Beberapa hari belakangan beredar kabar kalau Deddy Corbuzier akan berpindah keyakinan dari Kristen menjadi seorang Muslim. Hal ini diketahui setelah beberapa kali Deddy mengunggah video yang berkaitan dengan Islam di channel YouTube pribadinya sejak beberapa bulan lalu.

Terkait kabar tersebut, berikut ini lima fakta yang berkaitan dengan rumor Deddy Corbuzier jadi mualaf. Apa saja?

1. Bermula dari video pendek di tanggal 17 Agustus 2018

Video Delapan Bulan Lalu Ini Jadi Bukti Deddy Corbuzier Pelajari IslamInstagram.com/mastercorbuzier

Ketertarikan Deddy dengan Islam memang sudah dimulai sejak beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2017, Deddy pernah memberikan komentar tentang ISIS. Deddy berkomentar bahwa ISIS bukanlah Islam karena Islam bukanlah penebar teror seperti yang ISIS lakukan. Komentar ini dilontarkan Deddy lantaran ia tinggal di lingkungan Muslim sehingga tahu seperti apa Muslim sebenarnya.

Ketertarikan Deddy terhadap Islam berlanjut dan mulai lebih serius sejak ia mengunggah video pendek pada 17 Agustus 2018 lalu. Dalam video tersebut memperlihatkan bahwa beragama itu indah dan membawa kedamaian.

Sudah lihat videonya? Cek di sini ya!

https://www.youtube.com/embed/HSbYKyntVtk

2. Mulai rutin diskusi tentang agama bersama para ustaz

Video Delapan Bulan Lalu Ini Jadi Bukti Deddy Corbuzier Pelajari IslamInstagram.com/mastercorbuzier

Sejak mengunggah video pendek tentang keindahan beragam tersebut, Deddy mulai rutin membuat konten yang berisikan diskusinya soal agama bersama para ustaz. Ada dua ustaz yang sering diajak berdiskusi oleh Deddy, yakni Gus Miftah dan Ustaz Widjayanto. Dalam diskusi tersebut tidak jarang Deddy berdebat dengan para ustaz lantaran berbeda pendapat.

3. Mempelajari Islam sejak delapan bulan lalu

Video Delapan Bulan Lalu Ini Jadi Bukti Deddy Corbuzier Pelajari IslamInstagram.com/mastercorbuzier

Dalam sebuah video yang diunggah di channel YouTube, Deddy memberikan pernyataan soal dirinya yang mempelajari Islam sejak delapan bulan lalu. Kalau Popbela perhatikan channel YouTube-nya, delapan bulan lalu merupakan kali pertama Deddy mengunggah video diskusinya dengan Gus Miftah. Delapan bulan lalu, tepatnya pada 1 Oktober 2018, Deddy bersama Gus Miftah berdiskusi tentang agama apa yang paling benar. Banyak warganet menduga, video tersebut menjadi awal Deddy mulai serius mempelajari Islam.

https://www.youtube.com/embed/xottyZL0CfU

4. Mualaf bukan karena kekasih

Video Delapan Bulan Lalu Ini Jadi Bukti Deddy Corbuzier Pelajari IslamInstagram.com/mastercorbuzier

Banyak warganet menduga kalau pindahnya Deddy menjadi mualaf karena ia berpacaran dengan Sabrina Chairunnisa yang beragama Islam. Hal ini dibantah oleh Deddy. Merangkum dari berbagai sumber, Gus Miftah, guru spiritual Deddy mengatakan kalau Deddy mualaf bukan karena ingin menikah dengan kekasihnya atau karena ada masalah. Pindahnya Deddy menjadi muslim merupakan keputusan yang diambil setelah melalui perjalanan panjang.

5. Batal ucap kalimat syahadat secara live

Video Delapan Bulan Lalu Ini Jadi Bukti Deddy Corbuzier Pelajari IslamInstagram.com/mastercorbuzier

Masih menurut Gus Miftah, Deddy rencananya akan mengucap kalimat syahadat pada 21 Juni 2019 mendatang. Sebelumnya, momen ini akan disiarkan secara live di program Hitam Putih namun dibatalkan. Pembatalan ini dilakukan sebab jika tetap dilakukan, maka program tersebut akan melanggar beberapa peraturan yang tertulis dalam Peraturan KPI Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 dan Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012. Peraturan tersebut berisi sebagai berikut.

Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012

Pasal 6

“(1) Program siaran wajib menghormati perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan yang mencakup keberagaman budaya, usia, gender, dan/ atau kehidupan sosial ekonomi.”

Pasal 7

“Materi agama pada program siaran wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:

...

c. tidak menyajikan perbandingan antaragama; dan

d. tidak menyajikan alasan perpindahan agama seseorang atau sekelompok orang.”

Karena alasan tersebutlah mengapa momen Deddy mengucap kalimat syahadat batal ditayangkan di televisi secara langsung. Sebagai gantinya, Deddy akan berkunjung ke Yogyakarta di pondok pesantren milik Gus Miftah untuk mengucap dua kalimat syahadat.

Baca Juga: Dilamar Deddy Corbuzier, Ini 6 Fakta tentang Sabrina Chairunnisa