viranita Dewi
 
Yang terakhir ada House of Sampoerna yang letaknya di kawasan Surabaya Lama. Salah satu yang menariknya dari kawasan ini adalah bangunan gaya kolonial Belanda yang dibangun tahun1862 dan merupakan sebuah situs sejarah. Pada awalnya tempat ini merupakan panti asuhan anak laki-laki yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Namun, di tahun 1932 Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna yang membeli kompleks ini dan menjadikannya pabrik rokok Sampoerna pertama. Meski sampai saat ini kompleks ini masih sebagai pabrik untuk produksi rokok, namun banyak warga yang datang hanya untuk sekadar berfoto di gedung keren ini.
Berminat liburan ke Surabaya, Bela?

BACA JUGA: Dilihat Dari Zodiak, Tempat Liburan Mana yang Cocok Untukmu?