Ketika The Fast and the Furious keluar pada tahun 2001, film ini dimaksudkan untuk menjadi film hiburan musim panas beroktan tinggi.

Namun yang mengejutkan hampir semua orang, film rilisan Universal tersebut malah menjadi hit besar. Film arahan Rob Cohen tersebut sukses meraup US$207,3 juta atau hampir Rp3 triliun di seluruh dunia. Tidak ada yang memperkirakan bahwa film ini akan meledak dan menjadi waralaba multi-miliar dolar seperti sekarang ini—dan menjadi waralaba terbesar Universal sepanjang masa.

Para penggemar tentu sudah mengantongi beberapa fakta seru di balik hadirnya franchise teranyar, yaitu Fast & Furious 9. Tapi, ada beberapa hal yang mungkin kamu tidak tahu, beberapa fakta di balik Fast Furious franchise pertama hingga akhir. Berikut Popbela rangkum menjadi 12 poin penting.

1. Paul Walker beneran naksir Jordana Brewster

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuiwallpaperflare.com

Meskipun tidak diketahui sejauh mana para pemeran terhubung di belakang layar, sutradara Rob Cohen mengonfirmasi bahwa semua pemain utama terlibat secara romantis—dalam kehidupan nyata. “Vin mulai menyukai Michelle … atau sebaliknya,” katanya dalam sebuah wawancara tahun 2015. “Paul pasti menyukai Jordana.”

2. Karakter Letty awalnya bukan pemeran utama

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuimedium.com

Karakter Letty Ortiz (Michelle Rodriguez) tidak ditulis sebagai peran utama, tetapi begitu Rodriguez bergabung dengan para pemain untuk memerankannya, Cohen mengukir lebih banyak waktu layar untuk aktris itu. Dia melakukan ini dengan mengembangkan kisah cinta antara Letty dan Dom (Vin Diesel).

3. Tidak punya surat izin mengemudi

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuiusmagazine.com

Baik Jordana maupun Michelle, awalnya sama-sama tidak memiliki SIM sebelum membuat film, lho, Bela. Justru ketika mereka sudah terkonfirmasi mendapat peran di The Fast and The Furious, baru mereka membuat SIM.

4. Latihan di sekolah balap di Los Angeles, sebelum syuting

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuiocregister.com

Paul, Michelle, Vin dan Jordana, sama-sama mengendarai mobil Formula Satu dalam persiapan untuk adegan balap jalanan mereka. “Kami bisa langsung melihat Paul akan menjadi pembalap yang hebat,” kata Cohen. “Jelas dia memiliki bakat alami. Dia tidak takut. Kamu bisa melihat dia jatuh cinta dengan seluruh bisnis mobil,” tambahnya.

5. Vin Diesel mematahkan hidung stuntman

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuithenexthint.com

Perkelahian yang digambarkan selama adegan "Race Wars", menjadi sedikit terlalu nyata ketika Vin secara tidak sengaja mematahkan hidung pemeran pengganti, atau stuntman, yang berperan sebagai penjaga keamanan, dengan pukulan siku ke belakang. Oops!

6. Lokasi rumah keluarga Toretto

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuiflickr.com

Rumah Dominic Toretto di California Selatan, adalah pusat segala kegiatan keluarga dan teman dekat Dom. Dalam film, alamat "1327" muncul, tetapi rumah itu sebenarnya terletak di 724 East Kensington Road di lingkungan Echo Park Los Angeles—beberapa blok tidak jauh dari Stadion Dodger. Para penggemar berat Fast & Furious secara teratur 'berziarah' ke rumah tersebut. 

7. Ada film lama berjudul The Fast and the Furious juga

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuiyoutube.com/moremovies

Adalah film tahun 1955 dengan nama yang sama, yang dibintangi oleh John Ireland dan Dorothy Malone. Film ini merupakan drama kriminal tentang seorang pria yang dipenjara secara salah, lalu keluar dari penjara. Universal harus membuat kesepakatan dengan Roger Corman—yang memiliki hak atas nama itu—untuk mendapatkan judul tersebut.

8. Nama asli Han

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuicinemablend.com

Nama lengkap Han adalah "Han Seoul-Oh," sebuah pelesetan yang jelas untuk karakter Star Wars, Han Solo. Nama lengkapnya tidak disebutkan sebelumnya, yang kemudian akhirnya muncul di latar belakang layar komputer tim Hobbs di film Fast Five.

9. Terima kasih kepada Facebook yang telah membantu casting Dwayne "The Rock" Johnson

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuiici.fr

Sebelum membuat film kelima dalam waralaba, Vin menghubungi penggemar di halaman Facebook resminya untuk menanyakan ide-ide potensial tentang ke mana arah cerita. Hingga seseorang menyarankan untuk menulis peran Dwayne sebagai orang jahat. Selama fase penulisan, para pembuat film menghubungi Dwayne untuk memerankan Hobbs (dia adalah satu-satunya pilihan untuk memainkan peran itu). Dia pun setuju untuk bergabung dan sisanya adalah sejarah keberhasilan jejaring sosial.

10. Fast & Furious 9 akan disutradari oleh orang yang sama di Tokyo Drift

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuicarthrottle.com

Justin Lin kembali duduk di kursi sutradara untuk F9. Dia memasuki waralaba sebagai sutradara untuk Tokyo Drift, tetap di kursi untuk tiga film F&F berikutnya. Lalu ia sempat mengarahkan Star Trek Beyond, menggantikannya dengan James Wan untuk Furious 7 dan F. Gary Gray untuk Fate of the Furious. Lin juga akan mengarahkan film ke-10 dan terakhir di Fast Saga, setelah itu dia dikonfirmasi untuk mengarahkan film Hot Wheels yang dijadwalkan untuk rilis tahun 2023. Wah, padat sekali jadwalnya, ya.

11. Lho, kok, ada Yondu?

12 Fakta Fast & Furious Franchise yang Selama Ini Tidak Kamu Ketahuicarthrottle.com

Oke, mungkin kamu sudah tahu kalau John Cena akan muncul sebagai karakter saudara laki-laki Dominic, serta Charlize Theron dan Han yang hadir kembali melengkapi aksi tempur. Namun bisa jadi kamu tidak tahu kalau Yondu, eh... maksud kami, Michael Rooker, akan turut berpartisipasi dalam franchise F9 ini, Bela. Wah, bakal jadi apa, ya?

12. Trailer panjang

https://www.youtube.com/embed/_qyw6LC5pnE

Entah cuplikan ini pantas disebut trailer atau justru seharusnya menyandang film pendek, karena trailer Fast and Furious 9 memakan waktu tontonan 3 menit 50 detik. Sehingga, sepertinya kamu akan menangkap esensi dari film ini secara garis besar.

Well, apakah Fast and Furious 9 adalah film yang kamu nantikan?

Baca Juga: Film ‘Jumanji’ Mendulang Sukses, Dwayne Johnson Ucap Terima Kasih Ke Indonesia

Baca Juga: 4 Tahun Kepergian Paul Walker, Inilah Kenangan Tak Terlupakan dari Sang Sahabat

Baca Juga: Park Seo Joon Dikabarkan Akan Bintangi Film 'Captain Marvel 2’