Bukan hanya bisa mempercantik ruangan, foto yang dibingkai dan terpasang di dinding dapat mengingatkan kita dengan momen-momen tertentu yang tak akan mudah terlupakan seumur hidup. Mulai dari foto wisuda, pernikahan, pre-wedding, hingga foto bersama keluarga besar, patut dikenang karena hanya akan terjadi sekali seumur hidup.

Supaya ruangan semakin menarik dan estetik, kita harus memilih bingkai foto yang tepat. Jangan asal memilih, sebab bukannya cantik, ruanganmu malah terkesan penuh dan membosankan dengan banyaknya bingkai foto yang terpasang.

Bagaimana, ya, cara memilih bingkai foto untuk dekorasi ruangan yang tepat? Simak tipsnya berikut ini.

1. Tentukan karya seni atau foto apa yang akan dipajang

Biar Ruangan Semakin Estetik, Ini 5 Tips Memilih Bingkai FotoInstagram.com/Manja Vitolic

Sebelum memilih bingkai foto, kamu perlu menentukan jenis pajangan apa yang akan kamu pasang di dinding rumahmu. Apakah itu foto atau karya seni berbentuk lukisan. Hal ini penting kamu lakukan agar kamu dapat memilih foto atau karya seni yang sesuai dengan konsep ruanganmu.

Setelah menentukan jenis karya seni apa yang ingin kamu pajang, kamu juga perlu menentukan berapa banyak yang akan kamu pasang di dinding. Jika jumlahnya banyak, kamu dapat membuat galeri mini di salah satu sisi dinding ruangan.

2. Perhatikan kualitas bingkai yang akan kamu beli

Biar Ruangan Semakin Estetik, Ini 5 Tips Memilih Bingkai FotoUnsplash.com/Chance Anderson

Tentu, karya seni atau foto yang akan kamu pajang harus jernih dan tidak buram. Supaya saat dicetak dalam ukuran besar akan menambah semarak suasana ruangan.

Selain hasil cetakan foto, perhatikan pula kualitas bingkai yang akan kamu beli. Perhatikan material yang digunakan, warnanya, hingga ukurannya. Jika kamu merasa warna bingkai yang kamu beli terlalu pucat, kamu bisa menambahkan catnya sendiri. 

3. Keseimbangan pigura juga wajib kamu perhatikan

Biar Ruangan Semakin Estetik, Ini 5 Tips Memilih Bingkai FotoUnsplash.com/Sylwia Pietruszka

Setelah kualitas bingkai, hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah keseimbangan pigura. Tebal atau tipisnya pigura harus kamu sesuaikan dengan foto yang kamu miliki. Jangan sampai pigura yang kamu pilih malah lebih mendominasi dibandingkan foto yang akan kamu pajang. Jangan pula terlalu tipis karena akan rawan patah.

4. Sesuaikan warna dengan tema ruangan

Biar Ruangan Semakin Estetik, Ini 5 Tips Memilih Bingkai FotoUnsplash.com/Crew

Supaya bingkai yang kamu pilih menyatu, pilih warna yang sesuai atau senada dengan tema ruangan. Bukan hanya menyesuaikan dengan tema ruangan secara keseluruhan, warna bingkai yang tepat juga dapat menghidupkan foto yang dibingkainya. Misalnya warna bingkai cerah untuk foto yang cerah, atau warna bingkai yang netral untuk foto yang tajam.

5. Ruangan yang akan dipasang bingkai

Biar Ruangan Semakin Estetik, Ini 5 Tips Memilih Bingkai FotoUnsplash.com/Naomi Hebert

Semua ruangan memang dapat kamu pasang bingkai. Namun, agar tidak terkesan ‘mengganggu’ penampilan ruangan secara keseluruhan, pilihlah bingkai yang tepat.

Misalnya, kamu bisa memilih bingkai dengan penuh ukiran untuk menghadirkan kesan produktif di ruang kerja, bingkai minimalis di sisi dinding tangga yang kosong untuk menghadirkan kesan artistik, dan bingkai abu-abu atau putih di ruang keluarga untuk menghadirkan kesan hangat.

Tips yang Popbela tulis ini hanya sebagai panduanmu untuk memilih bingkai. Sisanya, kamu bisa bermain dengan kreativitasmu agar ruangan terasa semakin hidup dengan adanya bingkai di dindingnya.

Selamat berkreasi! 

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Ruangan Dua Fungsi untuk Rumah Minimalis

Baca Juga: 11 Cara Menata Frame di Rumah Minimalis Ini Buat Ruangan Lebih Estetik

Baca Juga: 9 Ide Desain Kreatif untuk Mengakali Kamar Kos yang Kecil