Bagi kamu yang menyukai drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah kata "kiyowo". Ungkapan yang kerap terdengar dalam beberapa acara seperti variety show ataupun drama bergenre romance. 

Nah, akan tetapi yang harus diketahui, kata kiyowo tidak bisa diungkapkan kepada sembarang orang. Ungkapan kata kiyowo lebih baik jika kamu sampaikan kepada orang tersayang ataupun teman terdekat. 

Kalau sekarang kamu bertanya-tanya, apa sih arti kiyowo dan bagaimana cara penggunaannya? Yuk, langsung saja simak penjelasan berikut ini, Bela. 

1. Makna istilah "Kiyowo "

Begini Arti Kiyowo dan Simak Cara PengungkapannyaTwitter.com / GEMISODA

Kiyowo atau gwieyowo (귀여워) artinya lucu dan menarik. Bahasa Korea ini biasa digunakan untuk memuji seseorang entah karena penampilan atau sifatnya yang menggemaskan.  

Namun apakah kamu tahu? Jika kata kiyowo memiliki pengungkapan lainnya juga loh, seperti gwiyeopda, gwiyeopseumnida, dan gwiyeowoyo. Kata ini biasa digunakan dalam keseharian atau dalam situasi informal. 

2. Penyebutan lain dari kata "Kiyowo"

Begini Arti Kiyowo dan Simak Cara PengungkapannyaTwitter.com / taehyungpic

Kiyowo memiliki penyebutan lain yang bisa digunakan dalam istilah formal dan sangat sopan. Ada dua variasi kiyowo, gwiyeopda dan gwiyeopsumnida

Gwiyeopda (귀엽다) atau kyeopta identik dengan kiyowo. Tetapi kata itu memiliki referensi lain untuk apa yang harus dipuji. Ketika kiyowo diucapkan untuk memuji kekasihnya dan Gwiyopda (Kieopta) digunakan untuk memuji makhluk dan non-manusia. Dalam hal ini gwiyeopda digunakan untuk melengkapi bunga, pakaian, hewan, dan barang-barang lainnya. 

Selanjutnya, kata gwiyeopsumnida (귀엽습니다) adalah bentuk formal dari kata gwieyowo. Gwiyeowoyo (귀여워요) adalah kata yang cukup sopan, tetapi tidak terlalu formal. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

 

  • 강아지가 너무 귀여워요! 

Gangajiga neomu gwiyeowoyo!

Artinya, “Anjing ini lucu sekali!”

 

  • 이 가수가 귀엽습니다. 

I gasuga gwiyeopseumnida.

Artinya, “Penyanyinya sangat imut.”

3. Penerapan kata kiyowo

Begini Arti Kiyowo dan Simak Cara PengungkapannyaTwitter.com / del_june24

Kiyowo dapat digunakan untuk memuji kekasih, benda dan makhluk lainnya. Berikut ini adalah penggunaan kata kiyowo dan pilihan pengungkapan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Noemu gwiyeowo (너무 귀여워!) 

Artinya, "Lucu sekali" 

  • Gwiyeoun Kangaji (귀여운 강아지) 

Artinya, "Anjing yang imut"

  • Gwiyeopjyo (귀엽죠?) 

Artinya, "Lucu kan?"

  • Gongwon ane gwiyeoun gangajiga manayo (공원 안에 귀여운 강아지가 많아요) 

Artinya, "Ada banyak anak anjing lucu di taman"

  • I gasuga gwiyeopseumnida (이 가수가 귀엽습니다 ) 

Artinya, "Penyanyi itu imut"

  • Neoneun wanjeon gwiyeowo (너는 완전 귀여워!) 

Artinya, "Kamu imut sekali."

4. Perbedaan antara kiyowo dan kyeopta

Begini Arti Kiyowo dan Simak Cara PengungkapannyaTwitter.com / jinhakyung_FLW

Kiyowo memiliki arti yang sama dengan kyeopta (귀엽다 atau gwiyeopda). Keduanya memiliki arti yang sama-sama imut atau lucu. 

Dalam penggunaannya, kyeopta digunakan untuk mengagumi suatu benda atau makhluk lain. Namun, ketika digunakan sebagai kata sifat, kata gwiyeopda (kyeopta) berubah menjadi gwiyeoun.  

Jika kamu ingin mengatakan "manis" atau "imut" kepada binatang yang kamu temui di jalan, kamu bisa mengatakan (gwiyeopda), Bela. 

Namun, jika kamu ingin menggunakan kiyowo sebagai kata sifat dalam bahasa Korea, kamu dapat menggunakan 귀여운 (gwiyeoun). Berikut adalah contoh kalimatnya:

 

  • 귀여운 가방. Gwiyeoun gabang.

Artinya, “Tas yang lucu.”

 

  • 귀여운 강아지. Gwiyeoun gangaji.

Artinya, “Anak anjing yang lucu.”

 

  • 귀여운 아기. Gwiyeoun agi.

Artinya, “Bayi yang lucu.”

 

Nah, itulah arti dari kiyowo dan contoh kalimat jika ingin mengungkapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa penyebutan kiyowo harus kamu ketahui, Bela, agar tidak salah dalam penyebutan dan diterima baik oleh orang lain. 

Baca Juga: Sering Ada di Drama Korea, Ini Arti "Ottoke" dan Cara Penggunaannya

Baca Juga: 9 Kata dalam Bahasa Korea Ini Bisa Disalahartikan Sebagai Kata Umpatan

Baca Juga: Catat! 20 Frasa Bahasa Korea yang Berguna untuk Para Turis