Dewasa ini pemerintah seakan sadar akan bahayanya internet, melalui program Internet Sehat dan Aman atau IINSAN. Program itu merupakan bentuk kerjasama pemerintah dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika Indonesia atau Kemkominfo yang mendorong untuk lebih bijak dalam menggunakan internet secara aman dan sehat. Banyaknya situs tersebut biasanya yang mengandung konten pornografi, perjudian, penipuan, cyberbullying, situs dewasa, dan banyak lagi.

Hal itu juga mendapat dukungan dari regulasi pemerintah seperti Undang-undang No. 11 Tahun 2008 yang berisi tentang informasi dan transaksi elektronik, serta UU No. 25 Tahun 2009. Sejak berlakunya aturan tersebut kamu yang ingij mengakses situs-situs terblokir nantinya akan dialihkan ke halaman Internet Sehat yang berisikan peringatan bahwa website yang kamu tuju adalah website yang mengandung konten negatif yang diblokir pemerintah.

Namun jika kamu bersikeras membuka situs tersebut karena suatu hal karena berbagai alasan, ada cara agar kamu bisa membuka situs tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan VPN. VPN digunakan agar kamu terhubung dengan jaringan internet lainnya (biasanya luar negeri) dan biss mengakses website tersebut karena dengan VPN kamu seolah-olah sedang berada pada jaringan luar negeri sehingga kamu dapat bebas mengakses website yang terblokir tersebut. 

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengakses situs yang diblokir.

Buka situs yang diblokir melalui smartphone

Cara Buka Situs yang Diblokir di SmartphonePopbela.com/Romi Subhan

Cara yang paling mudah untuk dapat membuka situs yang diblokis di smartphone adalah menggunakan VPN. Banyak aplikasi VPN yang sudah tersedia dan bisa kamu unduh.

Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis. Namun tentunya jika kamu menggunakan uangmu untuk memperbarui ke mode VIP kamu bisa mendapatkan lebih banyak server untuk kamu jelajahi. Sebenarnya dengan mode gratis kamu juga sudah mendapat server yang cukup yaitu sebanyak enam buah yang bisa kamu jelajahi. 

Untuk cara menggunakannya sebenarnya sangat mudah karena aplikasi ini memiliki fitur koneksi otomatis ketika kamu membukanya. Untuk lebih jelas berikut caranya beserta gambarnya untuk mempermudah kamu menggunakannya.

Langkah 1: Buka aplikasi VPN Master pada smartphone-mu

Cara Buka Situs yang Diblokir di SmartphonePopbela.com/Romi Subhan

Langkah 2: Ketika aplikasi dibuka, ia akan langsung menghubungkanmu pada free server tercepat

Cara Buka Situs yang Diblokir di SmartphonePopbela.com/Romi Subhan

Langkah 3: Jika bermasalah kamu bisa mencoba mengkoneksikan sendiri dengan mengklik tombol GO

Cara Buka Situs yang Diblokir di SmartphonePopbela.com/Romi Subhan

Langkah 4: Server akan mencoba mengkoneksikan smartphone-mu pada salah satu server otomatis ataupun yang kamu pilih sendiri dari daftar di bawah ini

Cara Buka Situs yang Diblokir di SmartphonePopbela.com/Romi Subhan

Langkah 5: Kamu sudah berhasil terhubung ke salah satu server otomatis atau pilihanmu ketika kata GO berubah menjadi Connected seperti gambar di bawah ini

Cara Buka Situs yang Diblokir di SmartphonePopbela.com/Romi Subhan

Buka situs yang diblokir di PC

Jika kamu seseorang yang lebih suka menjelajah melalui Laptop/Notebook dan PC kamu bisa menggunakan cara yang berikut ini untuk menggunakan VPN pada PC atau Laptopmu. Aplikasi yang populer untuk digunakan di PC adalah TunnelBear VPN.

Aplikasi ini sama mudahnya dengan aplikasi VPN Master di HP. Kamu hanya cukup klik satu tombol pada aplikasi, lalu secara otomatis akan disambungkan ke server terbaik untuk kamu. Namun jika kamu masih bingung berikut ini ada langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan aplikasi VPN di PC.

Langkah 1: Pertama-tama buka aplikasi TunnelBear VPN di PC kamu. Klik tombol tuas VPN yang ada di pojok kiri atas aplikasi seperti gambar di bawah ini

Cara Buka Situs yang Diblokir di Smartphone

Langkah 2: Sama seperti VPN Master Aplikasi Tunnel Bear VPN akan mencari server terbaik yang paling stabil dan cepat untuk jaringan internet kamu

Cara Buka Situs yang Diblokir di Smartphone

Langkah 3: Setelah terhubung kamu akan bisa mengakses situs yang sebelumnya diblokir sebelum menggunakan VPN

Cara Buka Situs yang Diblokir di Smartphone

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Ada Situs yang Diblokir Pemerintah