Di zaman kini, tentu kita sadar bahwa dunia digital sedang berkembang. Terbukti dengan sangat berkembangnya aplikasi YouTube, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Semua aplikasi tersebut mendukung berbagai bentuk media, seperti tulisan, foto, dan tak lupa video.

Berbicara soal video, tentu kalian sadar bahwa video yang beredar di aplikasi tersebut telah mengalami proses editing sehingga enak ditonton. Video-video tersebut harus mengalami editing untuk menghasilkan video yang baik dan mempunyai tujuan yang jelas serta efek-efek unik yang bisa saja kamu tambahkan ke dalamnya. Editing video sendiri memang tidak diwajibkan, namun dengan mengedit, video akan terlihat lebih baik.

Dalam mengedit video tentu ada aplikasi yang digunakan, berikut ini ada lima aplikasi edit video di PC yang bisa kamu coba gunakan untuk mengedit videomu.

1. Adobe Premier Pro

5 Aplikasi Edit Video di PChelpx.adobe.com

Mungkin bagi kamu penyuka edit foto sudah familiar dengan brand ini. Ya, selain untuk membuka File PDF, edit foto, ternyata Adobe Premier Pro digunakan untuk mengedit video. Di dalam aplikasi Adobe Premier Pro ini terdapat banyak kemudahan dan juga fitur penunjang edit video yang bagus. Salah satunya ada opsi pengeditan multi-cam yang memungkinkan kamu untuk merangkai klip dengan sederhana, berapapun jumlah kamera yang digunakan untuk membuat film. Kamu juga dapat menambahkan efek dan filter tertentu saat memutar video. Satu hal menarik kamu bisa mengimpor file dari Adobe Premier Pro ke Adobe After Effect. Sudah banyak para profesional yang menggunakan aplikasi ini. Penasaran sebagus apa aplikasi ini kamu bisa coba unduh sendiri ya.

2. Corel Video Studio

5 Aplikasi Edit Video di PCsupport.corel.com

Untuk satu ini mirip dengan Adobe karena mungkin beberapa dari kamu kenal akan Corel Draw aplikasi untuk edit foto atau gambar. Dan sebenarnya aplikasi Corel Video Studio ini sudah sangat terkenal di kalangan para pencinta edit video.

Dalam Corel Video Studio, kamu akan diberikan kemudahan dengan interface yang terbilang sederhana dan simple. Selain itu, Corel Video Studio bisa dibilang juga sebagai salah satu aplikasi edit video yang canggih. Terlihat dari fitur-fiturnya yang sangat memudahkan kamu. Dengan kemudahannya itulah, aplikasi ini sangat cocok untuk para pemula untuk menyunting video.

3. Pinnacle Studio

5 Aplikasi Edit Video di PCDigitaltrends.com

Jika kamu sangat awam dalam dunia edit video, Pinnacle Studio bisa jadi salah satu alternatif aplikasi edit video di PC yang bagus untukmu. Aplikasi edit video di PC satu ini memang direkomendasikan untuk pemula karena banyak macam fitur edit video dasar yang bisa kamu coba. Aplikasi ini juga bisa menjadi sarana belajar untuk kamu dalam mengedit video. Kamu bisa mengasah kemampuan kreativitasmu dalam penyuntingan video dalam aplikasi Pinnacle Studio. Kualitas yang ada dari aplikasi ini juga terbilang cukup baik.

4. Lightworks

5 Aplikasi Edit Video di PCwindowscentral.com

Aplikasi edit video di PC ini disebut-sebut membuat kamu layaknya seorang profesional dalam menyunting video. Tentu saja itu semua karena beragam fitur yang tersedia dalam aplikasinya. Lightworks mendukung resolusi untuk HD, NTSC dan PAL. Salah satu yang mengesankan dari aplikasi Lightworks adalah karena aplikasi ini telah diuji oleh para editor video profesional. 

5. Hit Film Express

5 Aplikasi Edit Video di PCfxhome.com

Untuk kamu yang suka menggunakan aplikasi gratis, HitFilm Express bisa jadi pilihan aplikasi edit video di PC yang sempurna. Aplikasi ini dirancang dan dibuat untuk membuat kamu bisa menyunting video secara keren dan berkualitas. Bagusnya lagi, aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan dalam OS Windows, namun bisa juga digunakan untuk Mac.

Fitur yang ada pada aplikasi HitFilm Express sangat beragam dan tentu itu akan sangat membantumu dalam pengeditan maupun pembuatan sebuah video.

Itulah lima aplikasi edit video di PC yang bisa kamu coba gunakan. Semua aplikasi tersebut memiliki keunggulan kekurangannya masing-masing, semua tergantung akan kebutuhan saat mengedit video. Selamat mencoba mengedit video.

Baca Juga: Cara Menambah Subscriber YouTube