7 Fenomena Alam Ini Jadi Tanda Kiamat dalam Islam yang Sudah Tampak

Dekatkan diri selalu kepada Allah SWT

7 Fenomena Alam Ini Jadi Tanda Kiamat dalam Islam yang Sudah Tampak

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Sebagai umat Islam, kita wajib percaya kepada datangnya hari kiamat. Hal ini bahkan tercantum dalam rukun iman dan kita pun wajib percaya bahwa pada hari kiamat nanti, kita akan dikumpulkan di padang mahsyar untuk mempertanggung jawabkan perbuatan kita selama di dunia.

Selain Allah SWT, tidak ada yang mengetahui kapan tepatnya hari kiamat akan datang. Namun, berdasarkan firman Allah SWT dalam Alquran dan hadis Nabi Muhammad SAW, kita bisa melihat dan menyaksikan tanda-tanda datangnya hari kiamat tersebut.

Salah satu tanda datangnya hari kiamat adalah melalui fenomena alam yang terjadi di sekitar kita. Apa saja fenomena alam sebagai tanda-tanda kiamat yang sudah tampak? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengeringnya Danau Tiberias

Mengeringnya Danau Tiberias pernah dikisahkan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW. Saat itu, Tamim Ad-Dari menceritakan bahwa ia bertemu dengan dajjal. Lalu dajjal mengatakan bahwa pohon-pohon kurma di Baisan tidak berbuah dan Danau Tiberias perlahan akan mengering. 

Dajjal juga mengatakan, Allah SWT akan membebaskannya dari penjara dan ia akan berjalan di muka bumi. Saat itulah, fitnah dajjal akan menyebar dengan sangat cepat, melebihi kecepatan hujan yang jatuh ke bumi. 

Dari kisah Tamim Ad-Dari tersebut beberapa sudah terjadi, yakni Danau Tiberias di Israel mengalami penyusutan debit air selama beberapa tahun terakhir. Namun, pada Mei 2021 lalu, masyarakat setempat melaporkan bahwa debit air di Danau Tiberias naik beberapa sentimeter. Tentu hal ini menjadi kabar gembira setelah beberapa tahun air di danau itu terus menerus berkurang.

2. Kebun kurma di Baisan tidak lagi berbuah

Masih dari kisah Tamim Ad-Dari, selain mengeringnya Danau Tiberias, salah satu tanda kiamat lainnya adalah kebun kurma di Baisan, Palestina tak lagi berbuah. Dikisahkan, pada masa Nabi Muhammad SAW, Baisan merupakan kawasan yang subur. Setiap pohon kurma yang ditanam di sana menghasilkan buah yang melimpah.

Kini, semenjak konflik yang terjadi di antara Palestina dan Israel, kebun kurma Baisan tak lagi berbuah lebat. Beberapa pohon hancur karena bom yang ditembakan di kawasan tersebut. Sementara itu, pohon yang tersisa pun hanya tumbuh tinggi tanpa menghasilkan buah satu pun.

Selain itu, kini kawasan Baisan tak lagi difungsikan sebagai daerah pertanian seperti dulu. Melainkan diubah menjadi lokasi wisata yang cukup ramai didatangi pelancong.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here