Membaca Alquran menjadi salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan saat bulan Ramadan. Sebab, Allah SWT menjanjikan pahala sepuluh kebaikan untuk setiap satu huruf yang dibaca. Oleh karena itu, ada baiknya kita rutin membaca Alquran untuk mengisi waktu di bulan Ramadan ini.

Alquran merupakan kalamullah atau yang berarti firman/ perkataan langsung dari Allah SWT. Oleh karena itu, saat membacanya ada adab tertentu yang harus kita lakukan agar mendapat manfaat dan pahala yang maksimal. Apa saja adab membaca Alquran yang wajib diketahui umat Muslim? Simak berikut ini.

1. Berwudhu

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca AlquranUnsplash.com/Nathan Dumlao

Allah SWT sangat menyukai kebersihan. Maka dari itu, sebelum membaca Alquran, hendaknya kita dalam keadaan suci dan sudah berwudhu terlebih dulu. 

Anjuran untuk berwudhu sebelum menyentuh dan membaca Alquran tercantum dalam surat Al-Waqiah ayat 77-79 yang berbunyi sebagai berikut.

إِنَّهُۥ لَقُرْءَانٌ كَرِيمٌ. فِى كِتَٰبٍ مَّكْنُونٍ. لَّا يَمَسُّهُۥٓ إِلَّا ٱلْمُطَهَّرُونَ

"Innahụ laqur`ānung karīm. Fī kitābim maknụn. Lā yamassuhū illal-muṭahharụn."

Artinya: "Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia. Pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh). Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan." (QS. Al-Waqiah: 77-79)

2. Membersihkan mulut

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca AlquranUnsplash.com/Superkitina

Ketika berwudhu, otomatis kita akan berkumur untuk membersihkan rongga mulut. Namun, jika dirasa berwudhu kurang bersih, kita bisa bersiwak atau menyikat gigi sebelum membaca Alquran. 

Mulut merupakan tempat keluarnya huruf dalam Alquran. Akan lebih baik, jika kita menyebutkan dan membaca ayat-ayat suci dengan mulut yang bersih. 

3. Menggunakan pakaian yang bersih

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca AlquranUnsplash.com/Sharon McCutcheon

Adab membaca Alquran selanjutnya adalah menggunakan pakaian yang bersih dan suci dari najis. Akan lebih baik apabila kita mengganti dulu pakaian yang sebelumnya sudah dipakai dengan pakaian yang bersih.

Pakaian yang bersih akan menimbulkan rasa nyaman. Sehingga, saat membaca Alquran kita merasa tenang dan nyaman. Selain itu, membaca Alquran juga sama halnya dengan menghadap Allah SWT. Tentu akan lebih afdhol apabila kita menghadap Allah SWT dengan kondisi yang bersih.

4. Memilih tempat yang bersih dan menghadap kiblat

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca Alquranfreepik.com

Selain tubuh, memilih tempat yang bersih untuk membaca Alquran juga menjadi salah satu adab yang patut diketahui umat Islam. Bersihkan dulu kamar atau ruang ibadah kita sebelum kita menggunakannya untuk membaca Alquran. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk menghadap kiblat saat membaca Alquran. Sebab, sama halnya dengan salat, membaca Alquran juga merupakan ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

5. Niat Lillahi ta'ala

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca Alquranfreepik.com

Jika diri kita sudah bersih dan tempat membaca Alquran pun sudah dibersihkan, saatnya untuk membaca Alquran. Mulailah membaca Alquran dengan niat Lillahi ta'ala atau niat karena Allah SWT. Sebab, semua kebaikan yang akan kita dapatkan dari membaca Alquran semata-mata datang dari Allah SWT. Jika niat dalam hati sudah baik, niscaya kita tidak akan merasa berat untuk melakukannya.

6. Diawali dengan membaca ta'waudz dan basmallah

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca Alquranfreepik.com

Selanjutnya, kita dianjurkan untuk mengawali membaca Alquran dengan bacaan ta'awudz dan basmallah. Tujuannya, agar selama membaca Alquran, kita mendapat perlindungan dari Allah SWT. Ada pun bacaan ta'awudz dan basmallah adalah sebagai berikut.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيم

"A'uudzu billaahi minasy syaythaanir rajiim."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk."

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

"Bismillahirrahmannirrahiim."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

7. Memelihara tajwid

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca Alquranfreepik.com

Adab membaca Alquran selanjutnya adalah memelihara tajwid. Artinya, bacaan Alquran harus jelas panjang-pendeknya, bunyi huruf, mengetahui kapan harus berhenti, dan kapan harus dibaca menyambung sesuai dengan ilmu tajwid. Sebab, salah membaca panjang-pendeknya dalam Alquran, dapat mengubah arti dari bacaan tersebut. Oleh sebab itu, usahakan untuk memelihara tajwid saat membaca Alquran.

8. Dibaca dengan tartil

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca Alquranfreepik.com

Membaca Alquran haruslah dengan tartil. Yakni membaca dengan perlahan, sehingga terdengar jelas tajwid dan makhraj-nya. Jangan terburu-buru saat membaca Alquran. Resapi dan baca secara perlahan agar kita dapat mendapatkan ketenangan saat membacanya.

9. Bersungguh-sungguh

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca AlquranUnsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Saat membaca Alquran hendaknya dilakukan secara bersungguh-sungguh. Artinya, saat membaca Alquran kita harus fokus saat membacanya sambil merenungkan dan memerhatikan bacaannya. Oleh karena itu, saat membaca Alquran jangan sambil melakukan hal lain.

10. Diakhiri dengan membaca doa

Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 10 Adab Membaca AlquranUnsplash.com/Ayesha Firdaus

Setelah selesai membaca Alquran, kita dianjurkan untuk mengakhirinya dengan membaca doa. Doa yang dibaca adalah sebagai berikut.

صدق الله العظيم وبلغ رسوله الكريم ونحن على ذلك من الشاهدين

"Shadaqallahul ‘adziim wa balagha rasuuluhul kariim wa nahnu ‘alaa dzaalika minasy syaahidin."

Artinya: “Maha benar Allah Yang Maha Agung dan Rasulnya yang mulia telah menyampaikan dan kami atas hal itu termasuk orang-orang yang bersaksi.”

Itu tadi adab membaca Alquran yang wajib diketahui oleh umat Islam. Semoga kita bisa mengikutinya demi mendapatkan rida Allah SWT. 

Baca Juga: 20 Nama Lain Hari Kiamat dalam Alquran, Umat Islam Wajib Tahu

Baca Juga: Bantu Kamu Cepat Khatam, Ini 10 Aplikasi Baca Alquran di Ponsel

Baca Juga: 7 Dalil dalam Alquran dan Hadits tentang Kejujuran, Ini Kemuliaannya!