Rasanya sudah terlalu lama para penggemar serial Korea Netflix, Kingdom, menanti kelanjutan dari cerita Pangeran Yi Chang, perebutan kekuasaan dan masalah zombie yang juga harus dihadapi. Serial Korea asli pertama Netflix ini mendapatkan ulasan positif, sehingga mendorong musim kedua tayang pada 2020 lalu.

Setahun lebih berlalu, kini episode khusus hadir dengan mengikuti asal usul karakter misterius baru, Ashin. Kingdom memberikan pandangan yang menyegarkan pada genre sejarah dan horor, lalu mengawinkannya dengan turut menyoroti perjuangan politik berlatar belakang zombie. Sebelum kamu menyaksikannya, berikut 7 fakta yang perlu kamu ketahui.

1. Perilisan

7 Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang 'Kingdom: Ashin of the North'asianwiki.com

Setelah menyembunyikan tanggal rilis untuk beberapa waktu, terutama setelah bagian dari kastil tempat pembuatan film terbakar, Netflix akhirnya mengumumkan tanggal rilis episode khusus ini, menjadi Jumat, 23 Juli 2021. Catat di kalender kamu, ya!

2. Para pemeran

7 Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang 'Kingdom: Ashin of the North'netflixlife.com

Hallyu Jun Ji-hyun (atau Gianna Jun) akan menjadi pemeran utama setelah penampilan cameonya di akhir musim kedua. Ini menandai comeback layar kecil Jun yang sangat dinanti, lima tahun setelah drama Korea terakhirnya, Legend of the Blue Sea.

Selain Ju, ada dua pemeran lama lainnya yang dikonfirmasi. Park Byung-eun kembali sebagai Min Chi-rok, anggota Komando Kerajaan yang bertemu Ashin di daerah utara. Dia kemudian menjadi Kepala Divisi Komando Kerajaan dan membantu Putra Mahkota Lee Chang melawan konspirasi untuk merebut takhta di Kerajaan. Kim Shi-a akan berperan sebagai Ashin muda.

3. Hubungan Ashin dengan tanaman kebangkitan

Kim Sung Hoon, yang juga menyutradarai dua musim pertama Kingdom mengungkapkan mengapa Ashin menyimpan kebencian mendalam terhadap orang lain.

"Ashin adalah orang yang emosinya paling terkonsentrasi," katanya. Berdasarkan trailer resmi, spin-off ini akan mewakili bagaimana wilayah utara Joseon dihancurkan oleh makhluk pemakan daging dan keterlibatan tanaman kebangkitan.

Menariknya, teaser Kingdom: Ashin of the North juga menunjukkan rasa ingin tahu Ashin tentang tanaman kebangkitan dan bagaimana dia ingin membantu ibunya yang sekarat.

Ini menimbulkan pertanyaan tentang hubungannya dengan tanaman misterius dan penyebaran virus yang tidak terkendali.

4. Ada lima poster teaser

7 Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang 'Kingdom: Ashin of the North'blog.asianwiki.com

Inilah poster teaser untuk Kingdom: Ashin of the North yang dibintangi oleh Gianna Jun. Gambar close-up gadis muda di salah satu poster teaser adalah Kim Shi-A, yang berperan sebagai Ashin kecil. Keterangan pada poster teaser menyatakan “Kematian mekar yang menelan semua Joseon.”

5. Prequel satu episode

7 Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang 'Kingdom: Ashin of the North'soompi.com

Penulis skenario Kim Eun-hee yang juga menyutradarai episode spesial ini, akan menyajikan satu episode dan berdurasi 70 menit. Meski cuma ditayangkan satu episode, namun alur cerita nggak bakal bikin kamu bingung sama kisah masa lalu karakter utamanya. 

6. Plot cerita

Menjelang akhir musim kedua, Chang dan Seo-bi menemukan tanaman kebangkitan di dekat perbatasan Tiongkok dan diberitahu oleh penduduk desa bahwa seseorang dari Tiongkok menjualnya. Kamu mungkin ingat melihat bidikan terakhir seorang perempuan, Ashin, tersenyum misterius. Ada teori bahwa Ashin menyebarkan virus dengan sengaja. Tapi pertanyaannya adalah: mengapa?

Dalam "sidequel" ini, pertanyaan itu dan banyak lainnya akan terjawab saat kita mengikuti latar belakang Ashin, yang sepertinya tahu tentang asal usul tanaman kebangkitan yang menghidupkan kembali orang dari kematian. Identitas Ashin dan peran yang dia mainkan dalam seri Kingdom juga akan dieksplorasi.

7. Trailer terbaru

https://www.youtube.com/embed/6cwNyNmJrjM

Minggu lalu, Netflix kembali meluncurkan trailer terbaru Kingdom: Ashin of the North. Dalam cuplikan 1 menit 48 detik tersebut, kembali diperlihatkan ketika ayah Ashin melarang dirinya untuk pergi, namun Ashin berkata ada tanaman aneh di sana yang konon bisa menghidupkan orang yang telah mati. Tujuannya, ia ingin menghidupkan kembali ibunya.

Wah, jangan sampai ketinggalan edisi spesial Kingdom yang ini, ya, Bela. Bakal seru, nih! 

Baca Juga: Karismatik, Ini 5 Film Terbaik Joo Ji-Hoon Sebelum 'Kingdom' Series

Baca Juga: 7 Fakta 'Rurouni Kenshin: The Final' yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Popbela's Binge Watch: Ragam Kisah Unik di Serial Drama Korea Netflix