Semenjak pandemi melanda, bukan hanya tanaman hias saja yang naik daun, hewan peliharaan juga ikut hits. Sebab, memiliki hewan peliharaan dapat membantu kita mengurangi stres karena terlalu lama terkungkung di dalam rumah.

Ikan cupang menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati. Namun, kini cupang punya pesaing, yakni ikan mas komet. Disebut komet karena ikan mas jenis ini memiliki buntut yang cukup panjang dan berkibar layaknya komet.

Ingin memelihara ikan jenis ini? Simak beragam jenis ikan mas komet dan tips merawatnya berikut ini.

Jenis-jenis ikan mas komet

Ikan mas komet merupakan ikan mas koki tertua yang ditemukan di kawasan Amerika Serikat sekitar tahun 1800-an. Pada mulanya, ikan mas komet dipelihara di kolam terbuka. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan keterbatasan lahan, ikan mas komet akhirnya dipelihara di dalam akuarium.

Ikan mas komet kerap dikawin silang dengan ikan mas koki jenis lainnya. Hasil dari perkawinan silang itu menghadirkan jenis ikan mas komet yang lebih unik dan cantik. Berikut jenis ikan mas komet yang banyak ditemukan dan bisa kamu pelihara.

1. Ikan Mas Komet Sara

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips MerawatnyaHewany.com

Warna dari Ikan Mas Komet Sara ini sangat Indonesia. Didominasi putih pada sisiknya, Ikan Mas Komet Sara memiliki belang berwarna merah yang kontras. Ekor dan siripnya yang memanjang menambah cantik Ikan Mas Komet Sara saat berenang.

2. Ikan Mas Komet Slayer

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips Merawatnyatedas.id

Kalau Ikan Mas Komet Sara memiliki warna merah hanya pada bagian punggungnya, Ikan Mas Komet Slayer berwarna merah di bagian punggung dan bawahnya. Dengan corak sirip putih kemerah-merahan, ikan mas komet jenis ini dijamin akan membuat cantik akuariummu.

3. Ikan Mas Komet Yellow

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips MerawatnyaDigstraksi.com

Sesuai dengan namanya, Ikan Mas Komet Yellow berwarna kuning di seluruh bagian tubuhnya. Namun, pada bagian sirip dan ekornya yang panjang tidak hanya berwarna kuning. Melainkan berwarna kuning hingga transparan yang membuat Ikan Mas Komet Yellow terlihat bercahaya.

4. Ikan Mas Komet Hitam

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips MerawatnyaHewany.com

Sama seperti Ikan Mas Komet Yellow, Ikan Mas Komet Hitam memiliki tubuh hitam yang merata di seluruh bagiannya. Bahkan siripnya pun hitam juga. Hal inilah yang membuat Ikan Mas Komet Hitam terlihat eksotis. Ikan Mas Komet Hitam termasuk langka. Jika ada pun, harganya sangat mahal dibandingkan jenis lainnya.

5. Ikan Mas Komet Hitam Putih

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips MerawatnyaHewany.com

Meskipun namanya Ikan Mas Komet Hitam Putih, namun pada bagian matanya terdapat sedikit warna oranye. Corak itulah yang membuat Ikan Mas Komet Hitam Putih menjadi unik dan beda dibandingkan dengan yang lainnya.

6. Ikan Mas Komet Tancho

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips MerawatnyaDok. Internet

Kalau Ikan Mas Komet Tancho merupakan ikan mas jenis albino. Warnanya tidak setegas jenis ikan mas lainnya. Namun, itulah yang membuat Ikan Mas Komet Tancho terlihat sangat cantik. Biasanya, Ikan Mas Komet Tancho akan berwarna kemerahan atau oranye di bagian kepalanya.

7. Ikan Mas Komet Pancawarna

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips Merawatnyametroworld.id

Ikan Mas Komet Pancawarna memiliki warna lebih dari dua. Biasanya perpaduan antara oranye dengan hitam dan merah, atau merah dengan putih dan hitam. Perpaduan warna ini terjadi disebabkan oleh perkawinan silang antara dua jenis ikan mas komet.

