Sebuah pemandangan menarik, ketika ada beberapa anak kecil sedang fokus melakukan sebuah praktik di GIIAS 2022, tepatnya di booth Hyundai Motors Indonesia, Hall 1A, ICE BSD City.

Ternyata, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sedang berkolaborasi dengan Plana, sebuah wirausaha sosial yang memiliki fokus di proses daur ulang plastik dan gabah kayu, yang kemudian diubah menjadi material bangunan yang ramah lingkungan—seperti kayu dan bata. 

Uniknya, booth yang disebut sebagai Sustainability Area ini dibangun dari material ramah lingkungan pula. Plana memanfaatkan lebih dari 880 ton gabah padi, lho, Bela! Hal ini mampu membantu lebih dari 100 petani lokal untuk material area seluas 45m2 tersebut. Bahkan, material yang digunakan di area ini nantinya tetap dapat kembali digunakan dan didaur ulang untuk dijadikan produk Planawood baru lagi. 

Apa tujuan kolaborasi lintas bisnis ini?

Kolaborasi Unik Hyundai Motors Indonesia yang Makin KekinianHyundai Motors Indonesia

Kenapa kolaborasi ini seperti cross-over? Nah, karena ingin menjadi bagian dari masyarakat yang berkelanjutan, Astrid A. Wijana, selaku Head of Marketing PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan, “Melalui visi perusahaan, Progress for Humanity, sejak awal perjalanan di Indonesia, kami selalu berusaha memberikan dampak positif bagi masa depan keberlanjutan melalui jajaran EV kami, hingga kolaborasi dengan pemangku kepentingan yang secara bersama-sama berkomitmen terhadap keberlanjutan," jelasnya. "Kini, kami berkolaborasi dengan Plana dan semoga pengunjung dapat merasakan secara langsung wujud nyata dari komitmen kami," tambahnya lagi.

Hal serupa diamini oleh Juan A. Chandra, selaku co-founder Plana yang  merasa kolaborasi tersebut menjadi kebanggaan, karena memiliki misi yang sama dengan perusahaan otomotif asal Seoul, Korea Selatan itu.

Iamengatakan “Kami ingin dengan adanya kolaborasi ini, semakin banyak masyarakat yang terdampak dan tergugah untuk sama-sama memiliki keinginan yang kuat akan gaya hidup berkelanjutan. Area yang dibangun dari materi Plana Wood ini bersifat ramah lingkungan dan dapat didaur ulang sehingga tidak ada materi yang terbuang sia-sia nantinya," terangnya.

Aneka kegiatan seru untuk segala usia di Hyundai Sustainability Area

Kolaborasi Unik Hyundai Motors Indonesia yang Makin KekinianHyundai Motors Indonesia

Ingin memberi atau mendapatkan edukasi positif untuk perubahan di masa depan? Sustainability Area di booth Hyundai ini menyediakan workshop untuk berbagai kegiatan yang dapat diikuti selama periode GIIAS 2022, seperti;

  • Hyundai X HomLab.
  • Workshop pembuatan lilin dengan bahan dasar soy wax dan wadah lilin yang terbuat dari cangkang telur bekas.
  • Pembuatan beberapa barang menggunakan bubur kertas, kerja sama antara Hyundai X Klontong Disko.
  • Kolaborasi dengan Kriya yang menghadirkan pengalaman menghias kain menggunakan warna dari bahan alami, seperti daun dan bunga.

Syarat dan ketentuan:

  • Pengunjung yang tertarik mengikuti workshop harus memiliki poin di aplikasi myHyundai dan menukarkannya di Sustainability Area.
  • Cara untuk mendapatkan poin, antara lain; pengunjung harus mengunduh aplikasi myHyundai dan mengikuti challenge ringan di aplikasi tersebut. Lalu pengunjung wajib follow akun Instagram @hyundaimotorsindonesia, mengunggah foto di Sustainability Area dengan tagar #V2LSustainabilityArea #HyundaiGIIAS2022 serta tambahkan @hyundaimotorsindonesia.  
Kolaborasi Unik Hyundai Motors Indonesia yang Makin KekinianHyundai Motors Indonesia

Kalau masih bingung, jangan khawatir, ya, karena para petugas akan membantu dan mengarahkan ketika workshop berlangsung. Selain itu, Hyundai Sustainability Area ini juga ditenagai dari IONIQ 5 melalui fitur Vehicle-to-Load atau V2L. Fitur V2L memungkinkan IONIQ 5 menjadi sumber listrik untuk mendukung mobilitas dan kegiatan yang lebih menyenangkan. Fyi, V2L sendiri memiliki pasokan arus listrik tipe AC sebesar 3,6 kW yang melebihi standar daya listrik domestik untuk satu rumah tangga.

GIIAS 2022 masih berlangsung dari 11 hingga 21 Agustus 2022, jadi kamu punya pengalaman seru selain mencoba kendaraan Hyundai terbaru. Mau coba? jangan lupa pantau informasi terbarunya di www.hyundai.com/id/id, atau melalui berbagai kanal media sosial Hyundai Motors Indonesia.

Baca Juga: Semakin Mewah, New Hyundai PALISADE Resmi Hadir di Indonesia

Baca Juga: Arti Sustainable Fashion dan Cara Menerapkannya dalam Berpakaian

Baca Juga: Mulai Gaya Hidup Frugal Living, Yuk! Simak Arti dan Caranya di Sini