Meski tahun 2020 ini bioskop masih terasa kurang aman dikunjungi, karena pandemi COVID-19 yang masih belum terkendali, namun hal ini nggak mematahkan semangat para sineas untuk merilis karya mereka. Memanfaatkan platform streaming, deretan film dan serial ini berhasil menarik perhatian penonton dan populer sepanjang tahun 2020.

Menghibur penonton di tahun ini, berikut sepuluh film dan serial paling populer sepanjang tahun 2020. Apa saja?

1. Tilik

https://www.youtube.com/embed/GAyvgz8_zV8

Meski film pendek ini sudah tayang sejak tahun 2018 lalu, namun Tilik baru menjadi trending di masa pandemi. Karakter Bu Tejo yang nyinyir dan mudah percaya dengan apa yang tersaji di media sosial menjadi favorit karena dinilai benar-benar menggambarkan kondisi masyarakat Indonesia saat ini.

Film yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo ini ternyata pernah menyabet penghargaan Film Pendek Terpilih di Piala Maya 2018, tayang di Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018, serta World Cinema Amsterdam 2019.

2. Crash Landing On You

https://www.youtube.com/embed/eXMjTXL2Vks

Membuka tahun 2020, Crash Landing On You menjadi serial drama Korea yang paling banyak menyita perhatian. Tayang tepat pada saat pandemi dimulai, dibintangi oleh Hyun Bin dan Son Ye Jin bisa dibilang sebagai drama Korea pertama yang ditonton oleh penonton, yang sebelumnya tak pernah menonton drama Korea.

Kisah sepasang kekasih dari dua negara yang berseteru ini tak hanya membuat kita penasaran dengan akhir ceritanya. Tetapi, juga membuat kita deg-degan dengan kisah cinta yang terbangun dari awal hingga akhir. Kamu yang menyukai kisah romantis nggak boleh melewatkan serial ini.

3. Milea

https://www.youtube.com/embed/C2yFJaXmdQs

Sejak film pertamanya tayang di tahun 2018, Dilan 1990 selalu mencuri perhatian dan meraup hingga lebih 6,3 juta penonton. Tahun 2020 ini seri terakhir dari trilogi Dilan, yakni Milea: Suara dari Dilan juga berhasil menarik perhatian. 

Berbeda dengan dua filmnya yang mengambil sudut pandang Milea untuk menceritakan Dilan, Milea: Suara dari Dilan berkisah dari sudut pandang Dilan untuk menceritakan sosok Milea. Tayang pada bulan Februari 2020, Milea: Suara dari Dilan berhasil meraup lebih dari 3 juta penonton. Setelah bioskop buka kembali di akhir tahun 2020 ini, Milea: Suara dari Dilan kembali tayang di bioskop.

4. The World of The Married

https://www.youtube.com/embed/e4LUxKEJ9uQ

Berkat The World of The Married ibu-ibu di Indonesia jadi ketagihan menonton serial drama Korea. Menceritakan tentang permasalahan rumah tangga yang diganggu oleh orang ketiga, ternyata sangat disukai oleh penonton Indonesia. Terutama perempuan yang sudah menikah.

Bukan hanya tayang di platform streaming, The World of The Married juga tayang di stasiun televisi swasta Indonesia. Serial drama ini berhasil menjadi trending topic dan meraup rating yang tinggi.

5. Mariposa

https://www.youtube.com/embed/N9PUbRIKYOA

Rilis pada 12 Maret 2020, Mariposa menjadi film terakhir yang tayang di bioskop Indonesia sebelum akhirnya bioskop ditutup karena pandemi. Meski tayang hanya dua minggu, film yang kembali mempertemukan Angga Yunanda dan Adhysti Zara ini berhasil meraup lebih dari 700 ribu penonton.

Sama seperti Milea: Suara dari Dilan, Mariposa dikabarkan akan tayang kembali di bioskop akhir tahun 2020 ini.

6. Mulan

https://www.youtube.com/embed/KK8FHdFluOQ

Setelah mengalami beberapa kali perubahan jadwal rilis, Mulan akhirnya rilis di platform streaming Disney+ Hotstar. Film versi live action dari animasi produksi Disney ini terlebih dulu rilis secara global dan berbayar pada bulan Agustus 2020. Mulan akhirnya dapat dinikmati secara gratis di Disney+ Hotstar Indonesia mulai Desember 2020.

7. Money Heist

https://www.youtube.com/embed/kxYcomOvdWQ

Bertahan hingga musim keempat, Money Heist menjadi serial drama yang juga mencuri perhatian di tahun 2020 ini. Konfliknya yang semakin beragam, hingga karakter setiap tokohnya yang masing-masing menimbulkan kesan tersendiri bagi penontonnya, membuat Money Heist sangat populer.

Saking populernya, banyak penonton Indonesia yang berharap kalau serial drama ini diadaptasi ke versi Indonesia. Warganet pun bahkan telah memilihkan aktor dan aktris yang cocok untuk memerankannya jika benar-benar diadaptasi.

8. It's Okay to Not Be Okay

https://www.youtube.com/embed/50ek4HQo0Bc

It's Okay to Not Be Okay masuk ke dalam daftar film dan serial paling populer di tahun 2020 ini versi Google Year in Search 2020. Kisahnya yang mengangkat tentang kesehatan mental dinilai sangat cocok dengan kondisi para penonton di Indonesia di masa pandemi ini.

Selain menambah informasi dan pengetahuan tentang kesehatan mental, serial drama yang dibintangi Kim Soo Hyun ini juga menjadi hiburan di tengah pandemi.

9. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

https://www.youtube.com/embed/TcHh986XvI4

Kamu si anak sulung, tengah, dan bungsu, pasti merasa relate dengan tokoh-tokoh yang ada di film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Film yang diangkat dari buku karya Marcella FP ini benar-benar menyita perhatian dan menjadi film pertama yang tayang di tahun 2020, yakni pada tanggal 2 Januari 2020.

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini berhasil menjadi film laris di tahun 2020 dengan perolehan lebih dari 2,2 juta penonton.

10. Bucin

https://www.youtube.com/embed/xSdAC9WSJ5s

Setelah menjadi kata paling populer di tahun 2019, bucin akhirnya menginspirasi Jovial Da Lopez untuk membuat film dengan judul sama. Dijadwalkan tayang di bioskop pada bulan Maret 2020, Bucin akhirnya tayang di platform Netflix sebagai film original mereka.

Itulah tadi deretan film dan serial yang paling populer di tahun 2020. Apakah semuanya sudah kamu tonton, Bela?

Baca Juga: Google Year In Search, 10 Hal yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2020

Baca Juga: 5 Artis Korea Ini Baru Populer pada 2020, Padahal Debut Sejak Lama

Baca Juga: 12 Girlband Korea Paling Populer 2020, Ada Idola Kamu?