Siapa yang merasa kalau hutang (seberapa kecil pun) bikin dirimu resah dan tidur pun nggak nyenyak? Tenang, kamu nggak sendirian, di luar sana masih banyak yang susah tidur karena memikirkan hutang yang menumpuk. Besar atau kecilnya uang yang dipinjam memang untuk kebutuhan kita, tapi bagaimana kalau jadi beban?

Supaya kamu nggak terjerat hutang terlalu banyak, kamu harus sadar kalau faktor di bawah inilah yang jadi pangkal semua masalah hutangmu. Percaya deh, meski terkesan sepele, kebiasaan buruk ini yang bikin kamu terjerat hutang piutang.

Sepele, Tapi 5 Faktor Kecil Ini Bikin Hutang Kita Menumpuk

Kamu kah salah satu yang sering seperti ini? Nggak perlu malu, sebab masih banyak kok yang terbiasa seperti ini. “Pake uang lo dulu, nanti gue ganti,” padahal setelah kamu terima jajanan yang kamu titipkan, belum tentu langsung kamu bayar ke temanmu. Nah kebiasaan ini yang bisa membuatmu jadi berhutang. Seharusnya kamu berinisiatif langsung bayar ya meski temanmu nggak nagih.

Sepele, Tapi 5 Faktor Kecil Ini Bikin Hutang Kita Menumpuk

Memang paling enak itu punya barang tanpa bayar di awal. Saat berhasil punya barang yang diinginkan dan langsung berada di tangan kamu, hanya saat itu saja sih rasa bahagia yang tak terkira kamu rasakan. Setelah bulan depan kemudian, barulah kamu menyadari kalau barang yang kamu beli ini lumayan memangkas pendapatanmu perbulan setelah bekerja. Jadi lebih baik menabung dulu kalau ingin punya barang kesukaan, tak perlu berhutang.

Sepele, Tapi 5 Faktor Kecil Ini Bikin Hutang Kita Menumpuk

Biasanya banyak beberapa coffee shop menawarkan harga menarik jika melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit tertentu. Misal, beli 1 gratis 1 cup coffee, ingat kamu membelinya dengan kartu kredit lho, kalau terlalu sering dan kamu nggak membayar secara konsisten, bisa-bisa tagihan karut kreditmu terus bertambah!

Sepele, Tapi 5 Faktor Kecil Ini Bikin Hutang Kita Menumpuk

Hutang yang kamu punya sudah jadi tanggung jawabmu kan? Jadi kamu juga harus punya deadline nih kapan harus melunasi hutangmu, karena ini harus jadi skala prioritasmu dibanding beli baju dan sepatu baru. Hutang tetaplah hutang!

Sepele, Tapi 5 Faktor Kecil Ini Bikin Hutang Kita Menumpuk

Lupa bukanlah jadi alasan sebagai penghambat kamu untuk melunasi hutang, karena sebetulnya kamu lalai. Masak kamu terus menyalahkan sifat pelupamu itu? Supaya hutangmu tak menumpuk dan ditagih terus dengan temanmu dan Bank kartu kreditmu, baiknya kamu catat berapa nominal hutangmu dan kepada siapa kamu berhutang. Kamu juga harus tentukan kapan akan membayarnya.

Meski daftar di atas terkesan sepele, tapi siapa nih yang setuju kalau faktor di atas memang bikin kita terlilit hutang?

 

BACA JUGA: 7 Cara Menagih Hutang pada Sahabatmu Agar Dia Nggak Cari Alasan Terus