Kota yang terdapat di Pulau Kalimantan ini memang menjadi salah satu kota terpadat di luar Jawa. Potensi objek wisata serta kekayaan alam di kota ini pun cukup kuat. Nggak heran kalau banyak wisatawan yang berkunjung ke kota satu ini.

Bukan hanya potensi wisatanya yang bisa dinikmati, Banjarmasin juga memiliki sajian kuliner yang lezat dan beragam. Apa saja ya kuliner khas Banjarmasin yang bisa kita coba? Keep scrolling Bela!

1. Sop Mutiara

Kuliner Banjarmasin yang Unik dan Wajib DinikmatiCookpad.com

Kuliner unik yang pertama ada Sop Mutiara. Dinamakan mutiara karena sop ini disajikan dengan bakso kecil-kecil layaknya mutiara. Baksonya sendiri terbuat dari daging ayam giling yang dicampur dengan kentang dan bawang putih halus. Teksturnya lembut namun tak selembut bakso ikan. Rasa sop mutiara ini gurih karena adanya perpaduan dari susu, tumbukan bawang merah dan pala. Sop mutiara ini biasa hadir pada saat perayaan imlek dan di acara-acara besar seperti ulang tahun dan pernikahan.

2. Sambal Acan

Kuliner Banjarmasin yang Unik dan Wajib Dinikmatimasakandapurku.com

Sambal acan merupakan sambal khas tradisional Banjarmasin. Yang membedakan sambal ini dengan sambal lainnya adalah karena sambal yang satu ini dicampurkan dengan buah-buahan seperti gandaria, mangga asam, terong asam, binjai, dan limau wangkang, sehingga rasanya sangat segar.

3. Sate Tulang

Kuliner Banjarmasin yang Unik dan Wajib DinikmatiDok. Internet

Kalau di Yogyakarta ada sate kuda, maka sate khas Banjarmasin yang paling terkenal adalah sate tulang. Meski namanya sate tulang, bukan berarti sate ini terbuat dari tulang, Bela. Sate tulang memanfaatkan bagian ayam yang jarang digunakan, seperti leher, kulit dan lemak ayam. Semua bagian tersebut kemudian ditusuk menggunakan tusuk sate, dibakar, dan diberi bumbu habang. Penasaran nggak sih sama rasanya?

4. Itik Panggang

Kuliner Banjarmasin yang Unik dan Wajib Dinikmatimasakandapurku.com

Unggas yang satu ini merupakan hewan ternak unggulan di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Sebelum dipanggang, itik akan direbus terlebih dahulu hingga empuk dan beraroma gurih. Kemudian, itik akan diberi bumbu berupa campuran gula merah dan gula pasir. Setelah itu, baru itik dipanggang hingga matang dan disajikan bersama sambal. Bikin ngiler ya!

5. Ikan Seluang Goreng

Kuliner Banjarmasin yang Unik dan Wajib DinikmatiDok. Internet

Jika di Jakarta kita sering menemukan ikan teri sebagai lauk untuk makan, Banjarmasin punya ikan seluang. Ikan berbentuk kecil-kecil ini banyak ditemukan di sungai di Banjarmasin dan merupakan ikan favorit warga Banjarmasin. Biasanya ikan seluang digoreng setelah sebelumnya dibalur tepung terlebih dulu. Tak hanya sebagai lauk, kini ikan seluang goreng juga dijadikan camilan dan bahkan menjadi oleh-oleh khas Banjarmasin.

6. Ikan Patin Gangan Asam

Kuliner Banjarmasin yang Unik dan Wajib DinikmatiDok. Internet

Makanan khas Banjarmasin dengan bahan dasar ikan lainnya yang cukup terkenal yakni ikan patin gangan asam. Berbahan dasar ikan patin, sayur yang satu ini memiliki kuah yang berlemak. Biasanya ikan patin gangan asam disajikan bersama dengan sambal acan, sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang pedas dan segar.

7. Bingka

Kuliner Banjarmasin yang Unik dan Wajib DinikmatiDok. Internet

Yang terakhir ada kue populer dari banjar yaitu bingka. Dulu, kue bingka hanya bisa didapatkan saat bulan puasa. Kini, bingka dapat ditemukan di setiap pusat oleh-oleh di Banjarmasin. Rasanya yang lembut dan legit membuat siapa saja ketagihan Bela. Kalau ke Banjarmasin jangan lupa beli oleh-oleh ini ya!

Kapan kamu berkunjung ke Banjarmasin dan mencicipi kulinernya, Bela?

BACA JUGA: Rainbow Food, Makanan yang Instagramable dan Sayang untuk Dimakan