8. Ikan Mas Komet Harimau

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips MerawatnyaAquapedia.id

Masih ingat dengan warna harimau, dong? Yup, harimau belang berwarna belang-belang oranye dan hitam. Dikatakan Ikan Mas Komet Harimau karena corak dan warnanya yang sangat menyerupai harimau. Cantik, ya?

Bagaimana, Bela? Ikan mas komet nggak kalah cantik, kan, dengan ikan cupang yang saat ini sedang banyak digemari? Kamu bisa mulai mengoleksinya, nih, karena masih banyak yang belum memiliki ikan mas komet ini.

Cara merawat ikan mas komet

Semakin tertarik untuk memeliharanya di rumah? Simak, yuk, cara merawat ikan mas komet di rumah. Nggak sulit, kok. Kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini.

1. Pilih ukuran akuarium yang pas

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips Merawatnyawikipedia.org

Pertama, yang harus kamu perhatikan adalah ukuran akuarium. Pilih ukuran akuarium yang tepat agar ikan merasa nyaman berada di dalamnya. Sesuaikan pula ukuran akuarium dengan jumlah ikan yang ingin diletakan. Jangan terlalu banyak karena akan mempersempit ruang gerak ikan. Selain itu, jika ikan terlalu bertumpuk, kita tidak akan bisa melihat siripnya saat ikan berenang.

Jangan lupa untuk meletakan filter agar air di dalam akuarium tetap terjaga kebersihannya. Tambahkan pula bebatuan dan pasir di dasar akuarium sebagai dekorasi yang mempercantik akuarium.

2. Air yang bebas dari bahan kimia

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips MerawatnyaPexels.com/Pixabay

Setelah akuarium siap, akan lebih baik jika kita tidak terburu-buru untuk meletakan ikan di dalamnya. Isi akuarium setengah dengan air dan endapkan selama semalam. Jika sudah, keesokan harinya, isi air kembali hingga penuh atau sesuai dengan komposisi yang pas dari tinggi akuarium.

Pastikan untuk menggunakan air yang bebas dari bahan kimia. Sebab, air yang bebas bahan kimia akan sangat jernih. Sehingga, kita bisa melihat kepakan sirip ikan saat berenang.

3. Masukan ikan dan bantu ikan beradaptasi

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips MerawatnyaPexels.com/Gabriel P

Selanjutnya, masukan ikan ke dalam akuarium yang sudah siap. Namun, jangan asal langsung memasukan ikan, ya, Bela. Masukan ikan dan plastiknya ke dalam akuarium selama 15 menit agar bisa beradaptasi.

Kemudian, buka plastik dan masukan ikan dengan air di dalam plastik ke dalam akuarium. Dengan begini, ikan akan cepat beradaptasi dengan air akuarium dan tidak stres.

4. Rutin memberikan makan

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips MerawatnyaPexels.com/Elle Hughes

Ikan cukup diberi makan dua hingga tiga kali sehari. Kamu bisa memberikan remah roti tawar, jentik nyamuk, atau bahkan pelet yang mudah ditemukan di berbagai toko hewan peliharaan. Ingat untuk selalu memberikan makan jika makanan yang kamu beri sebelumnya sudah habis. Sebab, jika masih ada sisa makanan di dalam akuarium dan kamu memberikannya makanan baru, ikan tidak akan memakan makanan sisa tersebut. Sisa makanan itu akan membuat air akuarium keruh.

5. Ganti air seminggu sekali

8 Jenis Ikan Mas Komet dan Tips MerawatnyaPexels.com/Elle Hughes

Jangan lupa pula untuk mengganti air akuarium seminggu sekali. Bersihkan juga filter air agar air akuarium selalu jernih. Air yang jernih akan membuat ikan sehat dan bebas stres.

Itulah tadi jenis ikan mas komet dan cara merawatnya dengan mudah. Bagaimana, tertarik memeliharanya nggak, nih?

Baca Juga: Jadi Koleksi, Ini 7 Ikan Cupang Termahal di Indonesia

Baca Juga: 7 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekor dan Siripnya Indah

Baca Juga: Jadi Hiasan Rumah nan Cantik, Ini Cara Membuat Aquascape Sendiri