Kini baca komik sudah nggak perlu repot lagi nih, tinggal mengunduh aplikasi Webtoon maka kamu bisa membaca komik secara gratis. Nah, nggak sedikit dari cerita di webtoon yang mempunyai banyak penggemar dan sukses di pasaran.

Hal ini yang membuat banyak produser atau sutradara mempunyai keinginan untuk mengangkat cerita webtoon tersebut ke dalam drama series. Penasaran apa saja 7 webtoon yang diangkat menjadi drama korea? Cek di bawah ini ya. 

1. The Girl Who Sees Smells (Sensory Couple)

7 Webtoon yang Diangkat ke Drama Korea Romantisidntimes.com

Drama yang mempunyai nama lain Sensory Couple ini diperankan oleh Shin Se Kyung dan Park Yoo Chun serta tayang di SBS pada 2015 lalu mendapatkan respon yang baik lho di kalangan pencinta drama baik di Korea Selatan ataupun di mancanegara. Hal ini terbukti dengan tingginya rating yang dicapai di akhir episode ke-16, yakni 10,8 persen. Disutradarai oleh sutradara Baek Soo Chan dan bergenre thriller romance, menjadikan drama ini wajib banget kamu jadikan daftar tontonan saat weekend.

Perlu diketahui bahwa drama The Girl Who Sees Smells ini merupakan adaptasi dari serial webtoon yang berjudul sama yang dikarang oleh Man Chwi. Bercerita tentang Cho Rim (Shin Se Kyung) yang dapat melihat bau akibat kecelakaan yang pernah dialaminya dan Choi Moo Gak (Park Yoo Chun) seorang polisi yang gak dapat merasakan rasa bau. Pasangan kekasih ini harus menyelesailan teka-teki pembunuh berantai yang dulu membunuh kedua orang tua Cho Rom.  

2. We Broke Up

7 Webtoon yang Diangkat ke Drama Korea Romantisidntimes.com

Dari judulnya aja kamu pasti sudah bisa menebaknya kan? Yup, bercerita tentang sepasang kekasih yang memutuskan untuk tinggal bersama dan menyewa sebuah kamar untuk ditinggali. Namun, sayangnya hubungan mereka gak bertahan lama nih. Awalnya mereka gak sengaja bertemu di sebuah bar, Noh Woo Ri yang diperankan Sandara Park 2NE1 merasa terpikat setelah melihat penampilan Ji Won Young yang diperankan Kang Seung Yoon Winner yang merupakan seorang anak band.

Drama yang terdiri dari sepuluh episode ini juga diangkat dari cerita webtoon dengan judul yang sama lho. Meskipun setelah berpisah mereka tetap harus tinggal serumah dikarenakan masalah deposit rumah yang gak bisa diambil sampai masa kontrak habis. 

Walaupun sudah putus, ternyata mereka diam-diam masih merasa cemburu dan saling peduli satu sama lain. Namun, sayangnya kamu harus menerima ending yang pahit karena di akhir cerita mereka tetap gak ditakdirkan untuk bersama. 

3. Cheese In The Trap

7 Webtoon yang Diangkat ke Drama Korea Romantisidntimes.com

tvN memang gak pernah mengecewakan deh kalau produksi drama, hal ini terbukti dengan suksesnya drama Cheese In The Trap yang tayang pada 2016 setiap Senin dan Selasa, pukul 23.00 KST. Drama ini diperankan oleh berbagai aktor dan aktris yang kualitas aktingnya sudah pasti gak perlu diragukan lagi, diantaranya Kim Go Eun, Park Hae Jin, Seo Kang Joon, Nam Joo Hyuk, Lee Sung Kyung, Park Min Ji, Kim Hee Chan dan Yoon Ye Joo. Drama Cheese In The Trap juga diadaptasi dari webtoon karangan Soon Ggi.

Mendapat sambutan yang bagus, namun di akhir episode malah jalan cerita dari drama ini sangat berbeda dari ending yang terdapat di webtoon. Hal ini sempat membuat Soon Ggi dan Park Hae Jin kesal, namun untungnya masalah ini dapat diselesaikan secara baik. Seakan ingin mendulang kesuksesan di season pertama, dikabarkan tvN akan membuat season kedua yang trailernya sudah dirilis pada 13 Februari 2018 dan sudah ditonton sebanyak 2,4 juta kali. Namun sayangnya, Kim Go Eun gak akan kembali bermain nih. 

4. What's Wrong With Secretary Kim

7 Webtoon yang Diangkat ke Drama Korea Romantisidntimes.com

Sudah lalang melintang di berbagai genre drama, menjadikan Park Seo Joon aktor yang patut diberi apresiasi nih. Kali ini dalam drama What's Wrong With Secretary Kim, Park Se Joon berperan sebagai CEO muda kaya yang memiliki sekretaris cantik dan akhirnya terlibat hubungan asmara. Sekretaris cantik ini diperankan Park Min Young. Selain kaya raya, Park Seo Joon juga digambarkan seorang CEO yang narsis dan keras kepala. Gak berbeda jauh dengan sekretarisnya yang juga sama-sama memiliki sifat keras kepala.

