Berkarier di dunia hiburan sejak tahun 2000, nama Rachel Amanda justru melesat lewat perannya dalam sinetron Candy yang tayang di tahun 2007. Sejak kemunculannya di dunia akting, nama Rachel terus melesat dan ada saja karya barunya yang tayang setiap tahun.

Meski sibuk membintangi beragam judul sinetron, FTV dan film, namun Rachel tetap mengutamakan pendidikan, lho! Rachel tetap bisa lulus tepat waktu dari jurusan psikologi Universitas Indonesia di tengah jadwalnya yang padat.

Hingga tahun ini, setidaknya ada 12 judul film yang dibintanginya. Dari judul-judul film tersebut, Rachel selalu mendapatkan karakter berbeda untuk diperankan. Apa saja film-film yang pernah dibintangi Rachel Amanda? Berikut tujuh di antaranya.

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Perankan Karakter Berbeda, 7 Film Rachel Amanda yang Wajib Kamu TontonInstagram.com/Filmktbb

Dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, Rachel berperan sebagai Awan, anak ketiga di keluarga Narendra. Awan memiliki dua kakak, yakni Angkasa (Rio Dewanto) dan Aurora (Sheila Dara Aisha). Bersama-sama, mereka tampak sebagai keluarga ideal yang bahagia.

Hidup Awan berubah saat ia bertemu dengan Kale (Ardhito Pramono). Bersama Kale, Awan belajar tentang banyak hal baru. Salah satunya tentang patah, bangun, jatuh, tumbuh, hilang dan semua ketakutan manusia pada umumnya. Tanpa Awan sadari, keluarganya yang terlihat baik-baik saja menyimpan rahasia besar yang akan mengubah hidupnya.

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini menjadi film paling sukses di tahun 2020 dengan jumlah penonton lebih dari 2 juta. Saking suksesnya, film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini bahkan sampai dibuat versi spin-off dan web series-nya.

https://www.youtube.com/embed/TcHh986XvI4

2. Trinity Traveler

Perankan Karakter Berbeda, 7 Film Rachel Amanda yang Wajib Kamu TontonDok. Internet

Rachel juga muncul dalam film Trinity Traveler. Ia berperan sebagai Yasmin, sahabat Trinity (Maudy Ayunda). Dalam film ini, Rachel berpenampilan berbeda dari biasanya. Ia menjadi sosok perempuan girly dengan rambut lurus berponi.

Trinity Traveler berkisah tentang perjalanan Trinity yang mendapat kesempatan melanjutkan kuliah S2 di Filipina. Meski sibuk kuliah, Trinity tetap menjalani hobinya sebagai seorang traveler

Di saat liburan, Trinity bertemu dengan seorang fotografer yang memikat hatinya bernama Paul (Hamish Daud). Keduanya merasa cocok dan saling menyayangi satu sama lain. Masalah muncul saat mereka dihadapkan dengan kesibukan yang membuat mereka sulit berkomunikasi secara intens. Berhasilkan mereka bertahan dengan hubungan itu?

https://www.youtube.com/embed/JULU9daSUyw

3. Dua Garis Biru

Perankan Karakter Berbeda, 7 Film Rachel Amanda yang Wajib Kamu TontonDok. Internet

Rachel Amanda juga turut berperan di dalam film fenomenal yang mendapat banyak penghargaan di tahun 2019, yakni Dua Garis Biru. Rachel berperan sebagai Dewi, kakak dari Bima (Angga Yunanda), seorang mahasiswi konservatif, galak dan begitu peduli dengan keluarganya.

Keluarga Bima yang awalnya baik-baik saja, berubah penuh konflik saat Bima mengakui bahwa ia telah menghamili Dara (Adhisty Zara). Meski awalnya Bima menyarankan Dara untuk mengaborsi anak mereka, pada akhirnya Bima mau bertanggung jawab dan menikahi Dara.

Namun, masalah tak berhenti sampai di situ. Bima dan Dara yang belum cukup umur, 'dipaksa' mengemban tanggung jawab yang lebih besar sebagai konsekuensi atas perbuatan mereka sendiri.

