Meski di tahun-tahun sebelumnya mungkin kita pernah diberi cobaan, terkena musibah, atau kesulitan dalam hidup, namun tahun ini terasa cukup berat bagi sebagian besar orang di muka bumi. Kehadiran pandemi sejak awal tahun, membuat kita tersadar bahwa musibah bukan hanya datang dari bencana alam, namun juga penyebaran penyakit yang bisa berdampak pemutusan hubungan kerja, kehilangan proyek, kesulitan ekonomi, bahkan terkena penyakit itu sendiri.

Tawakal atau berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi cobaan seperti ini menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan. Selebihnya, tidak mudah putus asa untuk mencari peluang, serta tak putus berdoa meminta pertolongan. Adapun doa-doa yang bisa kita panjatkan, antara lain doa Tolak Bala dan artinya. Atas izin Allah, doa ini ampuh sekali dalam menjauhkan kita dari musibah maupun mempermudah kita dalam menemukan jalan keluarnya, Bela. 

Doa Tolak Bala: memohon perlindungan

Kuat Hadapi Musibah, Amalkan Doa Tolak Bala Terbaik Inipopbela.com/AyuUtami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media. 

Setiap usai mengamalkan salat lima waktu, coba amalkan doa tolak bala berikut ini sesering mungkin. Tujuannya, untuk memohon perlindungan Allah dari niat jahat orang lain, pencurian, kebakaran, hingga gangguan musuh.

Berikut doanya dalam tulisan latin:

Laa ilaaha illallaahu hawaalaina hishaaraa, muhammadur rasuulullahi quflaw wamismaaraa, laa ilaaha illallaahu muhammadur rasuulullaah, laa ilaahaillallaahu muhammadur rasuulullaahi qaulaw wafi'laa. 

Inna bathsya rabbika lasyadiiduw wallahu miw waraa-ihim muhiith, bal huwa qur-aanum majii-dun fii lauhim mahfuuzh. 

Shummum bukmun 'umyun fahum laa yarji-'un, shummum bukmun fahum laa ya'qiluun, shummum bukmun 'umyun fahum laa yatakallamuun, shumum bukmun 'umyun fahum laa yubshiruun. Washallallahu 'alaa khairi khalqihii muhammadiw wa-'alaa aalihii wa-ash-haabihii ajma-'iin, birahmatika yaa arhamaar raahimiin.

Artinya:

Tiada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah; semoga menjadi benteng di sekeliling kami, Muhammad adalah utusan Allah; semoga menjadi palang dan pakunya. Tiada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah; Muhammad adalah utusan Allah. Tiada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah; Muhammad adalah utusan Allah, secara lisan maupun perbuatan.

Sesungguhnya azab Tuhanmu amatlah pedih, dan Allah Maha Meliputi segala sesuatu di sekeliling mereka. Bahkan (apa yang mereka dustakan) ini adalah Alquran yang agung yang (tertulis) di Lauh Mahfuz.

Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah akan kembali (ke jalan petunjuk). Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah mempunyai akal. Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah akan mampu berbicara. Mereka tuli, bisu dan buta, maka mereka tidaklah akan melihat. Dan semoga Allah  selalu melimpahkan salawat kepada sebaik-baik ciptaan-Nya, Muhammad, beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Penyayang.

Doa Tolak Bala: terhindar dari bencana

Kuat Hadapi Musibah, Amalkan Doa Tolak Bala Terbaik Inifreepik.com

Doa ini dianjurkan dibaca sesering mungkin untuk memohon perlindungan Allah dari cobaan, musibah dan memohon ketentraman bagi umat Islam pada umumnya.

Berikut doanya dalam tulisan latin:

“Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal walbalaa-a walwabaa-a walfahsyaa-a walmunkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa-ida wal mihana maa zhahara minhaa wamaa baathana mim baladinaa khaashshataw wamim buldaanil muslimiina ‘aam-mah. Innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir.”

Artinya:

Ya Allah, hindarkanlah kami dari kesulitan ekonomi, musibah, penyakit, kekejian, kemunkaran, bencana peperangan, kesulitan-kesulitan, dan berbagai petaka, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, khususnya dari negeri kami ini dan dari negeri-negeri kaum muslim pada umumnya; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Itulah doa tolak bala beserta artinya yang sebaiknya sering kamu baca dan amalkan ya, Bela. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Baca Juga: Bisa Dimimpikan Nabi Muhammad SAW, Ini 11 Manfaat Doa Nurbuat

Baca Juga: Baca 9 Doa Ini Agar Dagangan Berkah dan Laris Manis Diburu Pembeli

Baca Juga: Jadi Penggugur Dosa, Ini Doa Meminta Kesembuhan dari Penyakit