Salah satu kota terkenal di Pulau Sumatera. Palembang jadi salah satu destinasi favorit liburan di pulau Sumatera. Banyak tempat wisata bersejarah yang bisa kamu kunjungi. Dari tempat bekas penjajahan Belanda, kedatangan warga Tionghoa, dan tempat penyebaran agama Islam.

Berencana mengunjungi Palembang dalam waktu dekat, Bela? Jangan lupa kunjungi tujuh lokasi berikut ini.

1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Nggak Cuma Pempek, di Palembang Juga Ada 7 Lokasi Wisata Bersejarahwisatadiindonesia.com

Awalnya jembatan ini bukan bernama Ampera melainkan Jembatan Bung Karno. Alasannya untuk menghargai jasa Soekarno yang sudah berjuang untuk keinginan warga Palembang yang menginginkan jembatan di atas Sungai Musi. Namun Bung Karno tidak setuju dengan hal itu dan pada akhirnya dinamakan sesuai fungsi yaitu AmPeRa (Amanat Penderitaan Rakyat). Sungai Musi sendiri merupakan sungai terpanjang yang membelah Palembang menjadi dua. Di zaman dulu, Sungai Musi merupakan sarana transportasi yang utama.

Berjarak 50 meter dari jembatan Ampera ada sebuah pasar souvenir dan makanan bernama Pasar Sekanak. Di sini kamu juga bisa beli oleh-oleh khas Palembang. Pasar ini mengusung model semi modern, pasalnya selain menjual makanan dan souvenir juga ada sebuah pementasan seni budaya rutin yang bisa kamu saksikan secara gratis. Pasar Sekanak juga disebut sebagai Kota Tua di Palembang.

2. Bukit Siguntang

Nggak Cuma Pempek, di Palembang Juga Ada 7 Lokasi Wisata Bersejarahtravel.grivy.com

Bukit Siguntang merupakan sebuah bukit kecil yang punya tinggi sekitar 30 meter dari permukaan laut. Letaknya sekitar 3 km dari Sungai Musi ke arah utara. Saat Kerajaan Sriwijaya masih berjaya, bukit ini biasa digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha dan juga tempat bagi para pertapa menenangkan pikiran. Sampai saat ini pun Bukit Siguntang ini masih menjadi tempat yang sakral bagi para warga, dan masih banyak pengunjung yang datang untuk berziarah ke makam-makan bangsawan Palembang.

3. Masjid Cheng Ho

Nggak Cuma Pempek, di Palembang Juga Ada 7 Lokasi Wisata BersejarahDok. Internet

Masjid terkenal di kota Palembang ini awalnya dibangun untuk menjaga hubungan antara warga Palembang dan warga Tionghoa. Cheng Ho sendiri merupakan nama seorang panglima angkatan laut asal Tiongkok yang terkenal sejak abad 15. Awalnya Cheng Ho melakukan ekspedisi perdagangan sembari memperkenalkan agama Islam di wilayah yang disinggahinya.

4. Pulau Kemaro

Nggak Cuma Pempek, di Palembang Juga Ada 7 Lokasi Wisata Bersejarahranseltua.com

Pulau yang bisa disebut sebagai pulau legendaris ini berlokasi di tengah Sungai Musi. Pada pulau ini terdapat klenteng bersejarah yang biasa digunakan umat Buddha untuk sembahyang dan berziarah. Alasannya karena di sini terdapat makan seorang Putri Palembang yang menikah dengan Pangeran Cina.

Ada cerita menyedihkan di mana sang pangeran tenggelam ke dalam sungai dan akhirnya disusul sang putri kemudian. Di sini juga terdapat sebuah pagoda dengan sembilan lantai yang dibangun tahun 2006 beserta sebuah pohon cinta. Yang konon katanya jika kamu dan pacarmu mengukir nama kalian pada pohon itu, hubungan kalian akan berlanjut hingga pelaminan.

5. Benteng Kuto Besak

Nggak Cuma Pempek, di Palembang Juga Ada 7 Lokasi Wisata BersejarahDok. Internet

Benteng Kuto Besak berlokasi di tepi Sungai Musi. Benteng ini merupakan bangunan istimewa karena usianya sudah berumur ratusan tahun. Saat malam tiba, benteng ini akan ramai oleh pedagang pasar malam yang menyajikan aneka kuliner enak, salah satu yang ada pastinya pempek Palembang. Disini terdapat sebuah kapal restoran terapung yang unik dan menambah sensasi berbeda ketika menyantap makanan. Suasana di benteng ini makin semarak dengan adanya lampu yang menghiasi dengan cahaya kemilaunya.

6. Air Terjun Lematang Indah

Nggak Cuma Pempek, di Palembang Juga Ada 7 Lokasi Wisata BersejarahDok. Internet

Suka air terjun? Kamu bisa banget kunjungi air terjun Lematang Indah. Air terjun dengan ketinggian 40 meter ini memang jadi salah satu wisata alam andalan di Palembang. Lokasinya pun mudah dijangkau karena berada di tepi Kota Pagar Alam, tepatnya di antara Kota Lahat dan Kota Pagar Alam. Keindahan dari air terjun ini juga sangat memukau dengan adanya jalan berliku-liku dan tikungan tajam yang mempercantik lokasi ini. Ada sebuah tangga yang bisa membantumu naik dan turun. Di sebelah tanga-tangga tersebut ada tempat untuk mengistirahatkan diri dan warung untuk memanjakan perutmu setelah berjalan-jalan.

7. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Nggak Cuma Pempek, di Palembang Juga Ada 7 Lokasi Wisata BersejarahDok. Internet

Satu-satunya hutan wisata di Palembang. Jadi wajib banget kamu kunjungi buat kamu yang suka hutan dan kebetulan sedang berlibur ke Palembang. Hutan wisata seluas 50 ha ini punya banyak fasilitas untuk menghibur kamu dan keluargamu yang berlibur ke sini. Ada sebuah kebun binatang dan penangkaran buaya yang tentunya menakjubkan. Selain itu kamu juga bisa berenang, piknik, main di taman, naik perahu, melihat atraksi hebat gajah dan juga menunggang kuda. Menyenangkan banget kan?

Kamu kapan ke Palembang?

BACA JUGA: Deretan Lokasi Wisata yang Sedang Hits di Bogor, Sudah Kesini Belum?​