Beberapa hari lagi kita akan menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H. Berbeda dari biasanya, Lebaran kali ini ibadah salat Idul Fitri tidak disarankan untuk dilakukan di luar rumah. Berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 28 Tahun 2020 terkait panduan kaifiat (tata cara) takbir dan salat Idul Fitri di tengah pandemi virus corona, disebutkan bahwa salat Idul Fitri boleh dilakukan di rumah secara berjamaah atau sendiri. Hal itu diutamakan bagi umat Islam di daerah penyebaran COVID-19 yang belum terkendali.

Nah, agar ibadah puasamu semakin lengkap, inilah niat, bacaan dan tata cara salat Idul Fitri di rumah, yang bisa dilakukan secara sendiri atau berjamaah dengan syarat minimal 4 orang, terdiri dari satu imam dan tiga jamaah.

Inilah Tata Cara dan Niat Salat Id di Rumah telegraphindia.com
  • Sebelum melakukan salat, disunahkan untuk membaca takbir sejak malam Idul Fitri hingga sebelum melangsungkan salat Idul Fitri di pagi hari.
  • Sama seperti kebiasaan kita jika ingin salat di masjid, hukumnya sunah untuk mandi, sarapan dan memakai pakaian bersih sebelum salat.
Inilah Tata Cara dan Niat Salat Id di Rumah faithmatters.org
  • Salat dimulai dengan menyeru "as-shalatu jami'ah", tanpa azan dan iqamah
  • Memulai dengan niat salat Idul fitri: "Ushalli sunnata li'idil fithri rak'ataini ma'muman/imaman lillahi ta'ala". Artinya: "Aku berniat salat sunah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/ imam) karena Allah ta’ala."
  • Rakaat pertama: membaca takbiratul ihram dan takbir sebanyak 7 kali dengan mengangkat ke dua tangan pada tiap takbirnya. Lalu baca: "Subhanallah walhamdu lillahi wa la ilaha illallahu wallahu akbar," di tiap takbir.
  • Lanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah dan salah satu surah atau ayat dalam Alquran.
  • Lakukan rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya hingga berdiri lagi seperti salat biasa.
  • Pada rakaat kedua sebelum membaca Al-Fatihah, disunnahkan takbir sebanyak 5 (lima) kali sambil mengangkat tangan, di luar takbir saat berdiri (takbir qiyam), dan di antara tiap takbir disunnahkan membaca: "Subhanallahi walhamdulilahi walaailahaillallahu wallahuakbar".
  • Lanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah dan salah satu surah atau ayat dalam Alquran.
  • Rukuk, sujud, dan seterusnya hingga salam.
  • Terakhir, kutbah tetap ada ya, Bela, hanya saja tidak perlu terlalu panjang. Cukup penuhi rukun membaca tahmid, shalawat, membaca ayat Alquran, memberikan wasiat takwa dan membaca doa mohon ampunan.

Demikian panduan bacaan, niat dan tata cara salat Idul Fitri di rumah, baik sendiri maupun bersama keluarga. Selamat beribadah ya, Bela.

Baca Juga: Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Baca Juga: 4 Cara Merayakan Lebaran #dirumahaja dengan Penuh Syukur & Suka Cita

Baca Juga: Arti dari Ucapan ‘Minal Aidin Wal Faizin’