Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca Alquran

Supaya afdal dan mendapat pahala dari Allah SWT

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca Alquran

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Membaca Alquran menjadi salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan saat bulan Ramadan. Sebab, Allah SWT menjanjikan pahala sepuluh kebaikan untuk setiap satu huruf yang dibaca. Oleh karena itu, ada baiknya kita rutin membaca Alquran untuk mengisi waktu di bulan Ramadan ini.

Alquran merupakan kalamullah atau yang berarti firman/ perkataan langsung dari Allah SWT. Oleh karena itu, saat membacanya ada adab tertentu yang harus kita lakukan agar mendapat manfaat dan pahala yang maksimal. Apa saja adab membaca Alquran yang wajib diketahui umat Muslim? Simak berikut ini.

1. Berwudhu

Allah SWT sangat menyukai kebersihan. Maka dari itu, sebelum membaca Alquran, hendaknya kita dalam keadaan suci dan sudah berwudhu terlebih dulu. 

Anjuran untuk berwudhu sebelum menyentuh dan membaca Alquran tercantum dalam surat Al-Waqiah ayat 77-79 yang berbunyi sebagai berikut.

إِنَّهُۥ لَقُرْءَانٌ كَرِيمٌ. فِى كِتَٰبٍ مَّكْنُونٍ. لَّا يَمَسُّهُۥٓ إِلَّا ٱلْمُطَهَّرُونَ

"Innahụ laqur`ānung karīm. Fī kitābim maknụn. Lā yamassuhū illal-muṭahharụn."

Artinya: "Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia. Pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh). Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan." (QS. Al-Waqiah: 77-79)

2. Membersihkan mulut

Ketika berwudhu, otomatis kita akan berkumur untuk membersihkan rongga mulut. Namun, jika dirasa berwudhu kurang bersih, kita bisa bersiwak atau menyikat gigi sebelum membaca Alquran. 

Mulut merupakan tempat keluarnya huruf dalam Alquran. Akan lebih baik, jika kita menyebutkan dan membaca ayat-ayat suci dengan mulut yang bersih. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here