Bencana alam memang tidak dapat diketahui kapan dan di mana akan terjadi. Walaupun beragam prediksi dapat dilakukan. Namun, hal itu pun nggak menjamin apakah bencana alam tersebut akan terjadi persis seperti apa yang telah diprediksikan atau tidak.

Salah satu film dengan tema bencana alam yang tayang pada awal April 2018 ini adalah Hurricane Heist. Film yang disutradarai oleh Rob Cohen dan naskahnya ditulis oleh Jeff Dixon dan Scott Windhauser ini menceritakan tentang bencana alam badai angin topan yang melanda Kota Gulfort. Bukan hanya itu, konflik yang terjadi di film tersebut juga semakin kompleks dengan adanya beberapa kelompok yang memanfaatkan bencana alam tersebut untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Film yang akan membuatmu degdegan dari awal sampai akhir ini dibintangi oleh beberapa aktor Hollywood terkenal. Sebut saja Toby Kebbell, Maggie Grace, Ryan Kwanten, Melissa Bolona dan Ralph Ineson. Supaya nggak penasaran, berikut thriller filmnya.

Selain Hurricane Heist, ada 7 film lain tentang bencana alam yang tentunya nggak kalah keren dan menegangkan. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. The Day After Tomorrow

Film bergenre bencana alam yang pertama ini disutradarai oleh Ronald Emmerich dan dirilis pada 26 Mei 2004. Memang sudah termasuk film lama namun punya cerita yang sangat baik dimana sang tokoh utama Jack Hall beraksi dan bertualang menyelamatkan seorang anak bernama Sam. Awal film ini berkisah dimana para ilmuwan meneliti Benua Antratika dan menemukan fakta mencengangkan di sana. Penelitian tersebut berisikan sebuah fenomena dimana Laut Atlantik Utara mengalami penurunan suhu air. Dan negara lain pun mengalami suatu kejadian aneh yang tak biasa hingga sampai datang musim salju ekstrim yang membuat semua benda menjadi es yang keras. Kesuksesan film ini ditandai dengan diraihnya piala BAFTA Film Award tahun 2005 untuk kategori visual efek terbaik.

2. The Impossible

Berikutnya ada The Impossible yang mengisahkan tentang satu keluarga yang akan menghabiskan liburannya untuk bersenang-senang sembari menikmati natal dan tahun baru di Khao Lak, Phuket, Thailand. Namun, kejadian tak terduga menimpa mereka. Sebuah gempa yang datangkan air bah membuat ayah dan ibu keluarga ini terpisah serta memorak-porandakan wilayah tersebut.

Film karya sutradara asal Spanyol J.A Bayona ini dirilis 11 Oktober 2012 dan merupakan kisah nyata keluarga yang tengah berlibur di Thailand. Namun, saat mereka berlibur, tsunami melanda daerah tersebut. Tsunami tersebut juga melanda Aceh di waktu yang hampir bersamaan.

3. Hafalan Shalat Delisa

Masih seputar bencana tsunami, film yang satu ini merupakan film buatan Indonesia. Yakni, Hafalan Shalat Delisa. Film karya sutradara Soni Gaosakan ini juga terinspirasi dengan bencana tsunami yang melanda Aceh. Dalam kisah ini Delisa sangat sedih akan kepergian ibu serta kakak-kakaknya akibat bencana tsunami. Namun, akhirnya Delisa berhasil bertemu dengan ayahnya dan tetap semangat melanjutkan hidup.

Selain mengenang peristiwa tsunami tersebut, film ini juga mengajarkan banyak hal salah satunya adalah pesan untuk jangan pernah menyerah atas apapun keadaan yang menimpa kita walaupun sangat terpuruk.

4. 2012

Film yang satu ini kehadirannya sangat mengguncang dunia, bahkan Indonesia. Dimana film ini mengangkat tema tentang kiamat pada tahun 2012. Namun dalam film lebih menceritakan bagaimana dunia menghadapi sebuah bencana besar yang memporak-porandakan banyak daratan di dunia. Dan pada film ini diceritakan bagaimana IHC (Institute for Human Contuinity), lembaga rahasia yang telah lama menyelidiki ramalan tersebut mencari jalan keluar bagi manusia dari kepunahan dengan menciptakan kapal besar atau bahtera tepat di bawah gunung Himalaya. Dalam pembangunannya ada sebuah hal tak terduga, yakni lempeng bumi yang bergeser lebih cepat dari waktu yang diperkirakan. Keseruan film ini terdapat pada sang pemeran utama yang berjuang melawan waktu demi menyelamatkan keluarganya dan sahabat-sahabatnya.

5. San Andreas

San Andreas, disutradarai oleh Beau Flynn dan dibintangi oleh artis kawakan seperti Dwayne Johnson, Alexandra Daddario, Carla Gugino, dan Colton Haynes. Jalan cerita film ini berfokus pada Ray (Dwayne Johnson) yang berjuang untuk menemukan putrinya yang mengalami bencana alam gempa bumi di California. Ray tidak sendiri karena dirinya ditemani Emma, mantan istrinya. Film ini banyak menarik minat masyarakat Indonesia karena visual efek keren yang membuat penonton takut dengan bencana alam yang digambarkan di sini.

6. Into the Storm

Seperti namanya, Into The Storm merupakan film yang mengangkat tema bencana alam tornado. Latar belakang lokasi yang diambil merupakan Kota Silverton yang sebelumnya belum pernah diserang bencana tersebut. Di satu sisi ada sebuah kelompok yang memanfaatkan bencana tersebut untuk sebuah keuntungan. Didukung dengan peralatan canggih, termasuk mobil anti-tornado mereka mencoba keberuntungannya namun kondisi menegangkan harus mereka hadapi ketika mereka terjebak pada inti pusaran tornado. 

7. Armageddon

Tentunya kalian sudah sangat tak asing dengan film ini. Armageddon, bercerita tentang potensi bahaya yang mengancam kehidupan di muka bumi karena mengetahui adanya asteroid raksasa yang berjalan mengarah ke bumi. Akhirnya pihak pemerintah yang bekerja sama dengan NASA dan Departemen Pertahanan membuat suatu rencana untuk menyelamatkan bumi dari ancaman asteroid tersebut. Hingga terpilih seorang pengebor minyak bernama Harry Stamper dan rekannya A.J Frost menjalankan misi tersebut.

Film ini memang sudah sangat lawas karena dirilis pada tahun 1998. Namun, keseruan dan ketegangan yang ditawarkan pada film ini serta dukungan dari aktor sekelas Bruce Wills dan Ben Affleck sangat membuat film ini layak dinikmati lebih dari satu kali. Armageddon yang tayang pada tahun 1998 ini disutradarai oleh Michael Bay ditemani oleh Jonathan Hensleigh dan J.J. Abrams sebagai penulis naskah.

BACA JUGA: 5 Film Parodi Lucu yang Cocok Kamu Nikmati Bersama Keluarga​