Sering kali Bela melihat beberapa perusahaan Indonesia menyertakan “Berpenampilan Menarik” sebagai syarat rekrutmen karyawan baru nya. Padahal “Berpenampilan Menarik” memiliki makna yang luas menurut masing-masing persepsi orang lho. Nah, Bela perlu tahu nih 5 stereotip “Berpenampilan Menarik” yang sudah nggak relevan lagi. Penasaran Bela? Langsung yuk scrolling!

1. Harus memiliki wajah cantik

5 Stereotip Penampilan Menarik yang Sudah Nggak RelevanShutterstock/Viktor Gladkov

Saat dalam proses wawancara kerja, persyaratan “Berpenampilan Menarik” dianggap harus memiliki wajah cantik, padahal itu merupakan hal yang paling susah didefinisikan. Karena buat para kandidat seperti Bela, harus bisa menyesuaikan kriteria cantik yang dimaksud lho. Cantik itu cukup relatif ya, setiap orang pasti memiliki definisi cantik sesuai dengan versi mereka. 

2. Postur tubuh harus tinggi semampai

5 Stereotip Penampilan Menarik yang Sudah Nggak RelevanShutterstock/Olena Yakobchuk

Bela pasti tahu ‘kan memiliki postur tubuh yang tinggi, memang diperlukan untuk beberapa pekerjaan yang membutuhkan standar tersebut Bela. Tapi, untuk pekerjaan yang memang tidak memerlukan fisik yang tinggi, rasanya tidak perlu ya mencantumkan persyaratan minimal tinggi badan untuk persyaratan rekrutmen kerja. Jadi, Bela nggak perlu minder ya saat melamar pekerjaan, yakin dan percaya bahwa skill, kemampuan & attitude yang Bela miliki itu lebih penting untuk dinilai ya.

3. Memiliki rambut hitam yang panjang

5 Stereotip Penampilan Menarik yang Sudah Nggak RelevanShutterstock/Pixel-Shot

Bela pasti sering mendengar bahwa wanita yang sempurna itu adalah wanita yang memiliki rambut hitam yang lebat dan panjang. Karena rambut merupakan bagian terpenting dari seorang wanita. Rasanya stereotip itu sudah nggak relevan lagi ya di zaman sekarang. Karena semakin berkembangnya zaman, ruang untuk wanita berekspresi juga semakin luas. Dan juga semakin terbuka luas untuk wanita berkarya dalam hal apapun.

Salah satunya dalam proses rekrutmen kerja, stereotype “Berpenampilan Menarik” yang masih dijadikan sebagai salah satu syarat, harus mulai sedikit demi sedikit dihilangkan nih Bela. Karena wanita Indonesia berhak bebas mengekspresikan diri mereka dengan berpenampilan menarik menurut versi nya dengan gaya rambut sesuai karakter. Dan hal itu, didukung juga lho oleh PANTENE yang ingin mengajak wanita Indonesia  menyuarakan #RambutTanpaBatas dan menjelaskan bahwa “Berpenampilan Menarik” itu nggak ada batasan pada kecantikan fisik atau menilai seseorang hanya dari gaya rambut, namun yang paling penting percaya pada kemampuan diri dan menerima diri kita apa adanya loh Bela! Nah, untuk informasi lebih lanjut, Bela bisa klik di sini ya!

4. Memakai makeup dengan sempurna

5 Stereotip Penampilan Menarik yang Sudah Nggak RelevanShutterstock/Robert Przybysz

Menggunakan makeup dengan sempurna bukan menjadi sebuah keharusan. Apalagi dalam proses rekrutmen kerja dan dijadikan syarat “Berpenampilan Menarik”, hal itu sudah nggak relevan lagi ya Bela, kecuali untuk pekerjaan tertentu. Memang benar makeup perlu digunakan setiap hari agar wajah Bela terlihat fresh. Tapi Bela bisa memakai makeup yang minimalis dan sederhana itu sudah cukup lho. 

5. Menggunakan barang-barang branded

5 Stereotip Penampilan Menarik yang Sudah Nggak RelevanShutterstock/Creative Lab

Memakai barang-barang branded bukan menjadi indikator lho Bela untuk memenuhi syarat “Berpenampilan Menarik” saat rekrutmen kerja. Salah nih Bela, kalau kamu mengartikannya demikian, karena “Berpenampilan Menarik” itu nggak dinilai dari barang-barang branded ya. Sekarang waktunya Bela nih, merubah stereotip itu. Bela masih bisa terlihat catchy dan stylish kok memakai barang apa saja, yang terpenting adalah kepercayaan diri Bela saat menggunakannya.

Gimana Bela, kamu setuju nggak nih tentang 5 stereotip yang sudah nggak relevan versi Popbela? Sudah saatnya nih Bela mulai berekspresi sesuai dengan karakter Bela sendiri ya. Yakin Bela pasti bisa!