Menurut seorang sarjana film dari Universitas Sains Terapan Inland Norway, Søren Birkvad, ada tiga alasan orang suka menonton film horor. Pertama adalah menghibur, kedua adalah caranya memecahkan masalah yang bersifat religius, ketiga, tanpa disadari film horor mengajarkan kita untuk menghadapi kecemasan kita sendiri. Kesimpulannya dalam perspektif ini, film horor menjadi cara untuk menguji batas pribadi dan kolektif kita di lingkungan yang aman.

Nah, untuk kamu yang merindukan uji nyali saat #dirumahaja, ada beberapa film horor Indonesia yang bisa bikin kamu berdebar sekaligus terhibur. Apalagi, film horor Indonesia sangat lekat dengan budaya dan cerita rakyat di sekitar kita. Makin bergidik, deh!

Popbela pun bertanya kepada lima selebriti tampan mengenai rekomendasi film horor Indonesia, yang menurut mereka memiliki eksekusi terbaik. Inilah kelima film tersebut.

1. Rekomendasi Omar Daniel: Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Butuh Uji Nyali? Tonton 5 Film Horor Indonesia Rekomendasi Seleb Ini Instagram.com/Omardaniel_

“Menurut gue, garis ceritanya cukup simple, ada plot twist yang menarik dan mereka terbilang cukup rebel dalam memvisualisasikan horor yang identik dengan malam, gelap ke siang hari atau terang. Tidak terlalu banyak menunjukkan sosok hantu, tapi pesan horornya sangat tersampaikan melalui situasi yang mencekam dan berbagai clue misterius yang bikin merinding.”

https://www.youtube.com/embed/WyOdg8psCxI

2. Rekomendasi David John Schaap: Jelangkung (2001)

Butuh Uji Nyali? Tonton 5 Film Horor Indonesia Rekomendasi Seleb Ini Dok. David Schaap

“Well, mungkin menurut gue orang-orang akan kangen dengan film ‘Jelangkung’ yang pertama dan hits itu. Salah satu film horror pendobrak kembalinya kejayaan film horor Indonesia, tuh! Film ini juga karya legendaris Rizal Mantovani dan Jose Poernomo.”

https://www.youtube.com/embed/tAhtYid3TI0

3. Rekomendasi Vidi Aldiano: Ratu Ilmu Hitam (2019)

Butuh Uji Nyali? Tonton 5 Film Horor Indonesia Rekomendasi Seleb Ini Instagram.com/vidialdiano

“Gue suka film-filmnya Joko Anwar dan Mo Brothers. Salah satunya Ratu Ilmu Hitam, itu bagus banget! Misterinya, akting para aktornya, jumpscare sampai eksekusi efeknya. Wajib tonton, sih.”

https://www.youtube.com/embed/594PxKASQfg

4. Rekomendasi Jevin Julian: Pengabdi Setan (2017)

Butuh Uji Nyali? Tonton 5 Film Horor Indonesia Rekomendasi Seleb Ini Dok. Jevin Julan Management

“Pertama, kisah ayah tunggal yang tinggal bersama anak-anaknya itu, cukup jarang di film Indonesia. Lalu diaplikasikan di film horor, jadi daya tari awal yang menarik. Kedua, akting Tara Basro jempolan banget. Lalu ketiga menurut gue, produksi film ini bagus. Jumpscare nya suka bikin males tapi adiktif, hahaha!”

https://www.youtube.com/embed/0hSptYxWB3E

5. Rekomendasi Iko Uwais: Pintu Terlarang (2009)

Butuh Uji Nyali? Tonton 5 Film Horor Indonesia Rekomendasi Seleb Ini Instagram.com/ikouwais

“Mungkin ini lebih ke thriller ya. Joko Anwar punya taste yang di luar kebiasaan. Terkadang tastenya dia suka berlawanan dengan kebiasaan film horor Indonesia pada umumnya. Pintu Terlarang salah satu karya terbaik bang Joko yang menurut gue, ia sangat memerhatikan detail adegan agar menjadi masuk akal. Misalnya, adegan menjahit tangan. Aduh, keren!”

https://www.youtube.com/embed/qww-pXNViiw

Nah, dari kelima rekomendasi di atas, kalau pilihan kamu yang mana, Bela? Ada rekomendasi lainnya?

Baca Juga: Ini 9 Rekomendasi Film Horor Netflix yang Wajib Kamu Tonton

Baca Juga: Rindu dengan Pemandangan Alam? Tonton 9 Rekomendasi Film Ini Aja!

Baca Juga: Wajib Tonton, Ini Film Reza Rahadian dan Herjunot Ali Pilihan Popbela