Menjadi penulis profesional memang nggak instan. Kita harus banyak berlatih dan membaca supaya tulisan semakin menarik. Menerbitkan buku memang menjadi impian semua penulis. Namun, persaingan yang ketat membuat menerbitkan buku hanyalah impian yang sulit dijangkau.

Di Indonesia Writers Festival 2019 yang diselenggarakan di kampus Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang, kamu yang bercita-cita menjadi penulis bisa langsung belajar dari ahlinya. Melalui pengalaman mereka, kita bisa belajar banyak hal soal menulis dan bagaimana caranya supaya tulisan kita dilirik oleh penerbit.

Tiga narasumber handal yang hari ini hadir di Indonesia Writers Festival 2019, yakni Co-founder of storial.co dan Nulisbuku.com Brilliant Yotenega, dan Managing Editor NF of PT Gramedia Pustaka Utama Andi Tarigan memberikan tips supaya tulisan kita dilirik penerbit. Apa ya tipsnya?

Brilliant Yotenega

Tips Jadi Penulis Supaya Tulisanmu Dilirik PenerbitIDN Media

Co-founder of storial.co dan Nulisbuku.com Brilliant Yotenega mengatakan, modal dasar menulis yakni memiliki keberanian untuk menceritakan hal-hal menarik di diri mereka, bukan malah mengikuti tren yang ada.

“Tren (menulis) itu mitos. Apapun ceritamu, publish saja karena ada yang suka dan seneng. Karya itu harus punya keberanian, buatlah karya yang otentik,” kata pria yang kerap disapa Ega ini.

Andi Tarigan

Tips Jadi Penulis Supaya Tulisanmu Dilirik PenerbitIDN Media

Managing Editor NF of PT Gramedia Pustaka Utama Andi Tarigan menjelaskan, jika ingin menjadi penulis yang baik, maka harus sering berlatih serta meminta masukan dari orang lain terkait apa yang kita tuliskan tersebut.

“Pertama kita terus menulis setiap hari, tulis cerpen dulu. Kedua cari komunitas, jalin komunikasi dengan mereka,” kata Andhy.

Intinya supaya tulisan kita bisa menembus penerbit, kita harus konsisten menulis, mendengar masukan orang lain, dan jangan pernah menyerah. Siap menerbitkan bukumu sendiri?

#IndonesiaWritersFestival #EmpoweringThroughWriting

Baca Juga: Najwa Shihab Akui Millennial Sudah Melek Jurnalistik