Karena persamaan itulah, drama yang tayang 2018 lalu ini semakin seru untuk ditonton. Drama ini sempat menjadi drama paling hits yang tayang sepanjang bulan Juli-Agustus lho. Nyatanya, Whats Wrong With Secretary Kim awalnya terbit di 2016 dalam bentuk novel karangan Jung Jyung Yoon, lalu pada 2016 dibuat versi webtoon oleh Kim Young Mi. Webtoonnya sendiri sangat sukses, hingga punya 4,5 juta pelanggan berbayar. Karena kesuksesan itulah, Whats Wrong With Secretary Kim diangkat menjadi drama series. 

5. Clean With Passion For Now

7 Webtoon yang Diangkat ke Drama Korea Romantisidntimes.com

Drama Clean With Passion For Now yang memiliki 16 episode juga diadaptasi dari webtoon yang berjudul serupa lho. Baru saja tamat di Februari 2018 lalu, nyatanya webtoon karya Aaengo ini sudah dirilis sejak 2015. Drama yang tayang di JTBC ini memiliki genre romance comedy yang pastinya segar banget untuk ditonton saat lelah beraktivitas. Diperankan oleh mantan aktris cilik Kim Yoo Jung dan aktor pendatang baru Yoon Kyun Sang yang sebelumnya sempat bermain di "Rebel: Thief Who Stole the People".

Bercerita tentang laki-laki bernama Jang Sun Kyul (Yoon Kyun Sang) yang memiliki mysophobia (takut terhadap kuman) dan segala macam jenis kotoran. Karena ketakutannya tersebut, akhirnya Jang Sun Kyul terpikirkan untuk membuka dan menjalankan bisnis kebersihan. Pada akhirnya Jang Sun Kyul malah jatuh cinta dengan salah satu karyawannya, yakni Gil Oh Sol (Kim Yoo Jung ). Faktanya, peran utama sebagai Jang Sun Kyul seharusnya diperankan Ahn Hyo Seop, namun diganti karena alasan jadwal.

6. The Bride of Habaek (Bride Of The Water God)

7 Webtoon yang Diangkat ke Drama Korea Romantisidntimes.com

The Bride of Habaek merupakan kali kedua Shin Se Kyung bermain di drama yang diadaptasi dari webtoon dengan judul "Habaekui Shinboo", karangan Yoon Mi Kyung. Drama ini juga menghadirkan aktor dan aktris sekelas papan atas, seperti Nam Joo Hyuk sebagai Ha Baek (dewa air), Shin Se Kyung (pengantin dewa Ha Baek), Krystal (fx) yang berperan sebagai dewi air dan Gong Myung sebagai dewa angin. Drama The Bride of Habaek ini memiliki total 16 episode dengan akhir penayangan pada 22 Agustus 2017.

Menceritakan tentang dewa Ha Baek yang mengunjungi bumi untuk mencari batu super yang bisa menolongnya untuk merebut tahtanya kembali, namun ia harus meminta bantuan kepada Shin Se Kyung yang pada dasarnya gak mempercayai hal semacam itu dan menganggap bahwa Ha Baek hanya seorang cowok dengan pemikiran yang gila. The Bride of Habaek disutradarai oleh Kim Byung-Soo yang pernah menggarap drama populer “Queen In-Hyeon’s Man” dan untuk skenarionya ditulis ulang oleh Jung Yoon-Jung.

7. My ID is Gangnam Beauty

7 Webtoon yang Diangkat ke Drama Korea Romantisidntimes.com

Drama yang masih saja hangat dibicarakan oleh pencinta drama Korea gak lain, ialah My ID is Gangnam Beauty. Mengangkat sisi lain dari efek yang ditimbulkan oleh budaya operasi plastik yang berkembang di Korea Selatan, My ID is Gangnam Beauty cocok banget ditonton bagi kamu yang penasaran dengan budaya tersebut. Diperankan oleh Cha Eun Woo Astro dan Im Soo Hyang, chemistry kedua aktor dan aktris ini dijamin bikin kamu terpana. Di drama ini pertama kalinya Cha Eun Woo mendapatkan peran utama lho.

Drama ini juga merupakan adaptasi dari webtoon dengan judul yang sama di Korea, namun saat dirilis di webtoon Indonesia diganti menjadi "I Am Gangnam Beauty". Mendulang kesuksesan karena serial dramanya, kini penulis dari webton My ID is Gangnam akan membuat season kedua dari webtoon ini dengan judul "I Am Gangnam Beauty : Just Two Of Us" yang chapter pertamanya sudah dirilis sejak 8 Agustus 2018. Apakah kamu sudah membacanya?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan pada laman IDN Times dengan judul "Wajib Tonton! 7 Webtoon yang Diangkat ke Drama Korea Romantis"

Baca Juga: 12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Baper