Selama lima tahun terakhir, ada tren global munculnya kafe kecil dan kedai kopi. Sebuah tren yang bagus, karena kedai kopi kecil milik lokal cenderung memiliki kedekatan tersendiri terhadap calon konsumen, sekaligus bagi emreka yang ingin mendukung bisnis lokal kecil. Bahkan, pandemi juga tak menyurutkan semangat kaum mudah untuk memulai bisnis ini secara kecil-kecilan dengan membuka warung kopi kecil.

Berbicara mengenai kafe atau warung kopi, generasi masa kini adalah kaum pemerhati detail dan estetika yang menjadi representasi sebuah hal. Misalnya, interior dan eksterior, pemilihan logo, hingga cita rasa.

Sebelum kamu memulai bisnis untuk membangun kafe, George dan Willy adalah duo desainer papan nama yang bisa memberikan 8 tips desain kafe minimalis berkaitan dengan hal estetika, yang perlu kamu perhatikan. Simak, ya!

1. Less is more

Ingin Punya  Café Minimalis? Ikuti 8 Tips Desain Jaminan Laris Inipinterest.com

Ini adalah konsep yang sangat umum yang harus diterapkan pada semua aspek desain, terutama jika kita berbicara tentang desain kafe kecil. Interior kafe kecil pada dasarnya bersifat minimalis karena minimnya ketersediaan ruang. Oleh karena itu kamu tidak dapat memasukkan terlalu banyak barang, melainkan harus memanfaatkan ruang sebaik mungkin.

2. Papan nama outdoor minimalis

Ingin Punya  Café Minimalis? Ikuti 8 Tips Desain Jaminan Laris Inipinterest.com, decoomo.com, fiverr.com

Jika kamu melihat bagaimana signage atau papan nama masa kini bersifat minimalis, di berbagai kafe maupun butik kecil di berbagai belahan dunia, hal serupa juga berlaku untuk kedai kopi kecil.

Menurut George dan Willy, kafe besar pun harus menerapkan prinsip desain seolah-olah mereka sedang mendesain kedai kopi kecil dan menjaga papan nama sangat kecil dan minimal. Hal ini menunjukkan kesederhanaan, kebersihan dan praktis.

3. Papan menu minimalis

Ingin Punya  Café Minimalis? Ikuti 8 Tips Desain Jaminan Laris Inijoglolimasan.com

Mengikuti tren serupa, hal ini juga berlaku untuk tampilan papan menu di dalam ruangan. Tampilan format sederhana ini juga dapat dicapai melalui medium papan tulis atau stiker.

Tujuannya? Agar pengunjung bisa merasakan ketenangan dan kenyamanan saat membaca menu yang terpampang, tanpa adanya ditraksi.

4. Jendela ekstra untuk pemesanan takeaway

Ingin Punya  Café Minimalis? Ikuti 8 Tips Desain Jaminan Laris Iniarchitecturaldigest.com
Ingin Punya  Café Minimalis? Ikuti 8 Tips Desain Jaminan Laris Iniarchdaily.com

Desain kedai kopi kecil berkaitan dengan pemanfaatan ruang terbaik, adalah memiliki jendela di dinding di sebelah kasir atau barista, di mana orang dapat memesan dari luar. Jadi konsumen bisa memesan kopi melalui jendela, lalu duduk di luar dan menunggu.

Menurut George dan Willy, hal ini berkaitan dengan hal psikologi yang memiliki semacam nilai nostalgia atau kesan tersendiri bagi konsumen, ketika memesan kopi melalui jendela.

5. Area serba putih

Ingin Punya  Café Minimalis? Ikuti 8 Tips Desain Jaminan Laris Iniindesignlive.com
Ingin Punya  Café Minimalis? Ikuti 8 Tips Desain Jaminan Laris Inipinterest.com

Meskipun suasana serba putih ini tergantung pada jenis chemistry yang kamu inginkan untuk interior maupun eksterior kafe kecilmu, namun salah satu hal yang bisa kamu coba lakukan adalah membuat ruang terasa lebih besar dan tidak sesak.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan nuansa putih, karena dikenal untuk membuat ruang tampak lebih besar, sedangkan hitam membuat kafe dan interior lain tampak lebih kecil.

6. Menggunakan ornamen cermin

Ingin Punya  Café Minimalis? Ikuti 8 Tips Desain Jaminan Laris Inipinterest.com

Kamu bisa melihat trik ini digunakan di banyak interior kafe kecil, toko ritel kecil, atau ruang kecil pada umumnya. Menggunakan cermin besar di sepanjang satu dinding, bisa memberikan ilusi seperti membuat ruang terasa lebih besar. Trik ini patut kamu jadikan opsi untuk desain kedai kopi kecil.

7. Detail kecil dengan pengaruh besar

Ingin Punya  Café Minimalis? Ikuti 8 Tips Desain Jaminan Laris Inicafedesignideas.blogspot.com

Dengan desain kafe kecil, kamu akan memiliki lebih sedikit detail untuk meninggalkan kesan pada konsumenmu. Misalnya, kamu hanya akan memiliki menu kopi—bukan kopi dan menu makanan. Jadi, kamu harus benar-benar membuat rasa kopi sajianmu menonjol, berikut dengan penampilan kafe mungilmu. 

Hal ini bisa dari akses yang hanay terdiri dari satu pintu, nama jenis kopi, suasanya yang homey, atau detail unik pada kursi, meja, papan menu atau sesederhana sedotan.

8. Rumah kedua

Ingin Punya  Café Minimalis? Ikuti 8 Tips Desain Jaminan Laris Inipinterest.com

Terakhir, membuat kehadiran kafe dan sajian yang kamu tawarkan, membuat konsumen merasa nyaman, sejuk dan damai ketika berada di kafemu. Tentu saja hal ini berawal dari keramahan karyawan dan pemilik kafe, namun tidak terlepas juga dari suasana kafe yang hangat.

Hal ini bisa kamu uji sendiri lewat dirimu ketika berada di kafe. Apa yang kamu rasakan ketika duduk dan menikmati kopi di situ? Dingin? kaku? atau kepanasan? Inilah waktunya untuk menata ulang untuk membuatnya menjadi lebih sejuk dan penuh kehangatan.

Itulah 8 tips desain cafe minimalis yang dijamin bisa membuat daganganmu laris. Semoga berhasil!

Baca Juga: 14 Inspirasi Desain Warung Kecil Minimalis yang Mengundang Laris

Baca Juga: 13 Foto Desain Keren untuk Rumah dengan Lahan Sempit Memanjang 

Baca Juga: 11 Desain Interior Ruko untuk Kantor Kecilmu