Penutup tanah atau groundcover, adalah tanaman apa pun yang tumbuh di atas suatu area. Penutup tanah memberikan perlindungan tanah lapisan atas dari erosi dan kekeringan. Di Indonesia sendiri yang hanya memiliki dua musim, diperlukan tanaman penutup tanah yang tahan terhadap panasnya sengatan matahari, apalagi ketika memasuki musim kemarau. 

Nah, agar tamanmu terlihat indah sepanjang tahun, ada beberapa jenis tanaman penutup tanah yang memiliki perawatan mudah. Popbela merangkum 7 tanaman penutup tanah yang bisa kamu jadikan pilihan, di bawah ini.

1. Arachis Pintoi (Rumput Pinto)

Selain Rumput, Ini 7 Tanaman Penutup Tanah yang Cantikdlium.com

Populer di kawasan tropis, tanaman yang juga disebut kacang-kacangan ini memiliki banyak manfaat, Bela. Rumput pinto mampu berbunga sepanjang tahun, memberikan perlindungan pada permukaan tanah dari tumbuhnya gulma, hingga mencegah terjadinya erosi.

Namun, kamu harus waspada, ya. Karena, rumput pinto disukai hewan ternak seperti sapi, kambing, atau ayam sebagai bahan santapan mereka.

2. Thyme (Tanaman Timi)

Selain Rumput, Ini 7 Tanaman Penutup Tanah yang Cantikunsplash.com/AlbertMelu

Selain berfungsi sebagai tanaman penutup tanah yang cantik, tanaman timi terkenal akan khasiatnya dalam mengatasi batuk. Tanaman ini mengandung senyawa aktif tymol dan carvarol, yang bermanfaat sebagai ekspektoran dan antipasmodik. Manfaatnya ekstra, kan?

3. Ipomoea Batatas (Ubi Hias)

Selain Rumput, Ini 7 Tanaman Penutup Tanah yang Cantikplanterandforester.com

Ubi hias jenis Ipomoea batatas var. Margarita adalah varietas yang paling populer dibanding ubi jalar hias jenis lain. Tanaman ini menempati 75% permintaan di pasaran.

Jika kamu mau memilih ubi hias sebagai tanaman penutup tanah, pastikan bahwa jarak tanam minimal mencapai 20cm, agar tak saling berdempetan, serta nantinya akar bisa tumbuh dengan baik.

4. Episcia Cupreata/ Flame Violet (Daun Beludru)

Selain Rumput, Ini 7 Tanaman Penutup Tanah yang Cantikplanterandforester.com

Daun beludru adalah salah satu tanaman penutup tanah yang cantik dan terlihat mewah. 
spesies tanaman ini awalnya ditemukan di Brazil, Kolombia dan Venezuela. Nama umumnya adalah flame violet, meskipun nama ini mungkin juga merujuk pada spesies lain dari genus Episcia. Sejumlah hibrida pun telah diciptakan.

Punya beragam motif daun dengan varian warna seperti merah, hijau, ungu, sampai cokelat, tanaman yang tumbuh menjalar ini akan sangat cantik menghiasi tamanmu, Bela.

5. Dwarf lilyturf/ Mondo Grass (Rumput Kucai)

Selain Rumput, Ini 7 Tanaman Penutup Tanah yang Cantikpinterest.com

Memiliki sifat penyuka tanah yang lembap dengan kondisi tempat yang teduh, hingga dapat bertahan dengan kondisi apa pun, membuat rumput kucai menjadi favorit tanaman penutup tanah yang mudah dirawat.

Untuk varietas hijau yang paling umum, tanaman yang berasal dari Tiongkok, India, Jepang, dan Vietnam ini mampu menghadapi sengatan matahari dalam waktu lama.

6. Alyssum

Selain Rumput, Ini 7 Tanaman Penutup Tanah yang Cantikpixabay.com/MayHokkaido

Memiliki kelopak bunga cantik dan menyegarkan, tanaman penutup tanah satu ini sangat cocok untuk iklim Indonesia. Meskipun bunga alyssum mengeluarkan aroma harum yang mirip madu, namun kamu harus hati-hati, Bela. Alyssum dapat menyebabkan dermatitis pada orang yang memiliki riwayat alergi.

7. Iberis Sempervirens (Candytuft)

Selain Rumput, Ini 7 Tanaman Penutup Tanah yang Cantikpixabay.com/Heidelbergerin

Candytuft adalah tanaman yang sangat menyukai sinar matahari hingga menghasilkan bunga-bunga indah. Mampu bertahan di kala musim kemarau atau kekeringan, tanaman ini sangat cocok bagi kamu yang tak selalu sempat menyiram tanaman.

Untuk penampilan yang maksimal, kamu bisa menanam Candytuft sebagai tanaman penutup tanah di pekarangan atau sisi jalan setapak di taman.

Baca Juga: Jelang Imlek, Semarakkan Rumahmu dengan 10 Tanaman Pembawa Hoki Ini

Baca Juga: Agar Cepat Berbuah Lebat, Ikuti 7 Cara Mencangkok Tanaman Buah Ini!

Baca Juga: 10 Inspirasi Tanaman Merambat A la Rumah di Negeri Dongeng