Menjadi YouTuber memang menggiurkan, tak jarang pula millennial berusaha untuk mengejar profesi ini. Meski terlihat mudah, tapi ketika menjalaninya tak semudah yang dibayangkan. Perlu konsisten dan punya banyak ide untuk menghasilkan video yang bisa ditonton banyak orang. Semakin banyak yang menonton dan berlangganan channel yang kamu miliki, semakin banyak pula peruntungan yang kamu dapat, misalnya kerjasama dengan brand hingga membuat video kolaborasi dengan YouTuber yang sudah punya nama besar.

Masih tertarik menjadi YouTuber? Berikut tipe video yang dapat menghasilkan uang di YouTube.

1. Vlog

Tipe Video yang Menghasilkan Uang di YouTube 

Video yang memperlihatkan keseharian mu, atau pengalaman jalan-jalan cukup menarik pula lho. Tentu kamu harus menentukan topik yang diangkat. Contohnya saja Vlog milik Sarah Johnson, YouTuber remaja asli Amerika namun lama tinggal di Indonesia, tepatnya di Papua dan Yogyakarta. Pada videonya, Sarah mengunggah vlog sederhana seperti menceritakan perasaannya harus pindah ke Amerika karena pekerjaan orangtuanya di Yogyakarta sudah selesai. Video ini menarik karena netizen penasaran bagaimana pandangan orang Amerika mengenai Indonesia, terlebih lagi Sarah fasih berbahasa Indonesia. Hal ini membuatnya terlihat unik dan sudah punya subscriber sebanyak 243 ribu!

2. Film Pendek

Tipe Video yang Menghasilkan Uang di YouTube 

Bercita-cita menjadi sutradara? Kamu bisa mengawalinya dengan menjadi YouTuber yang membuat karya film pendek. Manfaatkan YouTube menjadi media mu berkarya dan mendapatkan kritik langsung dari netizen, terlebih lagi kamu bisa melihat seberapa banyak orang yang menonton karyamu. Yuk mulai tulis naskah, dan bikin film pendek, jangan lupa unggah ke YouTube. Contohnya seperti Putri Tandjung, ia merilis film pendek karyanya di YouTube dan sudah ditonton sebanyak 498 ribu orang.

3. Tutorial

Tipe Video yang Menghasilkan Uang di YouTube 

Jenis video ini paling banyak dijumpai di YouTube. Mulai dari tutorial makeup, tutorial memakai hijab, packing baju hingga tutorial belajar nyetir mobil! Ya, karena isinya sangat informatif, tak heran kalau video jenis ini laku keras di YouTube. Kamu bisa memulai membuat video tutorial sesuai dengan ketertarikan mu, jangan lupa gunakan KeywordPlanner untuk mengecek video apa saja yang dicari banyak orang.

4. Parodi

Tipe Video yang Menghasilkan Uang di YouTube 

Siapa sih yang nggak butuh hiburan? Terkadang kita senang banget kan lihat video lucu? Ya, jenis video ini salah satu terlaris di YouTube. Lihat saja video parodi karya LastDay Production yang sudah punya 1.607.217 subscriber. Video mereka selalu menarik karena dikemas sangat ringan, lucu dan topik yang dibahas lekat banget dengan keseharian kita.

5. Unboxing

Tipe Video yang Menghasilkan Uang di YouTube 

Belakangan banyak banget kan video unboxing? Meski sepele, tapi banyak juga lho yang suka nonton video unboxing, apalagi produk yang ada di dalam box salah satu produk favorit banyak orang atau lagi ngetren tapi jumlah produksinya sedikit alias langka. Nah, kira-kira kamu mau unboxing produk apa?

6. Review

Tipe Video yang Menghasilkan Uang di YouTube 

Biasanya sebelum membeli produk kecantikan, kita terbiasa untuk melihat video review dari YouTuber favorit atau mereka yang punya jenis kulit mirip dengan kita. Atau video review handphone hingga laptop, biasanya dari video review inilah yang membuat kita akhirnya punya keputusan memilih membeli atau tidaknya suatu produk. Bahkan review hotel pun menarik banget untuk disimak. Terbukti dong kalau video jenis ini laku karena sangat informatif.

7. Reaction

Tipe Video yang Menghasilkan Uang di YouTube 

Sering kan melihat YouTuber asing yang mengunggah video reaction? Bahkan wajah mereka sangat lucu dan aneh ketika melihat sebuah video. Nggak jarang pula mereka berkomentar tajam dan apa adanya ketika memberi reaksi terhadap salah satu video yang lagi fenomenal.

Dari ketujuh jenis video yang dapat menghasilkan uang di YouTube, mana yang kamu banget?

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube