Terkenal sebagai seorang aktor yang wara-wari di berbagai televisi beberapa tahun lalu, Christian Sugiono kini tampaknya sedang menikmati perannya di belakang layar.

Pria keturunan Jawa dan Jerman ini kini sudah tak lagi terlihat asyik syuting namun sudah sibuk mengurus beberapa perusahaan naungannya yakni MBDC dan Setipe.com. Namun siapa sangka, sesukses itu, Christian Sugiono nyatanya tidak punya gelar sarjana lho dan dia bangga saja tuh

Sempat kuliah di Jerman

Christian Sugiono Buktikan Jadi CEO Itu Nggak Harus Sarjanainstagram.com/csugiono
 

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atasnya di Indonesia, pada tahun 2000 pria yang akrab dipanggil Tian ini melanjutkan pendidikannya di salah satu perguruan tinggi terbaik di Jerman yakni Technische Universitat (TU) Hamburg. Ia memilih jurusan Teknologi Informasi karena memang ia menggemari teknologi di masa-masa remajanya.

Namun di tahun di 2006, Tian memutuskan untuk pulang ke Indonesia sebelum menamatkan kuliahnya. Tian sendiri merasa tidak menyesal meninggalkan bangku perguruan tinggi tanpa gelar demi pulang membangun karier di Indonesia. Ia pun bercerita selama 6 tahun tinggal di Jerman, ia sudah puas menonton konser musik yang juga adalah salah satu hobi favoritnya saat itu.

Motivasi mendirikan startup media

Christian Sugiono Buktikan Jadi CEO Itu Nggak Harus Sarjanainstagram.com/csugiono

Sembari kuliah di Jerman, Tian diketahui bekerja sebagai kontributor Reporter TRAX Magazine yang saat itu masih di bawah naungan MTV selama dua tahun. Ia pun sempat bercerita kalau keinginannya membuka sebuah perusahaan media berawal dari kegiatan chatting bersama temannya saat ia masih kuliah di Jerman dulu yang seringkali membahas hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Dari mulai itu, Tian akhirnya berniat untuk mendokumentasikan isi chatting-annya sebagai wacana yang menarik untuk dipublikasikan sehingga ia mulai terbersit untuk mendirikan perusahaan start up di bidang media.

Awal mula MBDC

Christian Sugiono Buktikan Jadi CEO Itu Nggak Harus Sarjanainstagram.com/csugiono

Di tahun 2011, Tian bersama teman-temannya menghidupkan kembali perusahaan startup yang bergerak di bidang media yang pernah ia rintis di tahun 2002. Saat ini perusahaan tersebut lebih dikenal sebagai MBDC atau MalesBanget.com. Suami dari Titi Kamal ini melihat ada progres yang sangat cepat di bidang digital marketing di Indonesia ditambah kemampuannya di bidang teknologi informasi yang membuatnya berusaha memimpin perusahaan tersebut.

Ambisinya untuk membesarkan perusahaan tersebut pun semakin besar. Di tahun 2014, Tian menambahkan fitur baru di kanal musik, gadget dan kuliner di situs besutannya tersebut diperhitungkan menjadi salah satu perusahaan media yang memiliki banyak viewers untuk artikel juga videonya.

Beralih ke situs online dating

Christian Sugiono Buktikan Jadi CEO Itu Nggak Harus Sarjanainstagram.com/csugiono

Setelah sukses dengan situs media, Tian kembali melebarkan sayap ke bisnis baru di bidang digital. Namun bukan media, Tian meluncurkan situs online dating yakni Setipe.com yang menurutnya masih jarang dikonsumsi orang Indonesia kebanyakan.

Memproklamirkan diri sebagai perusahaan startup yang berguna untuk mengurangi angka populasi masyarakat Indonesia yang masih menjomblo, Tian yakin bisnisnya mampu memberikan profit bagi dirinya maupun masyarakat luas.

 

BACA JUGA: Titi Kamal Melahirkan, Christian Sugiono Unggah Foto Sang Bayi