Film besutan sutradara Gina S. Noer ini sempat menimbulkan kontroversi di masyarakat. Ada yang mengatakan bahwa film ini mengajarkan remaja untuk melakukan hal yang tak sesuai dengan usia mereka. Padahal, film ini memberikan edukasi mengenai pro dan kontra kehamilan remaja.

https://www.youtube.com/embed/b0NS7FP1loU

4. Say I Love You

Perankan Karakter Berbeda, 7 Film Rachel Amanda yang Wajib Kamu TontonDok. Internet

Pada tahun 2019, Rachel ikut serta dalam film Say I Love You bersama dengan Aldi Maldini dan Dinda Hauw. Dalam film ini, Rachel berperan sebagai Sayydah, anak SMA yang cuek dan mandiri. 

Say I Love You diangkat dari kisah siswa SMA Selamat Pagi Indonesia yang berlokasi di Batu, Jawa Timur. Sekolah tempat Sayydah, Sheren (Dinda Hauw), Olfa (Nadira Octova) dan Yohana (Ashilla Zahrantiara) belajar ini memiliki reputasi yang buruk. Sekolah tersebut dikenal dengan murid-muridnya yang malas dan sulit belajar. Namun, keempat sahabat ini ingin mengembalikan reputasi sekolahnya dengan melakukan hal-hal baik untuk mengejar mimpi mereka.

https://www.youtube.com/embed/NGBdl1iabX0

5. Terlalu Tampan

Perankan Karakter Berbeda, 7 Film Rachel Amanda yang Wajib Kamu TontonDok. Internet

Dalam film Terlalu Tampan, Rachel berperan sebagai Rere, teman dari Kibo (Calvin Jeremy) dan Kulin (Ari Irham). Dalam film ini, Rere adalah anak SMA khusus perempuan yang cuek banget dengan kehadiran Kulin, murid SMA sebelah yang terlalu tampan.

Karena cueknya Rere inilah, Kulin justru jatuh cinta kepada Rere. Namun, tanpa Kulin sadari, sahabatnya, Kibo juga menaruh hati pada Rere. Kira-kira, siapa yang akan dipilih Rere?

https://www.youtube.com/embed/gyibcholOzg

6. Sajen

Perankan Karakter Berbeda, 7 Film Rachel Amanda yang Wajib Kamu TontonDok. Internet

Sajen menjadi film horor pertama dan satu-satunya yang dibintangi oleh Rachel selama karier aktingnya. Dalam film ini, Rachel beradu akting dengan Amanda Manopo, Angga Yunanda dan Jeff Smith.

Sajen berkisah tentang Alanda (Amanda Manopo) yang berusaha memutus rantai perundungan di sekolah mereka. Merasa depresi karena dikurung di gudang sekolah oleh geng eksis, Alanda memutuskan untuk bunuh diri. Arwah Alanda pun tidak tenang karena ia 'pergi' dalam keadaan marah.

Sejak kematian Alanda, keadaan sekolah berubah menjadi horor dan mencekam karena arwah Alanda bergentayangan menghantui siapa saja yang dulu pernah menyiksanya.

https://www.youtube.com/embed/FU11f8KOPUw

7. Heart

Perankan Karakter Berbeda, 7 Film Rachel Amanda yang Wajib Kamu TontonDok. Internet

Heart menjadi film pertama Rachel yang rilis di tahun 2006. Dalam film tersebut, Rachel berperan sebagai Rachel kecil yang bersahabat dengan Farel (Irshadi Bagas). 

Film ini berkisah tentang persahabatan Rachel (Nirina Zubir) dan Farel (Irwansyah) sejak kecil hingga remaja. Persahabatan mereka kemudian berubah saat Farel dekat dengan seorang gadis bernama Luna (Acha Septriasa). Tanpa Farel sadari, Rachel menyimpan perasaan kepadanya sejak mereka masih anak-anak.

https://www.youtube.com/embed/H4p7ocrZcTk

Itulah tadi deretan film Rachel Amanda dengan karakter yang berbeda-beda. Film mana yang jadi favorit kamu, Bela?

Baca Juga: Cerita Rachel Amanda Jatuh Hati kepada Ardhito Pramono, So Sweet!

Baca Juga: Proses Casting Tak Biasa Rachel Amanda & Sheila Dara di NKCTHI

Baca Juga: Berpasangan di NKCTHI, Ardhito Pramono dan Rachel Amanda Makin Dekat