5 Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya, Umat Islam Wajib Tahu

Sunnah yang bisa mendatangkan pahala

5 Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya, Umat Islam Wajib Tahu

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Setiap umat Muslim pasti mengetahui bahwa lantunan adzan bukan hanya sekadar panggilan shalat. Lebih dari itu, ada pahala yang bisa kita dapatkan dengan mengerjakan amalan sunnah saat adzan. 

Beberapa amalan sunnah saat adzan yang dapat kita lakukan adalah diam dan mendengarkan saat adzan berkumandang, membaca selawat setelah adzan, serta membaca doa setelah adzan.

Jika kamu masih belum tahu bacaan doa setelah adzan subuh, dzuhur, asar, magrib, isya latin beserta artinya, berikut Popbela sudah rangkumkan untuk kamu. Simak, yuk!

1. Bacaan doa selesai adzan

Sesudah adzan selesai dikumandangkan, kita disunnahkan untuk membaca doa berikut ini.

اللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَـامُحَمـَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا المَحْمُودًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

"Allâhumma Rabba hâdzihid-da‘wati at-tâmmati, wash-shalâtil-qâimati, âti sayyidanâ Muhammad al-washilah wal fadlîlah, wad-darajatar rafî’ah wab’atshu maqâman mahmûdan alladzî wa’adtah, innaka lâ tukhliful-mî‘âd."

Artinya: “Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai Dzat Yang Paling Penyayang.”

2. Bacaan doa setelah adzan Maghrib

Sesudah adzan Maghrib dikumandangkan, sama seperti adzan lainnya, kita disunnahkan untuk membaca doa. Namun, doa yang dibaca selepas adzan Maghrib sedikit berbeda dengan doa sebelumnya. Doa tersebut berbunyi sebagai berikut.

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ
  
"Allahumma hadza iqbâlu lailika wa idbâru nahârika wa ashwâtu du’âika faghfir lii."

Artinya: “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.”

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here