Kamu rindu menonton drama musikal? Apalagi, setelah sekian lama diterpa pandemi COVID-19, memberi dampak sangat signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan manusia, tak terkecuali bidang seni pertunjukan. Banyak sekali pementasan-pementasan seni yang harus ditunda, atau bahkan ditiadakan karena adanya pembatasan sosial dan kendala lainnya. Namun kini, setelah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi, geliat bidang seni budaya sudah mulai terlihat.

Ciputra Artpreneur terlihat menyambut momentum kebangkitan dunia seni, salah satunya dengan hendak menampilkan sebuah pertunjukan drama musikal legendaris yakni RENT pada 25--27 November 2022, bertempat di Teater Ciputra Artpreneur. Teater musikal Broadway ini ditampilkan melalui kerjasama antara Ciputra Artpreneur dengan Teman Musicals. Terkait informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela!

Narasi yang dipersembahkan RENT

'RENT' Bakal Hadir di Jakarta, Siap Nonton Drama Musikal Legendaris?Dok. POPBELA.COM / Nindi Widya Wati

RENT karya Jonathan Larson telah sukses meraih beberapa penghargaan seperti Pulitzer Awards untuk kategori Drama dan Tony Award untuk kategori Musikal Terbaik. RENT The Musical ini menceritakan kisah sekelompok seniman muda yang harus berjuang keras untuk bertahan hidup ditengah kesulitan kemiskinan dan dibawah bayang-bayang HIV/AIDS. Pertunjukan ini akan memberikan pengalaman baru sarat emosi kepada penonton dengan musikalitas yang energik sehingga menjadikan RENT tontonan yang menyentuh, menggelitik dan menginspirasi.

“Suatu kebangaan bersama dengan Ciputra Artpreneur, dapat menghadirkan 'RENT: The Musical' di Indonesia, yang begitu berpengaruh dalam sejarah, terlebih diwujudkan oleh para seniman Indonesia yang sangat bertalenta. Selain itu, 'RENT: The Musical' ini juga akan mengangkat isu sosial, yaitu isu HIV/AIDS yang digambarkan dengan sangat nyata dalam pementasan ini dan eksistensinya pun masih ada di Indonesia lewat kampanye #MeasureYourLife,” pungkas Chriskevin Adefrid, CEO Teman Musicals.

“Kampanye sosial ini sejalan dengan visi dan misi TEMAN yang tidak hanya ingin menampilkan pertunjukan berkualitas, namun memiliki dampak sosial untuk masyarakat,” tambahnya.

Chriskevin Adefrid, CEO & Producer TEMAN Musicals untuk kedua kalinya kembali menggelar pementasan adaptasi show Broadway yang diproduksi dan dimainkan oleh seniman-seniman muda lokal setelah sukses membawa adaptasi Broadway Hairspray pada tahun 2019 yang juga dipentaskan di Ciputra Artpreneur. 

Kali pertama RENT tampil di Indonesia

'RENT' Bakal Hadir di Jakarta, Siap Nonton Drama Musikal Legendaris?Dok. Poster Drama Musikal RENT

Rasanya tak bisa dipungkiri bahwa RENT akan menjadi sebuah ‘pelepas dahaga’ bagi publik di Indonesia yang merindukan sebuah pementasan drama musikal berkualitas. Apalagi di tengah isu pandemi yang masih berlangsung sampai sekarang, tentunya RENT akan menjadi sebuah drama yang menampilkan harapan ditengah kesulitan.

Jika menilik awal mula RENT hadir di perhelatan drama musikal, maka di Broadway RENT menjadi salah satu drama musikal dengan durasi pentas terlama yakni 12 tahun (1996-2008), makin menakjubkan saat RENT ternyata sudah pentas di lebih dari 50 Negara. 

"'RENT' sudah dipentaskan secara resmi di 50 negara, kecuali Indonesia. Jadi, akan sangat menarik, karena kalau kita googling misalkan penampilan 'RENT' di Korea akan sangat berbeda bila kita lihat 'RENT' di Jepang. For that reason akan sangat menarik sih, karena cerita sama tapi staging akan beda dan menarik," ujar Chriskevin Adefrid dalam wawancara bersama Popbela.

Secara lebih rinci, Chriskevin Adefrid menyebutkan bahwa staging (pementasan) RENT dari segi lighting, bloking pemain, pembawaan cerita, koreo, artistik yang ada di Indonesia akan tampil berbeda.

Adanya kampanye anti diskriminasi ODHA

'RENT' Bakal Hadir di Jakarta, Siap Nonton Drama Musikal Legendaris?Dok. Drama Musikal RENT

Selain ingin menyuguhkan sebuah pementasan drama musikal Broadway yang berkualitas, Teman Musicals juga ingin membawa misi sosial dan kemanusiaan yakni mengkampanyekan anti diskriminasi terhadap ODHA (Orang dengan HIV/AIDS). Selama ini, ODHA di Indonesia maupun di dunia masih selalu tersisihkan di masyarakat dan belum mendapatkan perhatian lebih dari pihak-pihak berkepentingan. 

Sebagai informasi, Teman Musicals berkolaborasi erat dengan platform HIVI yang didirikan oleh penyintas HIV positif, dalam kolaborasi ini keduanya juga mengajarkan tentang edukasi (pembelajaran tentang HIV/AIDS). Mereka melakukan workshop terkait pencerdasan HIV/AIDS dimulai dari para pemain yang memang ikut dalam pementasan teater musikal RENT. Sampai akhirnya, Teman Musicals dan HIVI berani untuk melakukan penyuluhan secara daring tentang HIV/AIDS di beberapa kampus kawasan Jakarta.

Banyak euforia datang dari Gen-Z

'RENT' Bakal Hadir di Jakarta, Siap Nonton Drama Musikal Legendaris?Dok. Drama Musikal RENT

Tak hanya mengajak para pemain dari kalangan Gen-Z, namun para audiens juga datang dari para millenial hingga Gen-Z jika melihat dari demografis. Pertunjukan RENT The Musical yang akan berlangsung pada tanggal 25 – 27 November 2022 mendatang akan dipentaskan oleh puluhan seniman dan musisi muda Indonesia dalam lima kali pertunjukan. 

Pembelian tiketnya sudah bisa dilakukan lewat platform Loket.com. Selain itu, terdapat pula penawaran menarik berupa diskon sebesar 10 persen menggunakan kode ‘BCARENT’ untuk pemegang Kartu Kredit BCA berlogo Visa/Mastercard atau Kartu Debit BCA berlogo Mastercard hingga 20 November 2022.

Itulah, informasi seputar teater musikal RENT yang akan digelar pada 25-27 November 2022, bertempat di Teater Ciputra Artpreneur. Apakah kamu sudah mendapatkan tiketnya, Bela? Tulis lewat kolom komentar, yuk!

Baca Juga: Langgar Hak Cipta, Netflix Menuntut Kreator Teater Musikal 'Bridgeton'

Baca Juga: Baru Berlakon di Teater, Kondisi Kim Seon Ho Diungkap Youtuber Ini

Baca Juga: Nicholas Saputra & Happy Salma Jadi Produser untuk Pentas Teater