Tanaman lidah mertua yang kembali naik daun ini, adalah tanaman hias yang dikenal sebagai tanaman penyerap racun di udara dan mampu mengatasi polusi udara. Namun, tanaman yang memiliki beragam nama unik seperti lucky plant, snake plant, bowstring hemp hingga devil’s tongue ini, juga kaya akan manfaat lainnya, Bela.

Mudahnya perawatan karena dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari, berikut 8 manfaat tanaman lidah mertua berada di rumahmu atau bahkan di ruangan kantor.

Penghasil O2 dan musuh CO2

8 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Ini, Bakal Bikin Kamu Borong Beliunsplash.com/RayanAdam

1. Sebuah publikasi penelitian di American Geophysical Union dari Harvard University menyebutkan, lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias penghasil oksigen paling banyak. Ia juga membantu menyaring udara dalam ruangan. Hal unik dari tumbuhan ini adalah, lidah mertua merupakan salah satu dari sedikit tumbuhan yang dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari. Sehingga, tanaman ini cocok menjadi tanaman hias di ruang tamu maupun kamar tidur.

2. Selain karbon dioksida (CO2), lidah mertua juga memiliki kemampuan menyerap polutan seperti benzena, formaldehida, xilena, hingga toluena. Polutan inilah yang bisa menimbulkan kanker di kemudian hari.

Membasmi gas buang dan radiasi

8 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Ini, Bakal Bikin Kamu Borong Beliunsplash.com/MikeMarquez

3. Tahukah kamu kalau aktivitas memasak, merokok, kosmetik, cat hingga furnitur dapat menghasilkan gas buang formaldehida, yang merupakan senyawa kimia berbentuk gas? 

Nah, diketahui lidah mertua juga efektif dalam membasmi zat hasil dari gas buang yang membahayakan kesehatan ini, dibandingkan tanaman lain. Dalam ujicoba yang dilakukan NASA, satu tanaman lidah mertua mampu menghilangkan sekitar 31.000 mikrogram zat formaldehida selama sehari penuh.

4. Hal ini juga berlaku untuk radiasi. Lidah mertua mampu mereduksi gelombang radiasi yang ditimbulkan oleh perangkat elektronik, yang berada di ruangan, Bela.

Menangkal alergi dan bau tak sedap

8 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Ini, Bakal Bikin Kamu Borong Beliunsplash.com/Paul Hanaoka

5. Selain kehadiran purifier, tanaman lidah mertua yang bisa melepaskan oksigen, mengurangi CO2 dan menyerap senyawa organik juga bisa menangkal alergi yang kamu punya, lho.

6. Di ruang kantormu kerap terasa bau tak sedap yang bisa datang dari asap rokok atau aliran udara yang tidak lancar karena penggunaan pendingin udara berlebihan? Nah, perbanyak tanaman lidah mertua di beberapa sudut. Kalau perlu, versi sukulen yang kecil kamu letakkan di mejamu. Hal ini bisa mengurangi bau tak sedap di lingkungan kerjamu.

Si sukulen pemberi energi pelindung

8 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Ini, Bakal Bikin Kamu Borong Beliunsplash.com/AbhiBakshi

7. Tidak heran jika nama lain lidah mertua adalah lucky plant, karena dianggap sebagai pembawa keberuntungan jika ditempatkan di dalam rumah, asal kita merawatnya dengan baik. Dalam feng shui, lidah mertua dianggap sangat baik dalam melawan energi negatif. Sehingga, tempatkan tanaman lidah mertua di area yang jarang orang berlalu-lalang. Seperti di sudut Tenggara, Selatan dan Timur.

8. Apalagi, lidah mertua dapat hidup di kondisi kering kerontang dan gelap, membuat lidah mertua bisa kamu tinggalkan berhari-hari tanpa menyiramnya. Coba letakkan beberapa sukulen lidah mertua di kamar mandi, ketika kamu bepergian dalam waktu lama, lalu cek kembali ketika kamu sudah pulang. Kemungkinan besar ia masih bertahan hidup.

Dengan banyaknya manfaat tanaman lidah mertua, yuk, mulai pilih jenis dan rupa favoritmu!

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Lidah Mertua Ini Ampuh Serap Racun dan Polusi

Baca Juga: Percantik Halamanmu, Ini 10 Jenis Tanaman Keladi dan Cara Merawatnya

Baca Juga: Ruangan Lebih Fresh dengan 7 Tanaman Hias Penyerap Racun Udara