Tampaknya tak hanya para aktor dan aktris saja nih yang menang di ajang penghargaan Golden Globes. Sebab, melansir Yahoo Finance kemenangan juga dirasakan oleh perusahaan Fiji Water yang berhasil menghemat biaya iklan senilai lebih dari $18 juta atau setara Rp253 miliar berkat foto viral sang Fiji Girl.

Lalu apakah kehadiran Fiji Girl memang sebuah strategi marketing Fiji Water? Berikut analisa yang muncul dari para pakar periklanan.

1. Vaughn Davis, pemilik agensi periklanan The Goat Farm di Auckland ini menilai kalau strategi marketing Fiji Water ini menggunakan ‘guerilla styled’ atau gaya promosi tak biasa ala gerilyawan dengan budget serendah-rendahnya.

Promosi A la Gerilyawan, Fiji Water Hemat Miliaran Berkat Water Girl famesyn.com

2. Cara promosi Fiji Water lewat Fiji Girl dikatakan sangat sukses. Apalagi foto Fiji Girl viral dan dibicarakan di berbagai negara. Bahkan, photobomb Fiji Girl dijadikan banyak meme.

Promosi A la Gerilyawan, Fiji Water Hemat Miliaran Berkat Water Girl updatenewz.com

3. Davis pun mengatakan Fiji Girl bernama Kelleth Cuthbert, ini ada karena sudah direncanakan. “Fiji Water sudah lama jadi sponsor Golden Globes, ini pasti memang sudah direncanakan, itu yang kita yakini.”

Promosi A la Gerilyawan, Fiji Water Hemat Miliaran Berkat Water Girl people.com

4. Namun, Dr Chris Galloway, Kepala Humas Massey University punya penilaian sedikit berbeda dengan Davis. Menurut Chris, kampanye marketing yang dipakai Fiji Water memakai trik marketing yang murah

Promosi A la Gerilyawan, Fiji Water Hemat Miliaran Berkat Water Girl justjared.com

5. “Fiji Girl dihadirkan untuk menarik perhatian publik atas brand Fiji Water,” ucap Chris. Tapi ia justru mengkritik cara promosi yang dipakai Fiji Water. Menurutnya, di tahun depan penyelenggara Golden Globes harus menolak gaya promosi semacam ini, karena justru memberi distraksi dan mengurangi fokus acara utama Golden Globes

Promosi A la Gerilyawan, Fiji Water Hemat Miliaran Berkat Water Girl glamour.com

6. Apalagi menurut Chris, cara ini tidak memberi pengaruh besar pada perusahaan dan sifatnya hanya sementara saja

Promosi A la Gerilyawan, Fiji Water Hemat Miliaran Berkat Water Girl news.freepopulation.com

7. Meski Chris menilai strategi marketing Fiji Water hanya memberi keuntungan yang singkat, menurut Davis jika dilihat di era media sosial saat ini, cara yang dipakai Fiji Water masih akan tetap melekat di benak publik. “Kita masih sering lihat meme lama pada lima, 10, 15 tahun lalu yang muncul dan bisa jadi meme Fiji Water Girl ini jadi salah satunya.”

Promosi A la Gerilyawan, Fiji Water Hemat Miliaran Berkat Water Girl 

Dari dua pendapat pakar iklan di atas, menurutmu strategi marketing Fiji Water yang sukses ini akan terus bertahan lama di ingatan publik nggak ya? Yang jelas, si Fiji Girl juga mendapat keuntungan juga, yaitu jutaan followers di Instagram.

Baca Juga: Lagi Viral, 5 Fakta Fiji Water Girl Bikin Kamu Nggak Nyangka