Merasa nggak sih kalau kamu sering dihantui penilaian orang lain terhadapmu? Tentu yang dimaksud "penilaian" di sini adalah komentar buruk tentangmu. Misalnya saja saat kamu memilih cuek datang ke mall sendirian ataupun mengenakan baju biasa tanpa mengikuti tren terkini, ada yang mencibir dan mulai membicarakan gaya berpakaianmu.

Well, kalau saran dan kritikan membangun kamu dengarkan dan hargai masukan mereka, Bela. Tapi jangan sampai keesokannya setiap kamu bertindak, kamu mulai tak percaya diri dan selalu takut akan penilaian orang lain. Karena sebetulnya kamu tidak perlu lagi resah dikuasai ketakutan atas penilaian buruk orang lain terhadapmu, inilah alasan logisnya.

Alasan Jelas Kenapa Kamu Tak Perlu Memedulikan Penilaian Buruk Orang Lain Terhadapmu

Faktanya 50 persen orang tak peduli dengan apa yang kamu lakukan, dan 50 persennya lagi hanya akan mengomentari tentangmu hanya selama 10 menit, selanjutnya mereka akan membicarakan hal lain. Jadi apa lagi yang harus kamu pusingkan? 

Alasan Jelas Kenapa Kamu Tak Perlu Memedulikan Penilaian Buruk Orang Lain Terhadapmu

Bersosialisasi memang penting supaya kita bisa menjalin hubungan baik dan positif dengan teman. Tetapi suatu saat keadaan memburuk bisa saja terjadi karena adanya perbedaan. Jika salah satu temanmu selalu meremehkan pendapat ataupun pilihanmu, biarkan saja Bela. Apa yang dipikirkan mereka terhadapmu tak akan bisa mengubahmu. Ini hidupmu, kamu punya cara menjalani hidup dengan gayamu sendiri, bukan dengan cara mereka. Karena pada akhirnya dirimulah yang harus menentukan dan memilih tujuan hidupmu sendiri.

Alasan Jelas Kenapa Kamu Tak Perlu Memedulikan Penilaian Buruk Orang Lain Terhadapmu

Kamu punya kesempatan hidup hanya sekali, Bela. Jadi buat apa menghabiskan waktu sampai capek mengkhawatirkan penilaian orang terhadap pilihanmu? Lakukan apa yang kamu inginkan, jadilah dirimu sendiri seperti yang kamu inginkan, bukan menjadi pribadi yang diinginkan orang lain! Jalani hidupmu tanpa terus khawatir atas penilaian negatif orang lain.

Kalau kamu ingin merasa bebas tanpa beban pikiran karena penilaian negatif orang lain terhadapmu, yuk mulai coba cara di atas, Bela! Kamu akan bernafas lega ketika berhasil melakukannya.

 

BACA JUGA: Inilah Cara Lain Agar Kamu Nggak Terlalu Stres di Kantor